Kamis, 11 Oktober 2012

SOAL LATIHAN UJIAN AKHIR SEMESTER 1 MATA PELAJARAN PKN SMP KELAS VII

I. Pilihan Ganda
Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling tepat!


1.      Pak Jajuli berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Pak Jajuli merupakan pelaksanaan dari norma ...
  1. agama                          c. kesusilaan
  2. kesopanan                   d. hukum

2.      Bila semua manusia mau berbuat baik sesuai dengan norma yang berlaku, maka akan terwujud......
  1. kehidupan keluarga dan masyarakat harmonis
  2. peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat
  3. kehidupan yang penuh dengan permusuhan
  4. kondisi lingkungan yang tidak kondusif

3.      Tujuan adanya norma atau kaidah sosial adalah.....
  1. Untuk mengatur keadaan lingkungan masyarakat
  2. Untuk mengatur tata kehidupan masyarakat
  3. Untuk mengatur hubungan atau interaksi antar sesama individu dan masyarakat agar tercapai suatu keseimbangan antara kepentingan satu dengan yang lainnya.
  4. Untuk mengatur hubungan individu satu dengan individu lainnya agar satu sama lain saling memberi keuntungan.

4.      Norma dalam kehidupan manusia yang memiliki sanksi yang tegas adalah....
a.       Adat.                           c. Kesopanan
b.      Kesusilaan                   d. Hukum         

5.      Di bawah ini yang bukan termasuk  sanksi dari pelanggaran norma kesusilaan adalah......
  1. malu                            c. dipenjara
  2. cemas                          d. menyesal

6.      Hukum menurut bentuknya terdiri dari....
a.       Hukum Nasional dan Internasional
b.      Hukum Tertulis dan Tidak Tertulis
c.       Hukum Undang-undang, kebiasaan dan Traktat
d.      Hukum yang memaksa dan hukum yang mengatur

7.      Dari segi isinya hukum dibagi atas ....
a.       Hukum publik dan hukum privat
b.      Hukum asing dan hukum gereja
c.       Hukum formil dan hukum materil
d.      Hukum objektif dan hukum subjektif

8.      Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, dinamakan ...
a.       Ius Constituendum
b.      Ius Soli
c.       Ius Sanguinus
d.      Ius Constitutum

9.      Pentingnya mentaati hukum yang berlaku dalam masyarakat adalah......
a.       Terwujudnya harga diri manusia yang hakiki
b.      Terciptanya ketertiban dan ketentraman
c.       Terbinanya kebiasaan hidup masyarakat
d.      Terjaminnya kehidupan masyarakat yang lebih baik.

10.  Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)      Untuk mengatur tata tertib masyarakat secara damai dan adil.
2)      Untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara
3)      Untuk menjaga kepentingan tiap manusia supaya kepentingan itu tidak dapat diganggu.
4)      Untuk memberikan sanksi yang seberat-beratnya kepada para pelanggar hukum atau peraturan
5)      Untuk  menjamin adanya kepastian hukum dalam pergaulan manusia.    
      Manakah dari pernyataan di atas yang mencerminkan tujuan adanya (diterapkan-nya) hukum dalam masyarakat.....
      a. 1,2 dan 3                       c. 1,3 dan 4
      b. 1,3 dan 5                       d. 3,4 dan 5

11.  Salah satu contoh penerapan hukum di sekolah, antara lain ....
  1. mentaati tata tertib sekolah
  2. menjaga kebersihan lingkungan sekolah
  3. mentaati aturan lalu lintas
  4. memahami berbagai aturan yang ada di sekolah

12.  Perilaku pelajar yang mematuhi tata tertib sekolah di antaranya...........
a.       Meninggalkan sekolah sebelum waktunya
b.      Tidak membuang sampah sembarangan
c.       Berpakaian rapih bila ditegur guru
d.      Membantu teman saat ulangan

13.  Kaharusan bagi seseorang untuk tidak berbuat sesuatu oleh karena akibat-akibatnya dipandang tidak baik disebut....
  1. Nasehat                       c. Perintah
  2. Larangan                     d. Kewajiban

14.  Sebagai warga negara yang baik seharusnya sikap kita berusaha melaksanakan peraturan sebaik-baiknya, karena......
  1. Peraturan itu menguntungkan kita
  2. Peraturan itu diibuat oleh badan yang berwenang
  3. Peraturan itu untuk kebaikan bersama
  4. Mendapatkan penghargaan dari penegak hukum

15.  Kesadaran hukum pada dasarnya bersumber dari......
a.       Orang lain
b.      Ancaman sanksi
c.       Sifat memaksa dari hukum
d.      Diri sendiri dan ancaman sanksi

16.  Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dilalui melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama dikenal dengan Tahap Perintis atau Masa Kebangkitan bangsa yang ditandai dengan lahirnya...
a.       Budi Utomo tahun 1908
b.      Sumpah Pemuda tahun 1928
c.       Orde Baru Tahun 1966
d.      Orde (Masa) Reformasi tahun 1998

17.  Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal................
  1. 2 Mei                           c. 28 Oktober
  2. 20 Mei                         d. 10 Nopember

18.  Berikut ini  merupakan faktor pendorong rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan adalah .........
  1. Perasaan senasib sepenanggungan akibat belenggu penjajah
  2. Pengaruh nilai-nilai luhur agama
  3. Adanya bantuan dan motivasi dari negara lain yang sudah meredeka
  4. Kekecewaan terhadap pemerintah

19.  Nilai-nilai semangat Proklamasi Kemerdekaan 1945 yang perlu diwariskan kepada generasi muda, antara lain .......
  1. Sikap menentang segala bentuk kerjasama dengan bangsa lain
  2. Pantang menyerah mempertahankan nilai-nilai yang sudah ada tanpa mau menerima perubahan sedikitpun
  3. Semangat kerjasama dengan bangsa lain demi kepentingan pribadi untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya
  4. Rela mengorbankan sebagian harta, bahkan jiwa dan raga untuk kepentingan bangsa dan negara

20.  Berikut ini tindakan yang dapat mewujudkan sikap menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa ....
a.       melakukan kegiatan musyawarah untuk menghancurkan kantor pemerintahan
b.      Membantu teman untuk tawuran
c.       Melakukan kegiatan kerja bhakti
d.      Membantu teroris

21.  Sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945  menghasilkan keputusan ....
a. Menetapkan dan mengesahkan UUD 1945
b. Menetapkan bentuk negara Indonesia yang merdeka
c.  Menetapkan keanggotaan MPR dan DPR
d.   Menetapkan dan Mengesahkan Anggaran Belanja Negara

22.  Setelah mencapai kemerdekaan, maka kewajiban kita adalah ….
  1. Mensyukuri dengan mengadakan pesta yang meriah
  2. Mempertahankan dan mengisinya dengan hal-hal yang positif
  3. Berziarah ke makam-makam pahlawan
  4. Bekerja tiada henti untuk mengejar ketertinggalan

23.  Panitia sembilan berhasil menetapkan piagam Jakarta pada tanggal:
  1. 29 Mei 1945                c. 22 Juni 1945
  2. 30 Mei 1945                d. 23 Juni 1`945

24.  Yang mengesahkan UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah…..
  1. Presiden                      c. DPR
  2. BPUPKI                     d. PPKI

25.  Kemerdekaan yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan ....
  1. Hadiah dari Jepang
  2. Perjuangan bangsa Indonesia
  3. Bantuan dari Sekutu
  4. Hadiah dari Belanda

26.  Di bawah ini yang bukan merupakan makna proklamasi kemerdekaan ...
a.       titik kulminasi atau puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan
b.      sebagai  jembatan emas untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia
c.       awal berdirinya negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat
d.      akhir dari segala perjuangan bangsa Indonesia

27.  Pengakuan Bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan merupakan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke....
a.  1                                   c. 3
b.  2                                   d. 4

28.  Pokok Pikiran Pembukaan UUD 1945, dilihat secara hukum merupakan .......
a.       Cita-cita hukum          c. Tujuan hukum
b.      Prinsip hukum             d. Ciri-ciri hukum

29.  Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945 dapat digambarkan …..
a.       Proklamasi Kemerdekaan merupakan landasan disahkan dan diberlakunya UUD 1945
b.      UUD 1945 merupakan landasan terjadinya Proklamasi kemerdekaan
c.       Proklamasi Kemerdekaan terjadi karena UUD 1945 telah selesai dibuat
d.      Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945 tidak memiliki hubungan yang berarti.

