RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP MTS BERDASARKAN KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP MTS BERDASARKAN KURIKULUM 2013


Sekolah                     : SMP Negeri 45 BojongKenyot
Mata Pelajaran         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        :  VII/Ganjil
Tema                          : Cinta Lingkungan Hidup
Alokasi Waktu          : 3 Jam pelajaran @ 40 Menit (1 x pertemuan)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai  dan  menghayati  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli  (toleransi,  gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.  Memahami  pengetahuan  (faktual,  konseptual,  dan  prosedural)  berdasarkan  rasa  ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.  Mencoba,    mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan,  mengurai,  merangkai, memodifikasi,  dan  membuat)  dan  ranah  abstrak  (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1 Menghargai  dan  mensyukuri  keberadaan  bahasa  Indonesia  sebagai  anugerah  Tuhan  Yang  Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai  dan  mensyukuri  keberadaan  bahasa  Indonesia  sebagai  anugerah  Tuhan  yang  Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai  dan  mensyukuri  keberadaan  bahasa  Indonesia  sebagai  anugerah  Tuhan  yang  Maha Esa sebagai sarana menyaji informasi lisan dan tulis
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.2 Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
2.3 Memiliki perlaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat
2.4 Memiliki  perilaku  jujur  dan  kreatif  dalam  memaparkan  langkah-langkah  suatu  proses  berbentuk linear
2.5 Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek
3.1  Memahami teks hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membedakan teks hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3  Mengklasifikasi teks hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4  Mengidentifikasi  kekurangan/kelebihan  teks  hasil  observasi  berdasarkan  kaidah-kaidah  teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1  Menangkap makna teks hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2  Menyusun  teks  hasil  observasi  sesuai  dengan  karakteristik  teks  yang  akan  dibuat    baik  secara lisan maupun tulisan
4.3       Menelaah dan  merevisi teks hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4       Meringkas teks hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013
C. INDIKATOR
3.1  Memahami teks hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1  Mengenali struktur isi teks laporan hasil observasi
3.1.2  Mengenali ciri bahasa  teks laporan hasil observasi
3.1.3  Memahami isi teks laporan hasil observasi
3.1.4  Mengidentifikasi  teks  laporan  hasil  observasi  dengan  menggunakan  bahasa  Indonesia secara santun. 
3.2 Membedakan teks hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2.1  Membandingkan    persamaan/perbedaan    struktur  isi    dan  ciri  bahasa  dua  teks  laporan hasil observasi
3.2.2  Membedakan  lafal baku  dan tak baku  kata-kata yang  berkaitan  dengan teks laporan hasil observasi
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.1  Mengklasifikasi isi teks laporan hasil observasi
3.3.2  Mengklasifikasi bahasa teks laporan hasil observasi
3.4  Mengidentifikasi  kekurangan/kelebihan  teks  hasil  observasi  berdasarkan  kaidah-kaidah  teks baik melalui lisan maupun tulisan
3.4.1 Menemukan kekurangan teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
3.4.2 Menemukan kelebihan teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks
4.1  Menangkap makna teks hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
4.1.1 Menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mengasosiasikan isi teks laporan hasil observasi
4.1.3 Menyampaikan  secara  lisan  dan  tulis  kejadian  sosial  di  masyarakat  dan  alam  sekitar dalam  teks  laporan  hasil  observasi  dengan  tahapan  yang  benar:  pertanyaan  klarifikasi, deskripsi bagian, tujuan, fungsi, kegunaaan, dan lain-lain
4.2  Menyusun  teks  hasil  observasi  sesuai  dengan  karakteristik  teks  yang  akan  dibuat    baik  secara lisan maupun tulisan
4.2.1  Membuat  langkah-langkah  penulisan  teks  laporan  hasil  observasi  sesuai  dengan  struktur isi (definisi umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat) dan ciri bahasa
4.2.2 Membuat  kata  dan  kelompok  kata  mengenal  fakta  (deskriptif  dan  klarifikasi)  dan pendapat sederhana, termasuk  penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi
4.3  Menelaah dan  merevisi teks hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3.1 Menelaah dan merevisi  isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
4.3.2 Menelaah dan merevisi  bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
4.4  Meringkas teks hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
4.4.1 Membuat langkah-langkah meringkas teks laporan hasil observasi
4.4.2 Membuat laporan hasil observasi dari struktur isi dan fitur bahasa dengan meringkas isi teks laporan menggunakan bahasa yang santun  

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran peserta didik dapat :
1.  Selama  dan  setelah proses  pembelajaran,  siswa  dapat menghargai  dan  mensyukuri  keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.  Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia  sebagai  anugerah  Tuhan  yang  Maha  Esa  sebagai  sarana  menyajikan  informasi  lisan dan tulis
3.  Setelah  membaca  teks  laporan  hasil  observasi,  peserta  didik  dapat  memahami  makna  yang terkandung dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
4.  Setelah membaca teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi dengan baik dan benar.
5.  Setelah membaca  teks  hasil  observasi  dan  mendiskusikannya  siswa  dapat  mengetahui  ciri bahasa teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013
D. MATERI PEMBELAJARAN
-  Teks puisi “Tanah Kelahiran”
-  Teks laporan hasil observasi “Cinta Lingkungan”
 -  Struktur teks laporan hasil observasi
-  Teks laporan hasil observasi yang ideal
 -  Struktur teks laporan hasil observasi terdiri atas 
1.  Definisi umum (pembukaan), berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas
2.  Deskripsi bagian, berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci 
3.  Deskripsi manfaat, berisi manfaat atau kegunaan.
a.  Puisi “Tanah Kelahiran”
b.  Teks “Cinta Lingkungan”

