CONTOH SOAL SELEKSI CPNS DAN NON PNS BIDAN (KEBIDANAN)

Sekedar barbagi untuk tenaga Bidan yang akan mengikuti Seleksi Tenaga Non PNS atau Seleksi CPNS, saya bagikan  Contoh Soal Tes Tertulis Seleksi CPNS atau Non PNS Jabatan atau Kompetensi Bidan (Kebidanan). Contoh tes ini berisi masalah Kompetensi Bidan (Kebidanan). Oleh karena itu contoh tes ini bisa digunakan sebagai Soal Latihan Uji Kompetensi Bidan (Kebidanan), Soal Latihan Tes terulis Calon PNS Tenaga Bidan (Kebidanan), Soal Latihan Tes tertulis calon Tenaga honorer atau Kontrak Jabatan Bidan (Kebidanan) pada PUSKESMAS, Rumah Sakit dan lainnya.


Berikut Contoh Soal Latihan Tes tertulis CPNS ataupun calon Tenaga honorer atau Kontrak Jabatan Bidan (Kebidanan) pada PUSKESMAS, Rumah Sakit yang diambil dari materi Uji Kompetensi Tenaga Bidan (Kebidanan) tahun 2017 2018 2019 2020 2021




Lanjutan Contoh Soal Latihan Tes tertulis CPNS Bidan (Kebidanan) ataupun Contoh Soal Latihan Tes tertulis calon Tenaga honorer atau Kontrak Jabatan Bidan (Kebidanan) pada PUSKESMAS, Rumah Sakit yang diambil dari materi Uji Kompetensi Tenaga Bidan (Kebidanan) tahun 2017 2018 2019 2020 2021

Soal Latihan Tes tertulis CPNS Kompetensi Bidang Bidan (Kebidanan) 

Soal Latihan Tes tertulis Calon Tenaga Non PNS Kompetensi Bidang Bidan (Kebidanan)


Lanjutan Contoh Soal Latihan Tes tertulis CPNS kemampuan bidang Bidan (Kebidnan) ataupun calon Soal Latihan Tes  CalonTenaga honorer atau Kontrak Jabatan Bidan (Kebidanan) pada PUSKESMAS, Rumah Sakit yang diambil dari materi Uji Kompetensi Tenaga Perawat (Keperawatan) tahun 2017 2018 2019 2020 2021

Soal Latihan Tes tertulis CPNS Kompetensi Bidang Bidan (Kebidanan)

Soal Latihan Tes tertulis Calon Tenaga Non PNS Jabatan Bidan (Kebidanan) 


Berikut hasil Ketik Ulang Lanjutan Contoh Soal Latihan Tes tertulis CPNS Calon Bidan atau Kebidanan atau Contoh Soal Latihan Tes tertulis tertulis calon Tenaga honorer atau Kontrak Jabatan Bidan (Kebidanan) pada PUSKESMAS, Rumah Sakit yang diambil dari materi Uji Kompetensi Tenaga Perawat (Keperawatan) tahun 2017 2018 2019 2020 2021

28.   Pasangan suami isteri datang ke Bidan Praktik Mandiri, sebelum memilih alat kontrasepsi ingin diberikan penjelasan tentang macam-macam alat kontrasepsi dan di berikan kesempatan untuk memilih alat kontrasepsi yang dikehendaki. Termasuk dalam etika praktis apa kasus diatas?
A. Justice
B. Benifence              
C. Mal practice
D. Non malifecence
E. Respect for person        
29.  Seorang perempuan melahirkan 1 hari yang lalu. Datang ke bidan mengatakan bahwa ASI sudah keluar tetapi bayinya tidak mau menetek. Keluarga menyarankan untuk diberi susu formula saja karena takut bayinya kelaparan. Apakah tindakan yang tepat untuk kasus tersebut?
A. Menyarankan untuk memberikan susu formula
B. Menyarankan keluarga member PASI
C. Menyarankan ibu untuk tetap memberikan ASI
D. Menyarankan ibu untuk memberikan ASI dengan sendok
E. Memberikan konseling pada ibu tentang ASI Eksklusif
30.   Seorang perempuan usia 38 tahun melahirkan secara spontan pervaginam Di Rumah Sakit, bayi yang dilahirkan kembar, lahir merintih, ektremitas kebiruan dengan Berat lahir bayi 2000 gram dan 1500 gram. Bidan akan melakukan tindakan membersihkan jalan nafas bayi, tetapi dari pihak keluarga menolak. Kemudian bidan tersebut tetap melakukan membersihkan jalan nafas. Apakah jenis pengambilan keputusan bidan tersebut?
A. Teologi
B. Eudonisme
C. Hedonisme
D. Deontologi            
B. Utilitarianisme                   
31.  Seorang perempuan usia 28 tahun hamil pertama, usia kehamilan 9 bulan, datang ke bidan praktik mandiri, ketuban pecah 2 jam yang lalu, hasil pemeriksaan dalam pembukaan 6 cm, teraba sacrum, penipisan 75%, penurunan hodge III. Apakah diagnosis kasus diatas ?
A. Presentasi dahi
B. Presentasi dagu
C. Presentasi muka
D. Pesentasi bokong
E. Presentasu puncak
32.   Seorang perempuan usia 30 tahun, melahirkan anak ke empat di puskesmas,bayi lahir menangis kuat, tali pusat dipotong dan bayi diletakan di dada ibu.kepala bayi ditutupi dan di selimuti. Apakah jenis asuhan yang diberikan pada kasus tersebut?
A. ASI eksklusif
B. Asuhan sayang ibu         
C. Inisiasi menyusu dini
D. Manajemen aktif kala III
E. Perawatan bayi baru lahir
33.  Sepasang suami istri datang ke Bidan Praktek Mandiri dengan membawa anaknya yang berumur 3 bulan. Mereka ingin membicarakan tentang berat badan anaknya yang tidak bertambah. Bagaimanakah bentuk pertanyaan efektif yang sesuai dengan kasus diatas ?
A. ” apakah bayi anda sakit .”
B. ” apakah bayi anda minum ASI”
C. ” apakah bayi anda jarang disusui .”
D. ”.apakah bayi anda sudah diberi makanan tambahan”
E. ” apakah makanan/minuman yang anda berikan selama ini ?.”
34.   Seorang perempuan umur 20 tahun, menyusui bayinya yang berumur 3 bulan dan memberinya sari buah. Saat ini datang ke Bidan Praktik Mandiri membawa anaknya yang menderita diare ringan. Bagaimanakah komunikasi efektif yang tepat memotivasi pemberian ASI secara Eksklusif ?
A. ” Ibu kalau anaknya diare cepat cepat diberi obat ya.”
B. ” bagus sekali ibu menyusuinya, ASI bisa membantu bayi ibu sembuh”
C. ” lebih baik bayi tidak diberi apapun kecuali ASI sampai berumur 6 bulan.”
D. ” Ibu sebaiknya menyetop sari buah, mungkin itu yang menyebabkan diare.”
E. ” coba kalau kemarin ibu tidak memberinya sari buah, anak ibu tidak diare.”
35.   Seorang perempuan membawa bayinya yang berusia 15 hari datang ke Bidan Praktek Mandiri dengan keluhan kulit bayi berwarna kekuningan terutama pada daerah lutut & kaki, tinja pucat. Apakah tindakan yang tepat untuk bayi tersebut?
A. Lakukan rujukan segera
B. Pemberian ASI lebih sering
C. Anjurkan ibu menjemur bayi
D. Berikan susu formula tambahan untuk bayi
E. Lakukan pemeriksaan darah pada ibu & bayi
36.   Seorang anak berumur 2,5tahun mengalami diare. Bidan memberikan penjelasan kepada ibu tentang keadaan anaknya, kemudian melakukan pengkajian lebih detail, menegakkan masalah, merencanakan serta melaksanakan penanganan diare sampai pendokumentasian. Apakah jenis pengelolaan yang dilakukan bidan?
A. Pengobatan anak sakit
B. Manajemen anak sakit                           
C. Manajemen balita sehat
D. Manajemen penanganan diare
E. Pengobatan dasar anak bermasalah
37.  Seorang perempuan berumur 20 tahun datang ke Bidan Praktek Mandiri mengeluh setiap datang bulan merasakan nyeri perut sejak mendapatkan haid pertama. Keadaan umum baik, tidak anemis dan tidak didapatkan kelainan ginekologik. Apakah diagnosa untuk kasus diatas?
A. Kriptomenorea
B. Amenorhoe primer           
C. Dismenorhoe primer      
D. Amenorhoe sekunder                             
E. Dismenorhoe sekunder
38.   Sekelompok remaja perempuan usia 10 – 11 tahun di sebuah sekolah dasar ada yang mengeluh kulitnya mudah berjerawat, payudara dan pinggul mulai membesar sehingga malu dan tidak nyaman. Disebut apakah gejala yang dialami sekelompok remaja tersebut di atas?
A. Pubertas dini
B. Pubertas Precok
C. Pubertas sekunder
D. Ciri kelamin Primer                                  
E. Ciri kelamin sekunder                            
39.   Seorang perempuan umur 22 tahun hamil 4 bulan datang ke posyandu, untuk memeriksaan kehamilannya. Ibu mengatakan belum pernah mendapatkan imunisasi selama hamil maupun pada saat calon pengantin.Apakah rencana yang tepat untuk ibu tersebut ?
