CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS 7 KD 4.7 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS 7 KD 4.7 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk bahan Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia SMP yang sedang membuat RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 berdasarkan Silabus Bahasa Indonesia SMP tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 KD 4.7 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 4.7

Nama Sekolah    : SMPN
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  1 pertemuan (2 JP)


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
Indikator
4.7.1 Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi.
4.7.2 Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari.
4.73. Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
2. siswa mampu memberik

D.  Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran Reguler
Keterampilan
·         Menentukan gagasan pokok.
·         Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian teks laporan hasil observasi.
·         Jenis teks laporan hasil observasi.
·         Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi.
·         Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi.
·         Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang digunakan pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh istilah dalam bidang lingkungan, flora fauna.
·         Cara menentukan gagasan pokok.

Keterampilan
·         Menentukan gagasan pokok.
·         Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks laporan hasil observasi.
·         Jenis teks laporan hasil observasi.
·         Tujuan komunikasi teks laporan hasil observasi.
·         Prinsip pengembangan isi pada teks laporan hasil observasi.
·         Karakteristik kata/ kalimat/ kata sambung yang digunakan pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh istilah dalam bidang lingkungan, flora fauna.
·         Cara menentukan gagasan pokok.

Keterampilan
·         Menentukan gagasan pokok.
·         Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO).

Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama , proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen peserta didik.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks laporan hasil observasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks laporan hasil observasi dalam komunikasi nyata (pada majalah/ jurnal ilmiah, buku pengetahuan populer, dan buku-buku pengetahuan yang lain. Untuk membangun konteks perlu disadarkan kebesaran Tuhan yang Maha Berilmu. Ilmu Tuhan terpapar pada seluruh aspek kehidupan. Hal ini bertujuan agar siswa lebih menyadari perlunya terus mensyukuri dan berusaha mencari tahu ilmu Tuhan yang ditebarkan pada seluruh bumi, langit, dan lautan. Pembelajaran dapat dibuka dengan puisi yang berisi kesadaran manusia tentang adanya ilmu Tuhan yang luas tak terbatas.
  • Bertanya jawab tentang kata kunci pada puisi yang ada hubungannya dengan teks laporan hasil observasi.Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A: Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (6 JP)
·         Membaca contoh LHO/ melihat video dokumenter tentang meteor, hutan bakau, flora fauna dari segi ilmu.
·         Bertanya jawab tentang isi teks pertanyaan (apa yang dilaporan hasil observasikan, informasi apa saja yang ada pada bagian teks).
·         Berdiskusi ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
·         Menyimpulkan ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
·         Menyimpulkan tujuan komunikasi teks LHO.

Pertemuan Kedua (4 JP)
·         Membaca judul
·         Menanya
Bertanya dan menebak isi apa saja yang ada.
Bertanya cara memahami teks LHO.
·         Menggali informasi
Membaca secara detail teks LHO pada bagian B pada buku siswa
Membaca langkah menentukan ide pokok pada bagian B buku siswa
·         Menalar
Membuat pohon isi dari isi teks
Memilah kalimat utaman dan kalimat penjelas
Mendiskusikan ciri dan cara menemukan gagasan pokok

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan populer untuk meningkatkan diri, mencintai lingkungan atau menambah wawasan tentang ilumu. Misalnya membaca tentang meteor, tentang penyakit hati, tentang usus mausia, tentang fauna dan flora Indonesia.
·         Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/ penelitian secara sistematis disebut ….
  2. Mengapa dikatakan laporan hasil observasi?
  3. Apa yang dibahas pada teks tersebut?
  4. Apa saja bagian-bagian yang diperinci?Tuliskan ide pokok paragraf yang diberi nomor ( satu paragraf satu)
  5. Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas!
  6. Tentukan gagasan pokok tiap paragraf ?
  7. Tulislah informasi penting yang terdapat pada paragraf teks di atas!
  8. Sebutkan cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi!

Kunci jawaban
  1. Teks laporan hasil observasi
  2. Sebab (a) isi yang dibahas adalah ilmu tentang suatu objek/ konsep, (b) objek yang dibahas bersifat umum sehingga menjelaskan ciri umum semua yang termasuk kategori/ kelompok itu (judul bersifat umum: Pantai, Museum, Demokrasi), (c) bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu, (d) objek atau hal dibahas secara sistematis, dirinci bagian-bagiannya, dan objektif, (d) memerinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (definisi, klasifikasi, jabaran ciri objek).
  3. Disesuaikan dengan teks.
  4. Disesuaikan dengan teks.
  5. Disesuaikan dengan teks.
  6. Disesuaikan dengan teks.
  7. Disesuaikan dengan teks.
  8. Cara mencari gagasan utama pada teks laporan hasil observasi: (1) Mendaftar kata-kata kunci pada teks, (2) Memetakan bagian-bagian pada teks hasil observasi, (3) Memetakan paragraf (memilah kalimat yang utama dan kalimat penjelas), (4) Menentukan kalimat utama (kalimat yang dijelaskan kalimat lain), (5) Merumuskan inti kalimat utama.

2.  Penilaian Keterampilan
  1. Menentukan gagasan pokok
  2. Praktik memahami isi teks laporan hasil observasi (menjawab pertanyaan isi teks LHO)
Rubrik penilaian dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.


F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, video.
Bahan                          :  Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 121 s.d 138.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 75 s.d 81.






= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post