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan  : Scientific Learning
Metode  : Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan
Model Pembelajaran  :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), Projek

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013
F. MEDIA, ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media : 
  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
  Lembar  penilaian
Alat/Bahan :
  Penggaris, spidol, papan tulis
  Laptop & infocus
Sumber Belajar :
    Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia, Kelas VII,  Kemendikbud, tahun 2013
  Kamus Besar Bahasa Indonesia
  Pengalaman peserta didik dan guru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )  Waktu
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal
  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
 Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
 Apersepsi  (mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya)
  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 
 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
 Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
 Mengajukan pertanyaan. 
  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
 Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

b. Kegiatan Inti 
·         Mengamati
1.    Melihat (tanpa atau dengan alat) 
2.    Mengamati
3.    Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),  mencari  buku  yang  berisi  laporan  tentang  cinta  lingkungan  hidup  dan  membaca buku itu.
4.    Mendengar
5.    Menyimak, penjelasan  pengantar  kegiatan  secara  garis  besar/global  tentang  materi  pelajaran  mengenai  : teks  laporan  hasil  observasi  untuk  melatih  kesungguhan,  ketelitian, mencari informasi.
·          Menanya
1.    Mengajukan  pertanyaan  tentang : teks  laporan  hasil  observasi yang  tidak  dipahami dari  apa  yang  diamati  atau  pertanyaan  untuk  mendapatkan  informasi  tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat  hipotetik)  untuk  mengembangkan  kreativitas,  rasa  ingin  tahu,  kemampuan merumuskan  pertanyaan  untuk  membentuk  pikiran  kritis  yang  perlu  untuk  hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

·         Mengumpulkan Data (Eksperimen/Mengeksplorasi)
1.    Menggunakan alat dan bahan (ekxperiment), 
2.    Mengamati obyek/kejadian,  Gambar lingkungan hidup
3.    Membaca teks yang berjudul “Cinta Lingkungan” 
4.    Wawancara dengan nara sumber (guru) tentang :
·         Struktur  teks laporan hasil observasi
·         Ciri bahasa teks laporan hasil observasi
5.    Membaca sumber lain selain buku teks, 
6.    Mendiskusikan Struktur dan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
7.    Saling tukar informasi tentang  :  Struktur dan  ciri  bahasa teks  laporan  hasil  observasi dengan  ditanggapi  aktif  oleh peserta  didik  dari  kelompok  lainnya  sehingga  diperoleh  sebuah  pengetahuan baru yang  dapat  dijadikan  sebagai  bahan  diskusi  kelompok  kemudian,  dengan menggunakan  metode  ilmiah  yang  terdapat  pada  buku  pegangan  peserta  didik  atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,  sopan,  menghargai  pendapat  orang  lain,  kemampuan  berkomunikasi, menerapkan  kemampuan  mengumpulkan  informasi  melalui  berbagai  cara  yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. 
·         Mengasosiasikan
1.    Berdiskusi tentang  data : struktur dan ciri bahasa teks laporan hasil observasi yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya. 
2.    Mengolah  informasi  yang  sudah  dikumpulkan  dari  hasil  kegiatan/pertemuan sebelumnya  mau  pun  hasil  dari  kegiatan  mengamati  dan  kegiatan  mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung. 
3.    Menambah  keluasan  dan  kedalaman  sampai  kepada  pengolahan  informasi  yang bersifat  mencari  solusi  dari  berbagai  sumber  yang  memiliki  pendapat  yang  berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk  mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,  kerja  keras,  kemampuan  menerapkan  prosedur  dan  kemampuan  berpikir induktif serta deduktif  dalam  menyimpulkan : struktur  teks laporan hasil observasi antara lain tentang : 

·         Mengkomunikasikan
1.    Menyimpulkan    tentang  point-point  penting  yang  muncul  dalam  kegiatan pembelajaran  yang  baru  dilakukan  berupa  : Laporan  hasil  pengamatan  secara tertulis tentang struktur dan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
2.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 
3.    Bertanya  tentang  hal  yang  belum  dipahami,  atau  guru  melemparkan    beberapa pertanyaan kepada siswa. 

c. Kegiatan Akhir
1.    Membuat resume  dengan  bimbingan  guru  tentang  point-point  penting  yang  muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
2.    Mengagendakan pekerjaan rumah.
3.    Mengagendakan materi yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013
H. PENILAIAN 
1.  Jenis/teknik Penilaian:
a.  Sikap
-  Penilaian Diri (terlampir)
-  Penilaian Jurnal (terlampir)
-  Penilaian Observasi (terlampir)
-  Penilaian Teman Sebaya (terlampir)
b.  Pengetahuan
-  Penugasan (terlampir)
-  Tes Lisan  (terlampir)
-  Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (terlampir)
c.  Keterampilan
-  Penilaian Portofolio (terlampir)
-  Penilaian Proyek (terlampir)
-  Penilaian Unjuk Kerja (terlampir)
2.  Bentuk Instrumen dan instrument
3.  Pedoman Penskoran

Bagi Anda yang ingin mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Berdasarkan Kurikulum 2013 tersebut di atas, silahkan klik link berikut ini





= Baca Juga =



4 Comments

Previous Post Next Post