A. Memberikan imunisasi TT 1                 
B. Memberikan imunisasi TT 2                   
C. Memberikan imunisasi TT 3
D. Memberikan imunisasi TTT 4
E. Memberikan imunisasi TT boster
40.  Seorang bidan melakukan kunjungan rumah ibu hamil, ibu mengatakan mengeluarkan darah banyak dari jalan lahir berwarna merah segar. Hasil pemeriksaan hamil 28 minggu, TFU 3 jari diatas pusat, DJJ 110x/menit. Kemudian bidan melakukan rujukan. Sebagai apakah peran dan tanggung jawab bidan tersebut ?
A. Peneliti
B. Pendidik
C. Pelaksana             
B. Pengelola              
E. Proveider
41.   Seorang bidan di desa, untuk memudahkan pencapain target pelayanan kontrasepsi, kemudian menugaskan kader- kader KB untuk memberikan konseling pada PUS yang belum memakai alat kontrasepsi. Termasuk dalam fungsi pengorganisasian apakah Bidan tersebut?
A. Planning
B. Leading
C. Staffing
D. Organizing
E. Controlling
42.  Seorang perempuan umur 30 tahun akseptor KB AKDR Copper T 380 A sejak 2 tahun yang lalu. Datang ke Bidan Praktek Mandiri dengan keluhan akhir-akhir ini sering nyeri daerah panggul, keputihan berwarna kuning dan gatal. Sering mengeluarkan darah di luar siklus haid. Apakah diagnosis yang mungkin terjadi pada kasus di atas?
A. Peritonitis                           
B. Distensi abdomen                        
C. Infeksi saluran kemih (ISK)
D. Penyakit radang panggul (PRP)
E. Penyakit menular seksual (PMS)
43.    Seorang Perempuan berusia 46 tahun datang ke Bidan Praktek Mandiri mengeluh, perdarahan selama 1 minggu, kadang-kadang hanya bercak. Apakah diagnosa kasus pada kasus di atas ?
A. Menorraghia                     
B. Metorrarghia
C. Hipomenorhoe
D. Olygomenohoe                 
E. Hipermenorhoe
44.  Bidan menolong persalinan di puskesmas, bayi lahir menangis kuat, placenta lahir lengkap, palpasi uterus lembek, kontraksi kurang, perdarahan pervaginam } 500 cc, bidan sudah berusaha melakukan penanganan sesuai prosedur, namun tidak berhasil Apa tindakan yang dilakukan bidan pada keluarga ?
A. Rujukan                 
B. Konsultasi              
C. Kolaborasi
D. Informes Choice
E. Informed Consent
45.   Seorang perempuan umur 27 tahun melahirkan secara normal 8 jam yang lalu di Bidan Praktik Mandiri. Vital Sign : Tensi 120/ 80 mmHg, Respirasi 20x/mnt, Suhu 36° C, Nadi 84x/ mnt. Ny R masih takut bangun dari tempat tidurnya. Apakah konseling yang tepat diberikan pada kasus di atas?
A. Nutrisi                                 
B. Ambulasi dini                   
C. Cara merawat bayi
D. Perawatan payudara
E. Teknik menyusui yang benar
46.   Seorang perempuan umur 22 tahun hamil 7 bulan, datang ke bidan praktik mandiri, mengeluh kaki ada varises, hasil pemeriksaan TFU 3 jari diatas pusat, TD 120/70 mmHg. Apakah penyebab keluhan kasus di atas ?
A. Vaso dilatasi vena
B. vaso dilatasi arteri
C. Vaso dilatasi perifer
D. Vaso konstriksi vena
E. Vaso kontriksi perifer                   
47.   Seorang perempuan, umur 25 tahun, anak 1 umur 6 bulan, datang ke Bidan Praktek Mandiri ingin menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulanan. Dari hasil anamnesa saat ini sedang haid hari ke-2. Hasil pemeriksaan TD 110/70 mm Hg. Nadi 80 X/menit, Respiasi 28X/menit, suhu 37° C. Kapan waktu pemberian kontrasepsi yang tepat pada kasus diatas ?
A. Saat itu juga                     
B. 1 minggu lagi        
C. 2 minggu lagi
D. 3 minggu lagi
E. Haid yang akan datang
48.   Seorang anak berusia 5 tahun ingin mengetahui lebih banyak mengenai hal-hal disekitarnya, berfantasi dan mempelajari model keluarga atau bermain peran, mampu berbahasa dengan lancar, berhitung, mengenal warna, melompat dan menari. Apakah periode tumbuh kembang anak tersebut?
A. Balita
B. Pra sekolah
C. Adolesence
D. Usia sekolah
E. Anak Usia Dini                  
49.  Seorang perempuan usia 65 tahun datang ke Bidan Praktek Mandiri mengeluh setiap berhubungan dengan suaminya merasakan nyeri. Disebut apakah keluhan yang dirasakan klien diatas?
A. Dispareunia
B. Vaso kontriksi
C. Atrofi genetalia                             
D. Disfungsi ovarium
E. Hipertropi genetalia
50.   Seorang perempuan umur 24 tahun melahirkan bayi di rumah sakit dengan berat badan 3900 gr, placenta lahir lengkap, terdapat laserasi perineum sampai dengan spingter ani. Termasuk derajat berapakah laserasi perineum pada kasus di atas?
A. I                                            
B. II       
C. III
D. IV
E. V
51. Seorang Bidan melakukan kunjungan nifas ke rumah hari ke-3 mengeluh: pusing dan mengeluarkan darah yang banyak. hasil pemeriksaan T: 90/60 mmHg, N: 98 x/ mnt, R:16 x/ mnt, S: 36 0C, akral dingin, TFU setinggi pusat kontraksi uterus lembek, PPV darah segar } 500 cc, Hb 6 gr% . Apakah tindakan yang sesuai standar pelayanan kebidanan untuk kasus di atas?
A. Pemenuhan nutrisi
B. Eksplorasi sisa placenta
C. Lakukan massase uterus                       
D. Lakukan persiapan rujukan
E. Berikan terapi tablet Fe 1 x 225 mg
52.  Bidan praktik mandiri memberikan konseling pada seorang ibu hamil, mengeluh nyeri punggung, hasil pemeriksaan TFU 3 jari diatas pusat, TD 120/70 mmHg. Termasuk apakah peran dan tanggung jawab bidan tersebut ?
A. Sebagai peneliti
B. Sebagai profider
C. Sebagai pendidik
D. sebagai pelaksana                       
E. Sebagai pengelola                       
53.   Seorang perempuan umur 21 tahun, masih menyusui secara ekslusif datang ke Bidan Praktek Mandiri, menyatakan ingin menggunakan KB yang tidak mengganggu ASI. Hasil pemeriksaan tekanan darah 110/80 mmHg, nadi 84x/menit, Bidan memberikan Mini Pil. Apakah efek samping dari Kontrasepsi yang di berikan oleh bidan pada kasus diatas?
A. Mengurangi nyeri haid
B. Payudara menjadi tegang
C. Meningkatkan Berat badan                                
D. Mengganggu hubungan seksual                     
E. Menyebabkan peningkatan tekanan darah
54.   Seorang perempuan melahirkan anak kedua setengah jam yang lalu. jenis kelamin perempuan, berat lahir 3000 gr. Hasil pemeriksaan: bengkak pada kepala bayi, teraba lunak, berisi cairan, batas tidak jelas Berapa lama pembengkakan kepala bayi tersebut dapat menghilang?
A. 2- 4 hari      
B. 1-2 bulan
C. 3-4 bulan
D. 7 – 10 hari                          
E. 2-3 minggu
55.   Seorang perempuan 40 tahun datang ke Rumah sakit mengeluh nyeri perut hebat dan keluar cairan yang berbau. Hasil pemeriksaan USG didapatkan kanker rahim pada stadium lanjut. Dari team medis menyarankan pasien untuk dislakukan kemotherapi. Termasuk upaya apakah yang dilakukan team medis terhadap pasien ?
A. Rehabilitatif
B. Early diagnosis
C. Health promotion
D. Spesifik proteksion
E. Disability limidtation                   
56.   Seorang remaja berusia 10 tahun, remaja tersebut baru mengalami menstruasi yang pertama, dia merasa cemas dan takut dengan keadaannya, seorang bidan memberikan penjelasan tentang apa yang dia sedang alami. Dalam masa apakah remaja diatas?
A. Dini
B. Awal
C. Akhir           
D. Tengah
E. Antara
57.  Seorang perempuan umur 24 tahun hamil pertama, umur 9 bulan datang ke bidan praktik mandiri, mengeluh perut kenceng-kenceng sejak jam 12.00 WIB, keluar lendir darah dari jalan lahir. Hasil pemeriksaan dalam didapatkan pembukaan 5 cm, ketuban utuh, presentasi kepala, penurunan hodge II. Apakah diagnosis yag tepat pada kasus diatas ?