30.  Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a.       Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b.      Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c.       Persatuan Indonesia;
d.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

31.  Pokok Pikiran III yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a.       Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b.      Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c.       Persatuan Indonesia;
d.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

32.  Pembukaan UUD 1945 alinea pertama memuat tentang Hak Asasi Manusia. Rincian lebih lanjut mengenai HAM dalam pasal-pasal UUD 1945 antara lain terdapat pada pasal ......
a.       12                                c. 28
b.      20                                d. 37

33.  Hubungan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 adalah.............
a.       Pasal-pasal UUD 1945 merupakan inti pembukaan UUD 1945
b.      Pasal-pasal UUD 1945 merupakan makna proklamasi
c.       Pasal-pasal UUD 1945 sebagai perjanjian luhurbangsa
d.      Pasal-pasal UUD 1945 merupakan penjabaran dari pembukaan UUD 1945

34.  Sikap yang menunjukan rasa cinta terhadap tanah air adalah...................
  1. Bangga berbahasa Indonesia
  2. Selalu memakai produk impor
  3. Bangga melihat film-film Mandarin
  4. Selalu berlibur ke luar negeri

35.  Salah satu upaya melanjutkan nilai-nilai proklamasi dan UUD 1945 yang telah disusun oleh pemimpin bangsa adalah....
a.       Mempertahankan bentuk negara kesatuan Republik Indonesia
b.      Terus menerus melakukan perubahan terhadap UUD 1945
c.       Memperbaiki sistem pemerintahan menjadi parlementer
d.      Memperbaiki Pembukaan UUD 1945 agar sesuai dengan kemajuan zaman

36.  Arti kemerdekaan suatu bangsa dalam konteks hubungan dengan bangsa lain adalah.................
  1. Kebebasan suatu bangsa dari penindasan bangsa lain
  2. Kebebasan suatu bangsa untuk tidak patuh terhadap bangsa lain
  3. Kebebasan suatu bangsa untuk mengatur bangsa lain
  4. Kebebasan suatu bangsa untuk berhubungan dengan bangsa lain

37.  Berikut ini merupakan contoh sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan…
a.       menunggu perintah dari negara untuk menyerang negara musuh;
b.      belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa;
c.       menjadi pengemis untuk menyambung hidup;
d.      berani menentang kebijakan yang lebih populis.

38.  Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.   Menikmati hasil pembangunan
2.   Menghormati jasa pahlawan
3.   Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
4.   Mengembangkan kehidupan yang sebebas-bebasnya
5.   Berpartisipasi dalam  pembangunan
Dari pernyataan di atas   sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan  RI  ditunjukkan nomor….
a. 1 , 2  dan  3                   c.  2, 3 dan 5
b. 1, 2  dan  5.                               d.  3,4 dan 5

39.  Sebagai warga negara yang baik kita harus menunjukkan sikap setia terhadap proklamasi 17 Agustus 1945 dengan cara….
  1. Menjalin hubungan kerjasama dengan negara-negara tetangga
  2. Menumpas habis tentara-tentara musuh yang masih di Indonesia
  3. Mendiskusikan penerapaan makna kebenaran dan keadilan
  4. Mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan pembangun

40.  Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Konstitusi Pertama adalah …
a.       menjunjung tinggi hukum yang berlaku
b.      berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c.       mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan;
d.      bertanding demi ketenaran dan imbalan hadiah

II. Essay
Petunjuk: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar !

41.  Apakah yang dimaksud dengan norma?
42.  Tuliskan 4 macam-macam norma hukum yang ada dalam masyarakat!
43.  Tuliskan 4 unsur hukum!
44.  Tuliskan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 !
45.  Berikan 5 contoh sikap dan perbuatan yang dapat kita lakukan sebagai perwujudan pengamalan nilai-nilai proklamasi 17 Agustus 1945.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Forum Guru Indonesia