CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS 7 SEMESTER 2 REVISI 2017 KD 3.11 DAN 4.11


Untuk bahan Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia SMP yang sedang membuat RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 berdasarkan Silabus Bahasa Indonesia SMP tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 KD 3.11 dan 4.11  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP (KD 3.11 DAN 4.11)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A
3.11  Mengidentifikasi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
  • Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.

Bagian B
4.11 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda daerah setempat
Indikator
  • Mengurutkan isi cerita fabel
  • Menceritakan kembali isi fabel secara lisan

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan A dan B
Pengetahuan
  • Pengertian cerita fabel
  • Jenis cerita fabel
  • Tujuan komunikasi cerita fabel
  • Pola pengembangan isi pada cerita fabel

Keterampilan
  • Praktik memahami isi cerita fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita


2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Pengertian cerita fabel
  • Jenis cerita fabel
  • Tujuan komunikasi cerita fabel
  • Pola pengembangan isi pada cerita fable

Keterampilan
  • Praktik memahami isi cerita fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Pengertian cerita fabel
  • Jenis cerita fabel
  • Tujuan komunikasi cerita fabel
  • Pola pengembangan isi pada cerita fable

Keterampilan
  • Praktik memahami isi cerita fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, santun, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, kritis, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk cerita fabel dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya cerita fabel dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
  • Dibuka dengan contoh judul-judul cerita fabel yang pernah dibaca siswa
  • Bertanya jawab tentang fungsi fabel dalam dunia modern saat ini
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A : Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
·         Membaca/ mendengarkan contoh fabel
·         Bertanya jawab tentang isi cerita
·         Meringkas urutan peristiwa dalam cerita
·         Berdiskusi ciri cerita fabel
·         Bermain untuk menyimpulkan ciri umum fabel dari segi isi dan aspek kesastraannya (alur, tokoh, latar, amanat, dll)
 Pertemuan Kedua (4 JP)
·         Membaca/ mendengarkan lagi contoh fabel untuk mendaftar kata sambung yang menyatakan waktu, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah pada cerita fabel, mendata kata/ frasa benda
·         Mendata kata/ frasa sifat, kata keterangan tempat
·         Mendiskusikan ciri kata/ kalimat yang digunakan pada fabel
·         Berdiskusi menyimpulkan pengertian, ciri umum, dan tujuan komunikasi cerita fabel

 3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca fabel minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian.
·         Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

 F.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan cerita fabel
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binantang disebut ….
  2. Tokoh fabel adalah ….
  3. Fabel biasanya berlatar di ….
  4. Konflik fabel disebabkan oleh ….
  5. Konflik-konflik dalam fabel mengemban amanat berupa ….
  6. Alur alur maju adalah alur yang bergerak ….
  7. Dalam urutan beberapa kejadian atau peristiwa secara kronologis menggunakan konjungsi pengurutan ….
  8. Dari segi paparan watak tokohnya, fabel dikelompokkan menjadi dua kategori. Sebutkan!
  9. Alur fabel dimulai pengenalan, mulai munculnya masalah, masalah memuncak, dan ditutup dengan pemecahan masalah dengan pesan-pesan eksplisit adalah jenis fabel ….
  10. Alur fabel dimulai pengenalan, mulai munculnya masalah, masalah memuncak, dan ditutup dengan pemecahan masalah dengan pesan-pesan eksplisit.

Kunci jawaban
  1. Fabel
  2. Binatang
  3. Hutan, sungai, atau alam bebas
  4. Pengkhianatan, kelicikan, penghinaan, kesombongan, persahabatan, perilaku buruk yang akhirnya diperbaiki, kecerdikan, keluarga, dan sebagainya.
  5. Nilai-nilai moral dan karakter manusia yang baik
  6. Dari awal bergerak maju hingga terjadi akibat dari peristiwa sebelumnya.
  7. Sesudah, sebelum, lalu, mula-mula, kemudian, selanjutnya, setelah itu, atau akhirnya.
  8. yaitu jenis fabel alami dan fabel adaptasi.
  9. Jenis Fabel dengan Koda
  10. Jenis Fabel Tanpa Koda

2.      Penilaian Keterampilan
·   Praktik memahami isi cerita fabel (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik menentukan pola pengembangan isi teks (menggambarkan alur cerita

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, Infokus.
Bahan                          :  Cerita fabel
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 209 s.d 234.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.




= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post