A. Inpartu kala I fase laten
B. Inpartu kala I fase  aktiif
C. Inpartu kala I fase aktif akselerasi
D. Inpartu kala I fase aktif deselerasi
E. Inpartu kala I fase aktif dilatasi maksimal
58.  Seorang ibu hamil umur 28 tahun datang ke tempat bidan praktik mandiri, mengeluh perut kenceng-kenceng. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan 5 cm, ketuban utuh, presentasi kepala, penurunan hodge II His 2 x dalam 10 menit, lama 25 detik. Apakah Asuhan sayang ibu yang diberikan pada kasus di atas?
A. Memecah selaput ketuban
B. Memimpin ibu untuk meneran               
C. Memberikan dukungan emosional    
D. Memeriksa DJJ setiap ada kontraksi
E. Menganjurkan ibu untuk miring kanan
59.   Seorang perempuan umur 21 tahun melahirkan anak pertama 2 hari yang lalu secara normal di Bidan Praktek Mandiri. Datang bersama suami merasa lemah dan capek karena merawat bayinya seorang diri.Bagaimankah komunikasi efektif yang tepat sesuai dengan kasus diatas?
A. “Ibu harus banyak istirahat”
B. “Bapak harus membantu ibu dalam merawat bayi”
C. “Bapak sebaiknya menjaga bayinya dimalam hari”
D. “Setiap malam bangun untuk membantu menjaga bayi”
E. Bantu ibu dalam merawat bayi dan dirinya supaya ibu dan bayi sehat dan nyaman”
60.   Seorang perempuan melahirkan di Rumah Sakit, post partum hari pertama mengeluh payudara sakit dan teraba keras. Hasil pemeriksaan di Rumah Sakit menunjukkan TD : 100/60 mmHg, N: 80 x/menit, suhu 37oC, RR 18 x/menit, payudara teraba keras dan ASI tidak mau keluar. Apakah asuhan yang tepat untuk kasus diatas?
A. Melakukan pemerahan ASI
B. Mengajarkan teknik menyusui yang benar
C. Melakukan perawatan payudara metode Z
D. Melakukan perawatan payudara metode klasik
E. Menganjurkan ibu untuk melakukan kompres hangat
61.   Seorang perempuan umur 25 tahun hamil 3 bulan, datang ke posyandu mengeluh tidak nyaman dengan kondisinya yaitu sering mual dan muntah di pagi hari. Ibu terlihat cemas. Apakah perubahan psikologi yang dialami ibu tersebut ?
A. Ibu telah menerima kehamilannya
B. Sikap ibu selalu melindungi bayinya
C. Ibu merasa khawatir dengan kehamilannya
D. Ibu merasa tidak sehat dan seringkali membenci kehamilannya          
E. Ibu mulai merasa takut akan bahaya fisik yang akan timbul pada waktu melahirkan
62.   Seorang perempuan berumur 19 tahun datang ke Bidan Praktik Mandiri. Wajahnya pucat dan mengatakan sudah terlambat haid selama 3 bulan. Hasil pemeriksaan menunjukkan TFU 3 jari diatas simpisis, TD : 90/70 mmHg, S: 37,5. Tes kehamilan positif. Berapakah umur kehamilan pada kasus diatas?
A. 10 Minggu                          
B. 12 Minggu                         
C. 15 Minggu
D. 16 Minggu
E. 20 Minggu
63.   Pasangan suami istri umur 45 tahun dan 35 tahun sudah mempunyai 6 anak, anak terkecil umur 2 tahun, datang ke Bidan Praktik Mandiri untuk konsultasi mengenai kontrasepsi pria yang efektifitasnya tinggi. Bidan menyarankan untuk menggunakan metode KB MOP. Dimanakah tempat pelayanan yang dapat melaksanakan tindakan kontrasepsi tersebut diatas ?
A. RS
B. Klinik
c. Poskedes
D. Puskesmas
E. Bidan Praktek Mandiri                  s
64.   Seorang perempuan umur 26 tahun anak 1 umur 2 tahun, datang dke Bidan Praktik Mandiri ingin menggunakan kontrasepsi IUD. Hasil pemeriksaan normal. Bagaimanakah cara kerja dai alat kontrasepsi yang akan digunakan pada kasus diatas?
A. Menekan ovulasi              
B. Mencegah implantasi                  
C. Mengentalkan lender serviks
D. Membuat endometrium menjadi atrofi
E. Menghalangi pertemuan sperma dan ovum
65.  Seorang bayi baru lahir spontan aterm, badan kemerahan dan ekstremitas biru, tidak ada gerakan, nadi 90x/mnt, nafas tidak teratur dan merintih. Berat lahir 3000 gram, Panjang lahir 50 cm, suhu 36°C. Berapa nilai APGAR pada kasus di atas ?
A. 4                                           
B. 5                                           
C. 6
D. 7
E. 8
66.   Seorang perempuan melahirkan seorang bayi perempuan dengan berat lahir 3000 gr. Kepala bayi teraba benjolan, lunak, berisi cairan, tidak teraba batas secara jelas. Apa diagnosa kasus diatas?
A. Meningitis
B. Hidrosepalus                                 
C. Cepal hematoma              
D. Caput seccedaneum
E. Perdarahan intracranial
67.  Sepasang suami istri bersama anak perempuannya datang ke Posyandu untuk memantau tumbuh kembang anaknya yang berumur 2 tahun. Orang tua tidak mengerti alat permainan yang cocok untuk anaknya. Apa alat permainan yang tepat untuk anak tersebut?
A. Kartu
B. Puzzle        
C. Ular tangga
D. Boneka bersuara
E. Alat masak-masakan
68.   Seorang perempuan umur 20 tahun anak 1 umur 1,5 tahun akseptor KB implant sejak 10 bulan. Datang ke Bidan Praktek Mandiri menyatakan 3 bulan mengeluarkan darah bercak hitam dari jalan lahir dan berlanjut perdarahan lebih banyak, tetapi ibu tetap ingin menggunakan implant. Dari hasil pemeriksaan dalam batas normal. Tindakan apakah yang harus dilakukan oleh bidan dalam kasus diatas?
A. Berikan ibuprofen 3 x 800 mg selama 5 hari
B. Berikan pil kombinasi 2 tablet selama 5 hari
C. Berikan pil kombinasi 1 siklus atau ibuprofen 3 x 400 mg selama 3 hari
D. Berikan pil kombinasi 1 siklus atau ibuprofen 3 x 800 mg selama 3 hari
E. Berikan pil kombinasi 1 siklus atau ibuprofen 3 x 800 mg selama 5 hari
69.   Seorang perempuan umur kehamilan 5 bulan dirujuk oleh Bidan ke Rumah Sakit. Dari hasil pemeriksaan didapat perdarahan 250 cc disertai nyeri, kontraksi rahim, kuat serviks membuka, ada ekspulsi hasil konsepsi, ibu terlihat lemas dan sangat pucat. Apakah diagnosa dari kasus tersebut ?
A. Abortus Iminens
B. Abortus Insipiens
C. Abortus Habitualis
D. Abortus Kompleteus
E. Abortus Inkompleteus
70.   Seorang perempuan umur kehamilan 5 bulan dirujuk oleh Bidan ke Rumah Sakit. Dari hasil pemeriksaan didapat perdarahan 250 cc disertai nyeri, kontraksi rahim, kuat serviks membuka, ada ekspulsi hasil konsepsi, ibu terlihat lemas dan sangat pucat. Dilihat Apakah Jenis rujukan sesuai kasus diatas ?
A. Rujukan Medis
B. Rujukan vertikal
C. Rujukan mandiri
D. Rujukan Horisontal          
E. Rujukan Kesehatan         
71.   Seorang perempuan umur 29 tahun, melahirkan bayi kelima 2 minggu yang lalu. Persalinannya berlangsung normal dan lancar di Bidan Praktik Mandiri. Sejak melahirkan ibu menolak makan dan tidak mau menyusui bayinya, saat ini kondisi bayinya menjadi kurus dan selalu rewel. Bagaimanakah sikap bidan dalam menangani kasus diatas?
A. Menganjurkan ibu untuk istirahat
B. Menjelaskan bahwa ibu yang bersalah
C. Menganjurkan ibu untuk makan 3 kali sehari
D. Menganjurkan untuk tetap menyusui bayinya supaya tidak rewel dan berat badan naik
E. Menjelaskan pada keluarga bahwa hal tersebut merupakan hal yang serius sehingga memerlukan istirahat dan dukungan
72.   Seorang perempuan umur 22 tahun datang ke puskesmas hamil yang pertama usia kehamilan 9 bulan mengeluh perut kenceng-kenceng dan keluar lendir darah dari jalan lahir. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan serviks lengkap, kulit ketuban sudah pecah, presentasi kepala, penurunan hodge III. His 4 x dalam 10 menit, lama 45 detik. Apakah tindakan yang seharusnya dilakukan pada kasus diatas?
A. Memeriksa tanda-tanda vital                              
B. Memimpin ibu untuk meneran
C. Memberikan suntikan oksitosin                        
D. Memantau denyut jantung janin
E. Menyiapkan rujukan ke rumah sakit
73.  Seorang remaja 15 tahun datang ke BPM, mengeluh merasa lemas, berkunangkunang dan tampak pucat saat mengalami menstruasi. Kemudian dilakukan pemeriksaan Hb didapatkan hasil 9,9 gr%. Termasuk upaya apakah tindakan bidan tersebut?
