CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS 7 KD 3.6 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, July 23, 2017

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS 7 KD 3.6 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk bahan Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia SMP yang sedang membuat RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 berdasarkan Silabus Bahasa Indonesia SMP tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 KD 3.6 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.6

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya.
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
  • Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa.
  • Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Struktur teks prosedur.
  • Karakteristik tiap bagian teks prosedur.
  • Contoh cara melengkapi teks prosedur.
  • Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur.
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar.

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur teks prosedur (melengkapi bagian identifikasi/gambaran umum, prosedur bagian).
  • Praktik melengkapi kata/kalimat.
  • Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur.


2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Struktur teks prosedur.
·         Karakteristik tiap bagian teks prosedur.
·         Contoh cara melengkapi teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur.
·         Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar.

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur teks prosedur (melengkapi bagian identifikasi/gambaran umum, prosedur bagian).
·         Praktik melengkapi kata/kalimat.
·         Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Struktur teks prosedur (tujuan, bahan dan alat, langkah).
·         Contoh variasi bagian (tujuan, bahan dan alat, langkah).
·         Cara mengembangkan paragraf pada teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan.
·         Contoh benar dan contoh salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan.
·         Prinsip mengurutkan teks prosedur.
·         Prinsip mengembangkan teks prosedur paragraf rincian.
·         Prinsip mengembangkan paragraf pada teks prosedur.
·         Prinsip menggunakan kata kalimat pada teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf.
·         Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca.

Keterampilan
·         Praktik mengurutkan bagian teks prosedur.
·         Praktik melengkapi unsur-unsur teks prosedur.
·         Praktik menyusun bagian-bagian teks prosedur.
·         Praktik menyunting.

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1  Pendahuluan
·      Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen peserta didik.
·      Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks prosedur yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Dibuka dengan hal-hal yang dapat menggairahkan suasana belajar dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
·      Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
·      Bertanya jawab tentang manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
·      Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
·         Mengamati tabel struktur teks prosedur.
·         Menggali informasi tentang karakteristik tujuan, langkah, dan penutup teks prosedur.
·         Latihan mengidentifikasi struktur teks prosedur dan ciri-ciri tiap bagian.
·         Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur dan cara mengenali struktur.
·         Mengomunikasikan pada diskusi kelas dan guru memberikan penguatan.

Pertemuan Kedua (2 JP)
·         Mengamati urutan kalimat acak (bagian struktur yang acak).
·         Mempertanyakan cara mengurutkan.
·         Menggali informasi cara Mengurutkan.
·         Mempresentasikan hasil urutan dan saling menilai.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
·         Membaca dan mengamati contoh kesalahan penggunaan kata, kalimat, tada baca/ ejaan.
·         Berdiskusi alasan kesalahan.
·         Bermain memperbaiki kesalahan.

Pertemuan Keempat (2 JP)
·         Mengamati teks prosedur yang belum lengkap.
·         Mempertanyakan bagaimana cara melengkapi.
·         Menggali informasi.
·         Membaca contoh variasi struktur teks.
·         Berdiskusi.
·         Melengkapi teks prosedur.
·         Menelaah hasil melengkapi teks prosedur.
·         Mengomunikasikan hasil.

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca buku berbagai resep tradisional, cara membuat cindera mata daerah (tenun, batik, tapis, ulos), cara memainkan alat musik daerah, dan lain-lain. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca. Siswa bisa mencatkan jam membaca secara jujur.
·         Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan struktur teks prosedur!
  2. Bagian yang menyebutkan apa yang dibuat atau dilakukan dan penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau kegiatan yang akan dibuat panduannya, dengan menggunakan pilihan kata yang mampu menarik perhatian dan hindari ungkapan negatif seperti “susah dilaksanakan” atau “akan memakan waktu lama”) dalam teks prosedur terdapat pada bagian ….
  3. Langkah dalam teks prosedur bisa disajikan dalam dua bentuk, sebutkan!
  4. Penggunaan kata penghubung pada langkah menyatakan waktu, misalnya ….
  5. Penggunaan kata penghubung pada langkah menyatakan urutan, misalnya ….
  6. Cara membuat penutup teks prosedur adalah dengan …..
  7. Kalimat yang mengandung makna memerintah atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penutur atau penulisnya disebut ….
  8. Ciri-Ciri Kalimat Perintah adalah ….
  9. Kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti verba (kata kerja) atau adjektiva (kata sifat) disebut ….
  10. Buat kalimat perintah dengan menggunakan akhiran –i dan akhiran – kan!

Kunci jawaban
  1. Tujuan, bahan dan alat, langkah, penutup.
  2. Bagian Pendahuluan (Pernyataan tujuan).
  3. Langkah dalam teks prosedur bisa disajikan dalam dua bentuk, yaitu: (a) dalam bentuk uraian paragraf menggunakan kata ..pertama, …., kedua, ketiga …., dan, (b) dalam bentuk penomoran pada setiap langkah dengan urutan ke bawah.
  4. Kemudian, ketika, sebelum, sementara, sesudah itu.
  5. Pertama, kedua, ketiga.
  6. Merujuk kembali ke hal-hal pokok yang disebutkan dalam pendahuluan dan ulang kembali dengan kata yang lain (sinonim) atau ucapan selamat atau memotivasi orang untuk melakukan. Ucapan selamat menikmati keindahan, kenyamanan, kelezatan hasil kegiatan yang dilakukan).
  7. Kalimat perintah.
  8. Adverbia atau kata keterangan
  9. Ciri-Ciri Kalimat Perintah adalah: (1) Intonasi pada bagian tengah kalimat naik atau meninggi, (2) Diakhiri dengan tanda baca seru (!), (3) Kalimat perintah menggunakan pola inverse, (4) Biasanya menggunakan partikel lah ataupun kan.
  10. Taburi roti yang sudah masak dengan keju parut. Dan Taburkan keju parut pada roti yang sudah matang.

2.  Penilaian Keterampilan
Bermain Peduli dan cinta bahasa Indonesia.
Bermainlah sambil membuktikan kepedulianmu terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Dalam permainan ini gurumu akan membagi menjadi dua kelompok besar. Tiap kelompok akan mencari penggunaan kalimat yang salah pada teks prosedur. Kamu dapat mencari di semua media massa atau media sosial. Kemudian kamu telaah mengapa kalimat itu salah.Setelah kamu telaah kesalahannya kamu perbaiki.Tulis tiap kalimat, telaah kesalahan, dan perbaikannya pada kertas terpisah. Secara ringkas lakukan kegiatan berikut!
  • Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks prosedur pada berbagai media massa/ media sosial!
  • Bacalah berbagai buku yang menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan huruf kapital)
  • Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!
  • Perbaiki kalimat bagian teks prosedur yang salah.
  • Tulis ketiga bagian pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bagian satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)

Aturan Permainan
Gurumu akan memandu bermain adu cepat memasangkan puzzle yang kamu buat secara kelompok. Tiap anggota mendapat tiga kartu kalimat dan harus memasangkan pada tabel yang tepat. Anggota kelompok lain boleh saling membantu hanya sekali saja. Gurumu akan menjadi juri ketepatan dan kecepatan kelompokmu dalam menyelesaikan permainan ini. Kelompok yang membuat contoh secara tepat, memasangkan pada tabel secara tepat, dan paling cepat menyelesaikan menjadi pemenang permainan ini.

Rubrik penilaian dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat          : Buku, video.
Bahan                 : Contoh teks prosedur
Sumber Belajar   :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 98 s.d 115.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 68 s.d 69.





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 1:30 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Popular Posts

STATISTIK BLOG

---------------------------------

loading...

---------------------------------

CB