MATERI KOMPETENSI TENAGA LABORATORIUM (BENGKEL) SMK

MATERI KOMPETENSI TENAGA LABORATORIUM (BENGKEL) SMK 
Tenaga Laboratorium/Bengkel Sekolah memiliki peran yang strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama dalam pendidikan vokasi dan pelatihan kerja sebagai pelaksanaan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Selain itu, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah menetapkan standar kualifikasi dan kompetensi tenaga laboratorium sekolah yang harus dimiliki oleh Teknisi dan Laboran Sekolah dalam memberikan pelayanan kegiatan praktikum siswa agar tercapai tujuan pembelajaran.


Menindaklanjuti Inpres dan Permendiknas tersebut, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, melakukan implementasi program strategis melalui penataan SDM laboratorium, sertifikasi keahlian tenaga laboratorium/bengkel sekolah dan peningkatan kompetensi  tenaga laboratorium/bengkel sekolah.

Khusus program peningkatan kompetensi tenaga laboratorium/bengkel SMK, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah  melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Laboratorium/Bengkel SMK tahun 2017. Agar pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik, maka  disiapkan perangkat pembelajarannya oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. Perangkat yang telah dikembangkan antara lain berupa modul  Bimbingan Teknis Pengelolaan Laboratorium/Bengkel . Dengan modul ini diharapkan program peningkatan kompetensi laboran dan teknisi laboratorium sekolah memberikan sumbangan yang besar dalam peningkatan kompetensi laboran dan teknisi laboratorium SMK.

Download Materi :
Materi Kompetensi Tenaga Laboratorium/Bengkel SMK Dimensi Perencanaan  klik disini
Materi Kompetensi Tenaga Laboratorium/Bengkel SMK Dimensi Pengoperasian Klik disini
Materi Kompetensi Tenaga Laboratorium/Bengkel SMK Dimensi Pemeliharaan dan Pengoperasian Klik disini 
Materi Kompetensi Tenaga Laboratorium/Bengkel SMK Dimensi Pengevaluasian klik disni





Post a Comment

Previous Post Next Post