A. Rehabilitatif
B. Early diagnosis                           
C. Health Promotion
D. Spesifik proteksion
E. Desabilitasion limitasion
74.   Seorang remaja umur 15 tahun, menikah dengan seorang laki-laki umur 18 tahun, sejak 6 bulan yang lalu. Mereka menikah karena paksaan orang tua. Remaja tersebut masih sekolah dan sekarang terpaksa harus cuti sekolah karena hamil 2 bulan. Masalah apakah yang terjadi pada kasus diatas?
A. Fetal death            
B. Kelainan letak
C. Mola hidatidosa
D. Kehamilan ektopik
E. Unwanted pregnancy                  
75.  Seorang perempuan umur 24 tahun datang ke bidan praktik mandiri pukul 10.00 mengatakan hamil yang pertama usia kehamilan 9 bulan, mengeluh perut kenceng-kenceng. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan serviks 6 cm, kulit ketuban utuh, presentasi kepala, penurunan hodge III. Pada pukul berapakah inpartu kala II diperkirakan ?
A. 12.00 WIB                          
B. 13.00 WIB                          
C. 14.00 WIB
D. 15.00 WIB
E. 16.00 WIB
76.   Seorang perempuan umur 18 tahun, melahirkan 50 menit yang lalu, ditolong bidan. Saat ini ia mengeluh pusing pandangan agak kabur, pengeluaran pervaginam darah segar sampai membasahi 1 selimut penuh. Hasil pemeriksaan tekanan darah 90/70mmHg, tidak ada perlukaan jalan lahir, tidak ada sisa plasenta, kontraksi rahimnya tidak keras. Bagaimanakah penanganan yang dilakukan pada kasus diatas ?
A. KBI
B. Manual Plasenta
C. Berikan infus dan Oksigen
D. Perbaikan KU dan berikan antibiotik
E. Masase fundus uteri dan kosongkan kandung kemih
77.  Seorang perempuan umur 22 tahun, anak 1 umur 6 bulan datang ke Bidan Praktik Mandiri ingin memakai kontrasepsi IUD yang tidak mengganggu ASI. Hasil pemeriksaan semua dalam batas normal. Berapa lama efektivitas dari alat kontrasepsi yang akan digunakan pada kasus diatas?
A. 2 tahun                               
B. 5 tahun                               
C. 8 tahun
D. 10 tahun
E. 12 tahun
78.   Seorang wanita membawa bayinya yang berumur 8 hari ke RSUD , dengan keluhan bayi tidak mau menetek, pernah kejang, mulut mencucu. Hasil pemeriksaan kejang rangsang positif, tali pusat kotor, terkadang opistotonus, suhu 39,5 oC, RR 72 x/menit. Apa diagnosis dari kasus diatas?
A. Sepsis                     
B. Ensefalitis              
C. Meningitis
D. Otitis media akut
E. Tetanus neonatorum
79.   Seorang perempuan umur 27 tahun hamil 9 bulan, datang ke Bidan Praktik Mandiri, dengan keluhan perut kenceng sejak 7 jam yang lalu. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan 2 cm, ketuban masih utuh, presentasi kepala, penurunan kepala hodge II. Apakah diagnosis kasus diatas?
A. Inpartu kala I fase laten  
B. Inpartu kalla I fase aktif   
C. Inpartu kala I fase aktif akselerasi
D. Inpartu kala I fase aktif deselerasi
E. Inpartu kala I fase aktif dilatasi maksimal
80.   Seorang perempuan umur 25 tahun hamil 9 bulan, datang ke Bidan Praktik Mandiri, mengeluh kenceng – kenceng dan keluar lendir darah dari kemaluannya. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan serviks 9 cm, Kulit ketuban negatif, presentasi kepala. Apakah diagnosis yang tepat untuk kasus diatas ?
A. Inpartu kala I fase laten     
B. Inpartu kalla I fase aktif   
C. Inpartu kala I fase aktif akselerasi
D. Inpartu kala I fase aktif deselerasi
E. Inpartu kala I fase aktif dilatasi maksimal
81.   Seorang Ibu umur 49 tahun datang ke bidan dengan keluhan pusing, berdebar-debar, sesak nafas, mudah tersinggung dan sulit tidur. ibu mengatakan sudah 3 bulan terakhir menstruasi tidak teratur. Apakah tindakan yang tepat pada kasus diatas?
A. Analgetik                            
B. Beri antibiotik
C. Kurangi aktifitas
D. Beri terapi hormonal
E. Mengkonsumsi fitoestrogen
82.   Seorang remaja berusia 17 tahun datang ke Bidan Praktek Mandiri mengeluh tidak datang bulan dalam waktu tiga bulan terakhir, sebelumnya haid teratur. Ia sedang menjalani Ujian Akhir dan mengaku sudah punya pacar, tidak pernah berhubungan seks dengan teman laki-lakinya. Apa penyebab terjadinya amenorhoe pada kasus diatas ?
A. Gangguan gizi                              
B. Ukuran uterus kecil                      
C. Gangguan psikologi
D. Gangguan hormonal
E. Infeksi alat reproduksi
83.  Seorang perempuan umur 23 tahun mengatakan hamil 4 bulan datang ke Puskesmas untuk memeriksakan kehamilannya. Ini adalah kehamilan pertamanya dan mengalami keputihan banyak. Dari hasil pemeriksaan di dapat TD : 110/70 mmHg, S: 37, R : 22 X/Menit, N : 80X/Menit, Vagina sudah infeksi dan berjamur. Apakah saran yang diberikan untuk membuat lingkungan vagina tidak terinfeksi jamur?
A. Diet Gula                            
B. Memakai sabun sirih                   
C. Makan sedikit sering
D. Banyak minum air putih
E. Konsumsi makanan bergizi
84.  Seorang perempuan datang ke Bidan pada tanggal 12 Mei 2012 untuk memeriksakan kehamilannya, dari data subyektif didapat perempuan tersebut sudah melakukan tes kehamilan dirumah dan hasilnya positif, HPHT tgl 3 Januari 2012. Bagaimanakan Perkembangan janin sesuai dengan kesus diatas?...
A. Quickening                                   
B. DJJ dilihat saat USG                    
C. Pankreas Berkembang
D. Jantung mulai terbentuk
E. DJJ terdengan oleh dopler
85.   Seorang perempuan umur 25 tahun melahirkan spontan di Rumah Sakit, plasenta lahir lengkap, kontraksi uterus baik, terdapat laserasi mengenai selaput mukosa vagina dan otot perineum tetapi tidak mengenai otot spingter ani. Derajat berapakah laserasi jalan lahir kasus diatas ?
A. Lecet
B. Derajat I
C. Derajat II                             
D. Derajat III                              
E. Derajat IV
86.   Seorang perempuan umur 30 tahun, telah melahirkan bayinya 6 jam, saat ini mengeluh masih merasakan mules dan nyeri di daerah luka pada jahitan perineum. Hasil pemeriksaan kondisi umumnya baik, TTV normal. Apakah topic konseling yang tepat diberikan pada kasus diatas?
A. ASI eksklusif
B. Gizi ibu menyusui
C. Infeksi masa nifas
D. Perawatan payudara
E. Tanda bahaya perdarahan       
87.   Seorang ibu membawa anaknya yang berusia 7 bulan ke Posyandu. Saat lahir berat badan anak adalah 3100 gram. Dan dilakukan pemantauan tumbuh kembang anak. Tahap perkembangan apa yang harus dicapai anak tersebut?
A. Berdiri satu kaki
B. Naik turun tangga            
C. Duduk tanpa bantuan               
D. Berdiri tanpa bantuan
E. Menyusun 2 atau 3 kotak
88. Seorang Bidan bertugas sebagai Kepala Ruang Bayi di sebuah Rumah Sakit. Bidan membimbing mahasiswa praktek dengan memberikan contoh penyuntikan imunisasi Hb0 pada bayi baru lahir sesuai standar serta mengajarkan disiplin dalam bekerja. Termasuk apakah peran yang dijalankan oleh bidan tersebut?
A. Peneliti
B. Pendidik
C. Pelaksana             
B. Pengelola              
E. Penolong
89.  Seorang perempuan umur 25 tahun mempunyai anak 1 berumur 1 tahun, datang ke Bidan Praktek Mandiri, akan memakai kontrasepsi karena untuk sementara belum ingin hamil dulu. Apakah tujuan pemakaian kontrasepsi pada kasus diatas ?
A. Menunda kehamilan                   
B. Mencegah kehamilan                  
C. Mengakhiri kesuburan
D. Menjarangkan kehamilan
E. Menghentikan kesuburan
90.   Seorang perempuan umur 29 tahun , belum ingin hamil lagi. Datang ke Bidan Praktik Mandiri, mengatakan tadi malam baru melakukan hubungan seksual pada masa subur padahal ia tidak menggunakan alat kontrasepsi. Apakah tindakan bidan pada kasus di atas ?
