CONTOH RPP SENI BUDAYA SENI RUPA SMP KELAS 7 REVISI 2017

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, July 23, 2017

CONTOH RPP SENI BUDAYA SENI RUPA SMP KELAS 7 REVISI 2017

Untuk bahan Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Seni Budaya Seni Rupa SMP yang sedang membuat RPP Seni Budaya Seni Rupa Kelas 7 berdasarkan Silabus Seni Budaya Seni Rupa SMP tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Seni Budaya Seni Rupa SMP Kelas 7 Semester 1 KD 3.1 dan 4.1  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan :    SMP 
Mata Pelajaran         :    Seni Budaya
Kelas/Semester       :    VII/Ganjil
Materi Pokok            :    Gambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Alokasi Waktu          :    6 JP (2 Pertemuan)

A.   Kompetensi inti :
KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun  percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)



Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1    Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan
3.1.1   Menjelaskan unsur menggambar flora, fauna danalam benda
3.1.2   Menjelaskan prinsip menggambar flora, fauna,dan alam benda.
3.1.3   Menjelaskan tehnik menggambar flora, fauna,dan alam benda.
3.1.4   Menjelaskan prosedur menggambar flora, fauna,dan alam benda.
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda
4.1.1    Membuat rancangan gambar flora, fauna, dan alam benda dengan menggunakan pensil 2B.
4.2.1    Menyelesaikan rancangan gambar flora, fauna, dan alam benda dengan menggunakan berbagai bahan pewarna.


C.   Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan.1.
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan  mampu :
3.1.1.   Menjelaskan secara tertulisunsur menggambar flora, fauna, dan alam benda.
3.1.2.   Menjelaskan secara tertulisprinsip menggambar flora, fauna, dan alam benda.
3.1.3.   Menjelaskan secara tertulis teknik menggambar flora, fauna, dan alam benda.
3.1.4.   Menjelaskan secara tertulis prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda.
Pertemuan.2.
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan  mampu :
4.1.1.    Membuat  gambar sketsa flora, fauna, dan alam benda
4.1.2.    Menebalkan gambar sketsa flora, fauna, dan alam benda
4.1.3.    Memberi warna pada gambar  flora, fauna, dan alam benda’
4.1.4.    Finishing pada gambar  flora, fauna, dan alam benda’


D.   Materi Pembelajaran
1.    Materi pembelajaran regular
Pertemuan.1.
Ø  Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
 Pertemuan.2
Ø  Pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda.
2.    Materi pembelajaran remedial
Ø  Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
Ø  Pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda
3.    Materi pembelajaran pengayaan
Ø  Pembuatan gambar dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar selain flora.
Ø   
E.   Metode Pembelajaran
     Ø  Model Pembelajaran           1:  Inquiry / Discovery Learning.
     Ø  Model Pembelajaran 2: 

F.    Media dan bahan
Media
    Ø  Media LCD projector,
    Ø  Laptop,
    Ø  Pensil 2B dan penghapus
Bahan
   Ø  Bahan Tayang
   Ø  Kertas gambar A3
   Ø  Bahan untuk mewarnai gambar

G.   Sumber Belajar
  Ø  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
  Ø  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
   Ø  Sumber lain :
ü  Gambar flora, fauna, dan alam benda dari internet (www.google.com)

H.   Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru dan Siswa
  • Mengucapkan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menyampaikan lingkup penilaian pada pembelajaran yang akan dilakukan.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Memberi rangsangan.
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda.
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang

v  Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar 1.1 Gambar perburuan pada dinding gua


Identifikasi
masalah
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk membuat sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Ø  Apa perbedaan dua gambar flora diatas?
Ø  Apa perbedaan dua gambar fauna diatas?
Ø  Apa perbedaan dua gambar alam benda diatas?

Pengumpulan
data
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-          Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda


Pengolahan
Data
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan tentang:
Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda

Konfirmasi.
Peserta didik mengkonfirmasi hasil pengamatannya dan diskusi hasil pengamatannya tentang :
Ø  Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
.

Menarik
kesimpulan
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
100
menit


Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas dengan benar diberi nilai
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Menyampaikan materi yang akandatang.

10
menit




3. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru dan siswa
  • Mengucapkan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan unsur,prinsip,teknik dan prosedur menggambar flora,fauna,dan alam benda.
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Memberitahukan  materi pelajaran tentang unsur,prinsip,teknik dan prosedur menggambar flora,fauna,dan alam benda.
  • Pembagian kelompok belajar
·         Menyampaikan lingkup penilaian pada materi pelajaran tentang unsur,prinsip,teknik dan prosedur menggambar flora,fauna,dan alam benda.

20
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Pemberian
rangsangan.
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati Teknik menggambar
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini
Ø  Teknik menggambar Flora
Ø  Teknik menggambar Fauna
Ø  Teknik menggambar alam Benda
.

Merumuskan
masalah
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menyusuni sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Apa teknik  yang digunakan untuk dasar menggambar?

Pengumpulan
data
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang tehnik dan prosedur  gambar flora, fauna, dan alam benda.

Pengolahan
Data
Peserta didik membuat gambar sketsa flora, fauna,dan alam benda yang sudah dipilihnya, dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan prosedur dalam menggambar flora, fauna, dan alam benda,
Konfirmasi
Peserta didik menyelesaikan rancangan gambar menjadi gambar flora,fauna,dan alam benda.

Menarik
kesimpulan
Peserta didik menyelesaikan hasil karya gambar flora, fauna, dan alam benda
Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa materi:
Ø  Teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda,
90
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
Guru :
  • Memeriksa hasil karya siswa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan gambar dengan benar diberi nilai.
  • Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang memiliki hasil karya yang terbaik.
  • Menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
10
menit

















































































































































































































H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian

a. Sikap spiritual/sosial



JURNAL SIKAP

No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
TTD
Tindak lanjut




































b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1.      Teknik penilaian                        : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen          : Test uraian
Kisi-kisi :
No
Indikator
Jumlah Butir Soal
No. Butir Soal
1.
Menuliskan unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda
2
1 & 2
2.
Mengkategorikan unsur,prinsip,teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda
2
3 & 4
3.
Membuat kesimpulan materi menggambar flora, fauna dan alam benda.
1
5

2.      Teknik penilaian                : Tes lisan
Bentuk Instrumen              : Laporan presentasi
Kisi-kisi :
No
Indikator
Jumlah Butir Soal
No. Butir Soal
1.
Mempresentasikan hasil diskusi tentang materi flora, fauna dan alam benda.
1
1

3.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)    Unjuk kerja
©  Membuat gambar flora dengan objek yang dipilih oleh peserta didik
2)    Produk.

2.    Instrumen Penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.    Pertemuan Kedua (Terlampir)

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.    Remedial
v  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM.
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
©  Menggambar dengan menggunakan teknik dan prosedur yang benar.
©  Mempelajari unsur,prinsip,teknik dan prosedur menggambar flora,fauna,dan alam benda.

b.    Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya perbedaan penggunaan teknik menggambar flora, fauna dan alam benda.



                                                                                                30 Maret 2017

Mengetahui
Kepala SMP,                                                 Guru Mata Pelajaran,


Link Dowload
RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 1 (CONTOH) unduh disini , 
RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 2 (CONTOH) unduh disini ,
RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 3 (CONTOH) unduh disini ,

RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 4 (CONTOH) unduh disini , 



Blog, Updated at: 2:09 AM

1 comments:

  1. terimakasih informasinya... sangat membantu sekali

    ReplyDelete

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB