FGI
Penelitian
Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
ü
Halaman
judul
ü
Halaman Pengesahan
Minimal yang harus mengesahkan
karya tulis ilmiah hasil penelitian ini adalah kepala sekolah dan kepala bagian
perpustakaan sekolah yang bersangkutan.
ü
Surat Pernyataan
Memuat
pernyataan bahwa tulisan ini merupakan hasil karya sendiri yang berkonsekuensi
hukum (disahkan oleh atasan)
ü
Abstrak
Pada bagian ini dituliskan
dengan ringkas dan jelas hal-hal pokok tentang (a) permasalahan khususnya
rumusan masalah, (b) tujuan penelitian, (c) prosedur pelaksanaan PTK dan (d)
hasil penelitian .
ü Kata Pengantar
ü Daftar Isi dan lampiran-lampiran
BAGIAN ISI:
BAB I
: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
(diskripsi masalah, data awal yang mendukung adanya masalah dan akar
timbulnya masalah dengan menunjukkan pada lokasi penelitian dan waktu serta
penjelasan pentingnya masalah itu dipecahkan;
B. Rumusan Masalah
(diharapkan kalimat
Tanya);
C. Tujuan Penelitian;
(sesuaikan dengan rumusan masalah)
D. Manfaat Penelitian;
(sesuaikan dengan apa yang direncanakan pada proposal, namun peneliti dapat
mengembangkan)
BAB II : LANDASAN TEORI
Kemukakan teori dan
pustaka yang relevan, dan memberi arah serta petunjuk pada pelaksanaan
PTK. Diperlukan adanya usaha untuk membangun argumentasi teoritis yang
menunjukkan bahwa tindakan yang diberikan dimungkinkan dapat meningkatkan mutu
proses pembelajaran di klas. Pada akhir bab ini dapat ikemukakan hipotesis
tindakan. Uraian pada bab ini harus lebih lengkap dan rinci dibanding dengan
uraian yang ada pada bab yang sama di usulan penelitian.
BAB III : METODE PENELITIAN
Deskripsikan tiap
siklus penelitian yang memuat: rencana, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan
evaluasi beserta jenis instrument yang digunakan, dan cara refleksi. (perlu
dibedakan pada usulan, isi apa yang akan dilaksanakan, sedang pada laporan
berisi apa yang sudah dilaksanakan). Pada tiap siklus harus dikemukakan
tindakan secara jelas, serta semua jenis instrumen yang digunakan untuk
pengumpulan data.
Hal yang juga perlu dikemukakan adalah model Uji Validitas dan Reliabelitas
Instrumen itu sendiri.
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Menyajikan uraian
masing-masing siklus dengan data lengkap, menyangkut berbagai aspek yang
terjadi akibat tindakan yang dilakukan. Tunjukkan adanya perbedaan tindakan
dengan kegiatan pelajaran yang biasa atau sering dilakukan. Pada refleksi
diakhir setiap siklus berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan grafik, dan
kelemahan yang terjadi. Kemukakan ada perubahan/ kemajuan/ perbaikan yang
terjadi pada diri siswa, lingkungan kelas, guru sendiri, motivasi/minat
belajar, dan hasil belajar. Kemukakan hasil dari keseluruhan siklus ke dalam
ringkasan untuk bahan dasar analisis dan pembahasan. Bahan/data tersebut
ditulis dalam bentuk tabel atau bagan sehingga akan memperjelas adanya
perubahan yang terjadi disertai pembahasan secara sistematik dan jelas.
BAB V : KESIMPULAN DAN
SARAN
Sajikan simpulan hasil
penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan/masalah penelitian yang telah
disampaikan sebelumnya. Berikan saran tindak lanjut berdasarkan simpulan yang
diperoleh baik yang menyengkut segi positif maupun negatifnya.
BAGIAN
AKHIR:
1. DAFTAR PUSTAKA
Memuat semua sumber pustaka yang digunakan dalam penelitian dengan
menggunakan system yang telah dibakukan secara konsisten.
2. LAMPIRAN
Berisi Data Pendukung terutama Tabel, Grafik, Bagan yang ada kaitannya
dengan BAGIAN ISI (Terutama pada Bab Pendahuluan dan Pembahasan) serta Rancangan materi/bahan ajar, Semua
instrument penelitian, Sampel jawaban siswa, Dokumen/foto kegiatan, ijin
penelitian (jika ada), dan bukti lain yang dipandang perlu.
Tidak ada komentar
Posting Komentar