A. AKBK
B. Morning after pil
C. Kontrasepsi suntik
D. Kontrasepsi darurat
E. Kontrasepsi pil mini
91. Seorang perempuan umur 17 tahun , riwayat pernah melakukan hubungan seks dengan beberapa pria. Apakah resiko yang bisa diderita oleh perempuan tersebut ?
A. Kista                 
B. Abortus                        
C. Myometritis kronika
D. Inflamatory Deseases
E. Penyakit Menular Seksual
92. Seorang perempuan umur 30 tahun datang ke Bidan Praktik Mandiri, menyatakan ini kehamilan kedua pernah keguguran satu kali hamil 9 bulan. Hasil pemeriksaan dalam penurunan kepala setinggi tepi bawah simphisis. Dimana penurunan kepala bayi sesuai kasus diatas?
A. Hodge I                                                              
B. Hodge II                                              
C. Hodge III
D. Hodge IV
E. Belum masuk panggul
93. Seorang perempuan usia 25 tahun baru saja melahirkan anak kedua 2 hari yang lalu di Polindes, ibu mengeluh belum bisa BAB, lelah, cemas dan tidak bisa merawat anaknya, hasil pemeriksaan ibu nampak cemas, TTV normal. Bagaimanakah penatalaksanaan yang tepat untuk kasus diatas?
A. Minum Fe                               
B. Konsumsi vitamin                 
C. Makan makanan lunak
D. Konsumsi obat pelancar BAB
E. Makan makanan yang berserat
94. Seorang bidan di Puskesmas sedang memeriksa ibu hamil , sudah merasakan gerakan janin dan sering Buang air kecil. Mual muntah dipagi hari yang dirasakan sudah mulai berkurang, sesekali menginginkan makanan tertentu (mengidam). TFU 3 jari di bawah pusat. Manakah yang termasuk sebagai tanda pasti kehamilan dari kasus di atas?
A. Mengidam
B. Sering BAK
C. Mual Muntah
D. Gerakan Janin
E. TFU sesuai dengan umur kehamilan
95. Seorang perempuan umur 22 tahun menyusui bayinya yang berumur 1 bulan secara eksklusif, datang ke Bidan Praktik Mandiri menyatakan tidak mau menggunakan alat kontrasepsi tetapi belum hamil lagi. Oleh bidan disarankan menggunakan metode MAL. Apakah syarat supaya metode tersebut diatas efektif ?
A. Menyusui setiap 2 jam                                             
B. Menyusui secara on demand
C. Tidak menyusi secara ekslusif                   
D. Frekuwensi menyusui 4 kali sehari
E. Bekerja dan terpisah dari bayi lebih dari 4 jam
96. Seorang ibu datang ke Posyandu membawa bayinya yang berusia 3 bulan. Saat ini kondisi fisik bayi dalam keadaan sehat. Apakah Imunisasi yang tepat pada bayi tersebut ?
A. DPT II, HepBI, Polio III
B. DPT I, Hep B II, Polio II                     
C. DPT I, Hep B I, Polio III
D. DPT II, Hep B II, Polio III
E. DPT II, Hep B III, Polio III                  
97. Seorang perempuan usia 18 tahun, 3 bulan terakhir siklus haid teratur tetapi jumlah darah sangat banyak disertai bekuan dan rasa sakit yang hebat. Apakah diagnosa yang tepat pada kasus di atas ?
A. Amenorhoe
B. Metrorhagia                            
C. Mennorhagia                                    
D. Oligomenorhoe
E. Hipermenorhoe
98. Seorang perempuan sudah berada di Bidan Praktik Mandiri sejak 6 jam yang lalu, mengeluh ingin meneran dan merasa ingin buang air besar, setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan pembukaan lengkap, perineum menonjol, Kulit ketuban pecah berwarna jernih, ibu ingin meneran kuat alat dan penolong sudah siap. Manakah Pencatatan yang tepat pada kolom partograf dari kasus diatas?
A. J                                               
D. U
B. D                                                           
E. K
C. M
99. Seorang perempuan umur 24 tahun melahirkan 3 hari yang lalu, datang ke BPM. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan data TD 120/80 mmHg, nadi 84 kali/menit, R 24 x/menit suhu 37oC ASI keluar lancar, TFU pertengahan pusat simpisis, lochea berwarna kuning kecoklatan, mengeluh sering kencing dan banyak berkeringat. Perubahan system apakah yang berkaitan dengan keluhan pada kasus diatas?
A. Endokrin                     
B. Sistem urinaria          
C. Sistem pernafasan
D. Sistem gastroitestinal
E. Sistem kardiovaskuler
100. Seorang perempuan datang ke Bidan praktik mandiri untuk memeriksakan kehamilannya, ibu menyatakan Umur kehamilan 8 bulan. Hasil pemeriksaan didapat varises pada kaki dan sakit untuk berjalan. Bagaimanakah cara mengatasi ketidaknyamanan pada kasus di atas?
A. Duduk tegak                           
B. Minum teh herbal                  
C. Gunakan kasur keras
D. Hindari bediri terlalu lama
E. Berbaring posisi terlentang
101. Pasangan suami istri umur 25 dan 20 tahun datang ke Bidan Praktik Mandiri menyatakan selama ini menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsinya tetapi belum mengetahui lebih banyak tentang efek samping yang bisa ditimbulkan. Apakah efek samping dari kontrasepsi yang digunakan pada kasus diatas ?
A. Alergi
B. Infeksi                                                                                       
C. Akpulsi
D. Spotting
E. Amenorhea
102. Seorang anak berumur 2 tahun dibawa oleh orang tuanya ke Bidan Praktek Mandiri untuk pemantauan rutin. Orang tua ingin mengetahui bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Berapa pertumbuhan gigi normal pada kasus diatas?
A. 20 gigi susu
B. 6-8 gigi susu                
C. 8-10 gigi susu                                    
D. 10-12 gigi susu
E. 14-16 gigi susu
103. Seorang bidan melaksanakan kunjungan rumah pada Bayi yang lahir 2 hari yang lalu. Hasil pemeriksaan didapatkan Keadaaan Umum baik, dapat menyusu secara adekuat dan tali pusat berbau dan kotor. Apakah konseling yang tepat diberikan pada ibu dan keluarga pada kasus diatas?
A. Jaga kehangatan
B. Pemberian imunisasi                                   
C. Cara menyusui yang benar                        
D. Perawatan tali pusat yang benar
E. Anjurkan tetap memberikan ASI
104. Seorang perempuan, umur 26 tahun saat ini haid hari kedua datang ke Bidan Praktek Mandiri menyatakan ingin memakai KB Pill. Setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan kontra indikasi sehingga bidan memberikan pil dan menjelaskan cara minum pil. Informasi apakah yang perlu disampaikan Bidan pada kasus tersebut?
A. Dapat melakukan senggama 2 jam setelah minum pil
B. Minum pil setiap hari jangan sampai ada tablet yang lupa
C. Jika mutah pada 1 jam setelah minum pil perlu minum pil baru
D. Selama 7 hari pemakaian pertama, perlu menggunakan kondom
E. Minum pil pada jam yang sama, terlambat 1 jam harus minum 2 pil
105. Seorang perempuan umur 24 tahun, tanggal 7 Februari 2012 datang ke bidan praktik mandiri, menyatakan terlambat haid sejak 20 Desember 2011, mengeluh sering buang air kecil, hasil pemeriksaan ditemukan payudara tegang, areola mamme menghitam, terdapat linea nigra. Kapankah perkiraan lahir pada kasus di atas ?
A. 28 Oktober 2012
B. 27 Oktober 2012
C. 26 September 2012              
D. 27 September 2012
E. 27 November 2012
106. Seorang perempuan melahirkan anak pertama 8 hari yang lalu. Setelah dilakukan pemeriksaan didaptkan dara TD 120/70 mmHg, suhu 37o C, nadi 78 x/menit, R 20 x/menit, lochea yang keluar normal. Bagaimanakah jenis locheanya?
A. Lochea alba                           
B. Lochea rubra                          
C. Lochea serosa
D. Lochea cruenta
E. Lochea puruilenta
107. Seorang perempuan berumur 37 tahun hamil yang ke 3, datang ke Rumah Sakit mengeluh kenceng-kenceng dan keluar lendir darah. Hasil pemeriksaan TFU 36 cm, janin tunggal, hidup, intra uterin, puka, preskep, kepala sudah masuk panggul, pembukaan lengkap, uuk jam 12 , kontraksi 5x dalam 10 menit, lama 40 detik, kulit ketuban positif. Apakah risiko yang dapat terjadi pada kasus tersebut ?
A. Partus lama
B. Distosia bahu                                   
C. Partus tak maju                                  
D. Partus praecipitatus
E. Posisio Oksipito posterior
108. Seorang perempuan usia 20 tahun, 3 bulan terakhir siklus haid teratur tetapi jumlah darah sangat banyak disertai bekuan. Penatalaksanaan apa yang perlu diberikan pada kasus diatas?
A. Kalsium
B. Vitamin E                                
C. Vitamin C                                   
D. Vitamin D
E. Tablet besi
109. Seorang perempuan hamil 9 bulan datang ke puskesmas mengatakan perut keceng – kenceng dari pinggang ke perut bagian depan yang semakin lama, semakin sering dan semakin sakit hingga ibu menangis setiap timbul kontraksi. Apakah asuhan sayang ibu yang diberikan pada kasus diatas?
A. Berbicara dengan lemah lembut dan sopan
B. Menganjurkan ibu untuk makan dan minum
C. Menganjurkan ibu untuk memilih posisi yan dikehendaki ibu
D. Memberikan pujian pada ibu terhadap tindakan positif yang ibu lakukan
E. Mengajarkan teknik relaksasi dengan cara tarik nafas panjang pada saat kontraksi
110. Seorang perempuan telah melahirkan 15 menit yang lalu di ditempat bidan praktik mandiri, mengatakan sangat senang dengan kelahiran bayinya karena ini merupakan anak pertama yang sudah lama di nantikan. Apakah kebutuhan aktualisasi diri ibu yang harus dipenuhi oleh bidan pada kasus tersebut?
A. Menganjurkan ibu untuk istirahat cukup
B. Memberikan informasi mengenai perawatan bayi
C. Memberikan ucapan selamat atas kelahiran anaknya
D. Menganjurkan keluarga untuk membantu perawatan bayi
E. Menganjurkan ibu untuk makan dan minum sesuai dengan keinginan ibu
111. Seorang remaja putri yang memasuki usia pubertas sedang mengalami perkembangan pada organ-organ reproduksi. Dia sudah mengalami menstruasi dan kelenjar keringatnya menyebabkan bau badannya tidak sedap, tumbuh bulu ketiak dan pubis, suaranya menjadi lembut. Manakah yang termasuk tanda seks primer pada kasus diatas?
A. Menstruasi                              
B. Tumbuh bulu ketiak                       
C. Suara menjadi lembut
D. Panggul menjadi besar
E. Tumbuh rambut pada pubis
112. Seorang remaja putri, usia 14 tahun mengeluh nyeri dan tegang pada payudara, mudah marah, setiap sebelum menstruasi. Dia merasa terganggu dengan keadaan ini. Disebut apakah gejala diatas ?
A. Puberche
B. Mastalgia                    
B. Menarche                               
C. Dismenorhoe
E. Pre menstrual sindrom
113. Seorang perempuan umur 25 tahun hamil pertama, datang ke bidan praktik mandiri tanggal 7 April 2012 menyatakan terlambat haid sejak 2 Februari 2012, mengeluh sering buang air kecil, hasil pemeriksaan TD 100/70 mmHg, nadi 80 x/menit, RR 24x/menit. Berapakah umur kehamilan pada kasus diatas ?
A. 9 minggu 2 hari
B. 9 minggu 5 hari
C. 9 minggu 3 hari
D. 9 minggu 6 hari
E. 9 minggu 4 hari
114. Seorang perempuan umur 28 tahun hamil 24 minggu datang ke Posyandu. Dari hasil pemeriksaan didapatkan hasil : TD = 120/80 mmHg, N = 80x/menit, S = 36,5°C, RR = 24x/menit, Lila = 24 cm. Berapakah tinggi fundus uteri yang normal pada kasus diatas ?
A. setinggi pusat
B. 3 jari diatas pusat
C. pertengahan simpisis & pusat
D. 3 jari di bawah proxesus xypoideus
E. pertengahan pusat dan prosesus xypoideus
115. Seorang perempuan melahirkan 1 jam yang lalu, plasenta dan selaput ketuban lahir dengan lengkap, ibu telah menyusui bayinya dan sekarang sedang istirahat. Bagaimanakah asuhan yang diberikan pada kasus diatas?
A. Menilai adanya tanda-tanda infeksi
B. Mendorong untuk selalu menyusui
C. Mencegah perdarahan karena atonia uteri
D. Memastikan involusi uterus berjalan normal
E. Memastikan mendapatkan nutrisi yang cukup
116. Seorang perempuan umur 36 tahun melahirkan anak kelima, plasenta lahir lengkap. Perdarahan 500 cc, kontraksi uterus lembek, TFU setinggi pusat, TD 100/70 mmHg, keadaan umum lemah, nadi 100x/menit. Apakah diagnose yang tepat pada kasus diatas?
A. Involusi                                   
B. Atonia uteri
C. Ruptur uteri                
D. Inersia uteri
E. Tetania uteri
117. Seorang bayi lahir 6 jam yang lalu di Bidan Praktek Mandiri. Saat ini Bidan akan memandikan bayi di mana kipas angin ruangan masih menyala. Beberapa saat kemudian bayi mengalami hipotermi. Bagaimanakah mekanisme kehilangan panas yang dapat terjadi pada bayi tersebut?
A. Kohesi
B. Radiasi
C. Konveksi
D. Konduksi                    
E. Evaporasi
118. Seorang ibu membawa anaknya yang berumur 4 bulan karena ingin mengetahui keadaan tumbuh kembangnya. Anak lahir spontan, jenis kelamin perempuan, berat badan lahir 3 kg, panjang badan 50cm. hasil pemeriksaan fisik tidak ada kelainan. Bagaimanakah cara menstimulasi kemampuan bersosialisasi dan kemandirian anak?
A. Mengajak tersenyum
B. Memberi mainan bola
C. Diajak bermain ci-luk-ba
D. Menoleh ketika dipanggil
E. Diajak mendengarkan suara                       
119. Seorang perempuan umur 22 tahun, datang ke Bidan Praktik Mandiri, merupakan akseptor baru pil kombinasi. Bagaimanakah cara kerja kontrasepsi yang digunakan pada kasus diatas ?
A. Mempercepat ovulasi
B. Menginaktifkan sperma
C. Mengentalkan lendir servik
D. Menekan sekresi gonadotropin
E. Menekan sintesis steroid seks di ovarium
120. Seorang perempuan umur 32 tahun, datang ke Bidan Praktik Mandiri sesuai jadwal suntikan, mengeluh setelah menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan selama 2 tahun berat badan bertambah 5 kg dan bermaksud untuk mengganti dengan kontrasepsi IUD, hasil pemeriksaan semua normal. Kapankah kontrasepsi IUD tersebut dapat di pasang ?
A. Setiap saat                  
B. dalam siklus haid      
C. Hari ke 2 – 7 haid
D. Menunggu haid datang
E. Saat ini langsung dipasang
121. Seorang wanita datang ke puskesmas mengeluh mules dan kenceng – kenceng teratur yang semakin lama semakin sakit, hasil pemeriksaan dalam didapatkan porsio tipis, lunak, pembukaan 5 cm, selaput ketuban sudah pecah, presentasi belakang kepala namun disamping itu teraba bagian janin berdenyut, penurunan kepala hodge II. Apakah diagnosa pada kasus inpartu diatas?
A. Inpartu Kala I fase aktif dengan IUFD
B. Inpartu Kala I fase aktif dengan IUGR
C. Inpartu Kala I fase aktif dengan gawat janin
D. Inpartu Kala I fase aktif dengan tali pusat terkemuka
E. Inpartu Kala I fase aktif dengan tali pusat menumbung
122.    Seorang perempuan umur 18 tahun melahirkan 1 minggu yang lalu. Datang ke Bidan Praktik Mandiri mengatakan mudah menangis dan tidak sabar bila melihat bayi menangis. Bidan memberikan konseling tentang kondisinya dan kasus serupa. Apakah jenis komunikasi yang tepat pada kasus diatas?
A. Komunikasi Evaluasi                                 
B. Komunikasi Diskripsi                                 
C. Komunikasi Superioritas
D. Komunikasi Pengendalian
E. Komunikasi kesederajatan
123.    Seorang perempuan umur 28 tahun hamil pertama hamil 9 bulan Pola nutrisi baik. Sekarang mulai mengurangi aktivitas rumah. Berat badan sebelum hamil 45 kg TB. 150cm TFU 32 cm kepala sudah masuk PAP. Berapakah taksiran berat janin pada kasus di atas?
A. 3100 gram                                        
B. 3255 gram                                         
C. 3410 gram
D. 3500 gram
E. 3550 gram
124. Seorang perempuan, umur 26 tahun anak 1 umur 8 bulan datang ke Bidan Praktek Mandiri menyatakan ingin memakai KB Pill yang tidak mengganggu ASI, rencana memberikan ASI sampai anak umur 2 tahun. Saat ini haid ini hari kedua.setelah dilakukan pemeriksaan bidan memberikan pil dan menjelaskan cara minum pil. Informasi apakah yang perlu disampaikan Bidan pada kasus tersebut?
A. Dapat melakukan senggama 2 jam setelah minum pil
B. Minum pil setiap hari jangan sampai ada tablet ada yang lupa
C. Jika mutah pada 1 jam setelah minum pil perlu minum pil baru
D. E. Selama 7 hari pemakaian pertama, perlu menggunakan kondom
E. Minum pil pada jam yang sama, terlambat 1 jam harus minum 2 pil
125.    Seorang perempuan datang ke bidan praktik mandiri, mengeluh mules dan kenceng – kenceng teratur yang semakin lama semakin sakit, dan sudah ingin mengejan, hasil pemeriksaan terlihat vulva membuka, ada tekanan pada anus dan perineum tampak menonjol. Apakah tindakan yang harus dilakukan oleh bidan ?
A. Memimpin ibu untuk mengejan
B. Melakukan masase untuk mengurangi rasa nyeri
C. Memberikan kesempatan ibu untuk memilih posisi mengedan
D. Menganjurkan ibu untuk makan dan minum saat ada kontraksi
E. Melakukan pemeriksaan dalam untuk memastikan pembukaan lengkap
126.  Seorang perempuan umur 19 tahun hari ketiga post partum. Bidan melakukan kunjungan rumah, Ibu mengatakan bayi rewel saat disususi. Bidan melakukan konseling kepada keluarga. Bidan menyampaikan permasalahan bahwa ibu tidak menyusui bayinya dengan teknik yang benar. Apakah teknik konseling yang tepat pada kasus diatas?
A. Directed
B. Client Center                                     
C. Interpersonal
D. Non directed
E. Provider Center
127. Seorang perempuan umur 25 tahun hamil pertama, datang ke bidan praktik mandiri tanggal 7 April 2012 menyatakan terlambat haid sejak 2 Februari 2012, mengeluh sering buang air kecil, hasil pemeriksaan TD 100/70 mmHg, nadi 80 x/menit, RR 24x/menit. Kapan pasien tersebut dianjurkan untuk kunjungan ulang ?
A. 2 bulan
B. 1 minggu                              
C. 4 minggu
D. 2 minggu                              
E. 3 minggu
128.    Seorang Ibu melahirkan 1 menit yang lalu di Bidan Praktek Mandiri dengan umur kehamilan 42 minggu. Keadaan bayi tidak bernapas secara spontan. Apakah tindakan segera yang harus diberikan pada bayi tersebut
A. Segera beri O2
B. Segera lakukan komprsi dada
C. Segera dirujuk ke Rumah Sakit
D. Segera berikan injeksi epinephrin
E. Segera berikan cairan infus dextrose
129.    Seorang perempuan umur 23 tahun, hamil kedua, umur kehamilan 9 bulan , datang ke bidan praktik mandiri pada pukul 08.00 dengan keluhan kenceng-kenceng. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan 5 cm penurunan kepala di H II. His 2-3x/10 menit, lama 30 detik. Kapan pemeriksaan dalam dilakukan lagi oleh Bidan?
A. Pukul 10.00 Wib                  
B. Pukul 13.00 Wib
C. Pukul 11.00 Wib                 
D. Pukul 14.00 Wib
E. Pukul 12.00 Wib
130.    Seorang Bidan menjadi kepala bangsal nifas di suatu Rumah Sakit. Dalam meningkatkan pelayanan Bidan membuat rencana kegiatan, struktur tugas bidan di bangsal nifas, dan prosedur kerja pelayanan nifas yang harus ditaati seluruh bidan di bangsal. Bagaimanakah gaya kepemimpinan yang tepat pada kasus diatas?
A. Otokratis
B. Konsultatif
C. Demokratis                           
D. Konsiderasi
E. Inisiasi struktur
131.    Seorang perempuan umur 23 tahun hamil kedua datang ke tempat bidan dengan keluhan sering kencing lebih dari biasanya. Dari hasil pemeriksaan didapatkan; TD : 110/70 mmHg, N : 80x/menit, S : 36.4 0C, RR : 24 X/menit, LILA : 23 cm. HPHT 30 september 2010. Apakah tindakan yang tepat untuk mengatasi keluhan tersebut ?
A. Gunakan teknik relaksasi
B. Mengurangi minum air putih
C. Membiasakan buang air secara teratur
D. Penjelasan mengenai sebab terjadinya keluhan
E. Mendorong postur tubuh yang baik melakukan pernapasan inter kostal
132.    Seorang bidan sedang menata obat-obatan imunisasi di almari es. Saat ini bidan akan memasukkan imunisasi BCG. Berapakah suhu yang tepat untuk penyimpanan vaksin tersebut ?
A. < 2◦C                                     
B. > 30◦C
C. 2 – 8◦C                                  
D. 10-15 ◦C
E. 20 – 30◦C
133.    Seorang perempuan umur 26 tahun datang ke rumah sakit hamil pertama kali umur kehamil 9 bulan hasil pemeriksaan dalam pembukaan lengkap, penurunan kepala di Hodge IV,sudah dipimpin mengejan sejak 2 jam yang lalu bayi belum lahir. Apakah diagnosa yang tepat untuk kasus diatas?
A. Precipitatus                          
B. Partus Lama
C. Partus Macet
D. Partus normal
E. Partus Tak maju
134.    Seorang Bidan lulusan D III ditempatkan di suatu desa. Bidan dengan kecakapannya melakukan pembinaan kepada kader untuk dapat mendeteksi adanya tanda tanda bahaya pada masa nifas. Apakah ciri bidan yang tepat pada kasus diatas?
A. Jabatan Teknisi
B. Jabatan Struktural
C. Jabatan Fungsional
D. Jabatan Profesional                     
E. Jabatan terprogram
135.    Seorang perempuan umur 30 th hamil kedua sudah melahirkan dua kali usia kehamilan 9 bulan, datang ke Bidan Praktik mandiri dengan keluhan kenceng-kenceng sering sejak tadi pagi, hasil pemeriksaan didapatkan pembukaan 5 cm. Kulit ketuban utuh penurunan Hodge II. Apakah tindakan yang dapat dilakukan oleh bidan?
A. Memecah ketuban
B. Ibu dianjurkan jalan-jalan
C. Ibu diajurkan tidur miring
D. Melarang ibu untuk makan
E. Melarang ibu untuk minum
136.    Di sebuah desa terdapat 2 kasus abses payudara. Berdasarkan wawancara didapatkan bahwa ibu nifas sudah menkonsultasikan kondisinya kepada kader namun kader menyampaikan bahwa itu adalah kondisi normal pada ibu menyusui, akhirnya ibu menyusui datang ke bidan dengan kondisi payudara sudah mengalami abses. Apakah tindakan yang dilakukan bidan pada kasus diatas?
A. Refresing kader                 
B. Mengganti kader
C. Peremajaan kader
D. Bagi hasil bagi kader                       
E. Pemberian sanksi bagi kader
137.    Seorang perempuan umur 29 tahun, hamil ke dua. Persalinannya dahulu secara spontan, saat ini mengeluh sering sesak nafas saat tidur. Dari hasil pemeriksaan TD 120/ 80 mmHg, TFU 3 jari di atas pusat, puka, preskep, DJJ 140 x/ menit. Apakah konseling yang tepat untuk mengurangi keluhan kasus tersebut ?
A. Latihan jongkok                   
B. Latihan pernafasan                        
C. Latihan berdiri yang benar
D. Latihan mengangkat beban
E. Latihan bangun tidur yang benar
138.    Seorang ibu melahirkan bayinya 2 jam yang lalu di Bidan Praktek Mandiri. Ketika nampak cairan kekuningan keluar dari payudaranya, keluarga menyarankan ibu untuk membuangnya dan menunggu sampai ASI keluar. Apakah konseling yang tepat pada keluarga?
A. ASI eksklusif
B. Pemberian PASI
C.             Manfaat kolostrum
B. Perawatan payudara                                    
C. Cara menyusui yang benar
139.    Seorang perempuan datang ke tempat bidan tanggal 10 April 2012, dri informasi yang didapatkan HPHT 10 Januari 2012. Saat ini tidak ada keluhan, dari pemeriksaan TFU 2 jari diatas symphisis, TD 100/ 80 mmHg, Nadi 80 x/ menit, RR 24 x/ menit. Bagaimanakah pertumbuhan janin saat ini ?
A. Tumbuh lanugo
B. Jantung terbentuk
C. Permukaan kulit merah
D. Mulai tumbuh lengan dan tungkai          
E. Lapisan lemak menebal dibawah kulit               
140. Seorang bayi lahir spontan 2 jam yang lalu, ditolong oleh Bidan dengan berat lahir 2500 gram, menangis kuat, tidak ditemukan adanya kelainan, dan pada vagina terdapat cairan mucus kental berwarna keputihan. Disebut apakah cairan pada vagina bayi tersebut?
A. Milia                                       
B. Molase
C. Flour albus
D. Akrosianosis
E. Pseudomenorrhea
141. Seorang perempuan melahirkan anak ke-3 di puskesmas. Setelah plasenta lahir lengkap, 1 jam kemudian terjadi perdarahan banyak dari vagina lebih dari 500cc. Konsistensi uterus lunak, ibu tampak lemah, tekanan darah 90/60 mmHg, nadi 94 x/menit. Bidan melakukan KBI dan perdarahan pun berhenti. Apakah evaluasi selanjutnya yang dilakukan bidan untuk kasus diatas?
A. Melakukan KBE                              
B. Melakukan rujukan                         
C. Pengawasan kala IV
D. Melakukan kolaborasi
E. Memberikan suntikan uterotonika
142. Seorang perempuan umur 35 tahun, melahirkan bayi kelima normal sebulan yang lalu. Ibu sehat namun selalu murung, mudah marah dan tidak mau menyusui bayinya. Apakah diagnosis yang tepat pada kasus diatas?
A. Baby blues                           
B. Post partal blues
C. Depresi post partum                                            
D. Psikosa post partum
E. Skizofrenia post partum
143.    Seorang perempuan datang ke bidan praktik mandiri dengan keluhan sering kencing dan merasa khawatir jika bayinya cacat, setiap malam dia bermimpi tentang bayinya. Hasil pemeriksaan leopold TFU 3 Jari dibawah prosesus xipoideus, teraba besar, lunak dan bulat, kepala sudah masuk panggul.
Apakah adaptasi psikologi yang terjadi pada kasus tersebut?
A. Ambivalen terhadap kehamilannya
B. Kecemasan terhadap kehamilannya
C. Penerimaan terhdap kehamilannya
D. Perubahan citra tubuh akibat kehamilannya
E. Respon emosional ibu terhadap kehamilannya
144. Seorang ibu memeriksakan bayinya yang berumur 7 hari ke Posyandu. Berat badan normal, tidak terdapat tanda-tanda kelainan dan tanda bahaya. Berapakah frekuensi BAK normal pada bayi tersebut ?
A. 1-2 x/hari                               
B. 3-6 x/hari                               
C. >15x/hari
D. 7-10 x/hari
E. 12 – 15 x/hari
145. Seorang bidan baru pertama kali bertugas di desa terpencil, berdasarkan informasi di desa kematian bayi dan ibu cukup tinggi karena masih banyak pertolongan persalinan yang ditolong dukun. Bidan bersama pemuka masyarakat mengkaji kebutuhan untuk melaksanakan program yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak yang ada didesa. Apakah peran bidan dalam melaksanakan tugas nya?
A. Peneliti                                  
B. Pendidik
C. Pengelola
D. Pelaksana                
E. Investigator
146.    Seorang bidan yang bertugas disebuah desa terpencil, datang kerumah ibu yang mengalami perdarahan post partum setelah melahirkan bayinya yang pertama dirumah, ibu tersebut menolak untuk diberikan suntikan uterotonika. Namun bidan tetap memaksakan pasiennya untuk disuntik, yang akhirnya pasien pun mau. Termasuk apakah keputusan yang dilakukan bidan berdasarkan kasus diatas?
A. Malpraktek                            
B. Deontologi                          
C. Instusional
D. Beneficience
E. Mal-eficience
147. Seorang bidan desa selalu melakukan kunjungan rumah lengkap dengan memberikan asuhan sesuai dengan kebutuhan ibu nifas. Termasuk kewajiban bidan terhadap siapakah sesuai kasus diatas?
A. Klien                                      
B. Tugas                                                
C. Profesi
D. Negara
E. Diri sendiri
148.    Seorang perempuan melahirkan anak pertama sebulan yang lalu di Rumah Sakit. Saat ini bekerja di swalayan yang jauh dari rumahnya. Setiap hari merasakan nyeri dan bengkak pada payudaranya. Apakah rencana yang sesuai untuk mengatasi masalah pada kasus diatas?
A. Penyuluhan ASI eksklusif
B. Penyuluhan Pengeluaran ASI
C. Penyuluhan diet pada ibu nifas
D. Penyuluhan menurunkan produksi ASI
E. Penyuluhan penggunaan BH yang benar
149.    Seorang perempuan datang ke Rumah Sakit tanggal 1 Oktober 2011 untuk memeriksakan kehamilannya. HPHT 17 Juli 2011. Ibu mengeluh nyeri perut dan keluar darah dari kemaluan. Dari pemeriksaan didapat hasil belum ada pembukaan serviks. Apakah diagnosis kasus tersebut?
A. Miss Abortion
B. Mola hidatidosa
C. Abortus insipiens
D. Abortus Imminens
E. Abortus Inkomplit
150.    Seorang perempuan datang ke Rumah sakit tanggal 1 Oktober 2011 untuk memeriksakan kehamilannya. HPHT 17 Juli 2011.Ibu mengeluh nyeri perut dan keluar darah dari kemaluan. Dari pemeriksaan didapat hasil belum ada pembukaan serviks. Bagaimanakah penatalaksanaan kasus tersebut?
A. VT
B. Bed rest
C. Curetage
D. Pemasangan laminaria stiff                                  
E. Bersihkan uterus dengan cara digital                 
151. Seorang bayi baru saja lahir di Bidan Praktek Mandiri dengan usia kehamilan 39 minggu, lahir spontan, menangis keras, terdapat vernik caseosa dengan berat badan 2900 gram. Apakah tindakan pertama yang harus dilakukan penolong?
A. Segera mandikan bayi
B. Segera potong tali pusat
C. Segera keringkan tubuh bayi                
D. Segera bungkus ke tali pusat
E. Segera berikan buli – buli panas
152. Setiap bulan seorang Ibu selalu membawa anaknya berkunjung ke Posyandu untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Saat ini bayi tersebut berumur 1 tahun. Berat badan waktu lahir 3200 gram. Berapakah berat badan normal bayi tersebut?
A. 15 kg
B. 6,4 Kg
C. 9,6 Kg
D. 4,0 Kg                        
E. 12,8 kg
153. Seorang bidan bertugas sebagai pembimbing praktik mahasiswa di Rumah Sakit, bidan memberikan pembelajaran kepada mahasiswa tentang Asuhan persalinan normal. Apakah peran bidan dalam melaksanakan tugas nya?
A. Peneliti                      
B. Pendidik
C. Pelaksana
D. Pengelola
E. Investigator
154. Seorang perempuan umur 34 tahun melahirkan 3 hari yang lalu di Rumah Sakit. Saat ini mengatakan payudaranya terasa nyeri. Hasil pemeriksaan payudara bengkak. Bayi meninggal umur dua hari. Apakah asuhan yang tepat pada kasus diatas?
A. Diberikan kompres hangat
B. Dilakukan pengeluaran ASI
C. Diberikan paracetamol per oral
D. Diberikan antibiotic dosis tinggi
E. Dilakukan pengurutan payudara
155.    Seorang perempuan datang ke Rumah sakit untuk memeriksakan kehamilannya mengatakan hamil 3 bulan mengeluh keluar darah dari kemaluan dan terdapat gumpalan seperti daging. Hasil pemeriksaan ada pembukaan serviks dan terdapat sisa jaringan tubuh janin di dalam uterus. Apakah diagnosis kasus tersebut?
A. Miss Abortion
B. Mola hidatidosa
C. Abortus Inkomplit
D. Abortus insipiens                
E. Abortus Imminens               
156. Seorang bayi baru saja lahir di Bidan Praktek Mandiri dengan usia kehamilan 39 minggu, lahir spontan, menangis keras, terdapat vernik caseosa dengan berat badan 2900 gram. Apakah tindakan pertama yang harus dilakukan penolong?
A. Segera mandikan bayi
B. Segera potong tali pusat
C. Segera bungkus talli pusat
D. Segera keringkan tubuh bayi
E. Segera berikan buli – buli panas
157. Seorang perempuan usia 30 tahun datang ke Rumah Sakit hamil 9 bulan, janin tunggal, hidup intra uterin, dengan presentasi kepala. Taksiran berat janin 4200 gram. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan sudah lengkap, kepala turun hodge IV. Setelah dipimpin meneran selama 45 menit akhirnya kepala lahir, namun bahu anterior macet diatas symphisis pupis, ibu terlihat kelelahan. Apakah penyebab terjadinya penyulit untuk kasus diatas?
A. Kelelahan                             
B. Makrosomia
C. Posisi tidak tepat
D. Kepala turun Hodge IV
E. Cara meneran yang salah
158. Seorang perempuan umur 35 tahun melahirkan anak keempat 3 hari yang lalu datang ke BPM mengatakan lemah dan pusing. Riwayat persalinan ibu mengalami retensio plasenta. Pemeriksaan fisik terdapat konjungtiva pucat. Apakah pemeriksaan penunjang yang diperlukan pada kasus diatas?
A. Leukosit
B. Trombosit
C. Gula Darah
D. Haemoglobin                                  
E. Plasma darah                                  
159. Seorang perempuan hamil 3 bulan datang ke Rumah sakit mengeluh keluar darah dari kemaluan disertai gumpalan seperti daging. Hasil pemeriksaan didapatkan ada pembukaan serviks dan terdapat sisa jaringan tubuh janin di dalam uterus. Apakah diagnosis banding kasus di atas?
A. Miss Abortion
B. Mola Hidatidosa
C. Abortus insipiens                          
D. Abortus Inkomplit
E. Kehamilan Ektopik
160. Setiap bulan seorang Ibu selalu membawa anaknya berkunjung ke Posyandu untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Saat ini bayi tersebut berumur 1 tahun. Berapakah jumlah gigi susu yang seharusnya dimiliki bayi tersebut?
A. 6-8 gigi susu
B. 4-6 gigi susu
C. 2-4 gigi susu                                    
D. 8 -10 gigi susu                    
E. 10 -12 gigi susu
161. Bidan praktik mandiri kunjungan kerumah seorang perempuan yang telah melahirkan 1 jam yang lalu ditolong dukun, plasenta belum lahir. Bidan telah memberikan suntikan oksitosin dan melakukan PTT, namun plasenta belum juga keluar. Hasil pemeriksaan, TD 100/60 mmHg, nadi 98 x/menit, keluar darah dari jalan lahir sebanyak 500 ml. Tindakkan apakah yang dapat dilakukan bidan pada kasus diatas?
A. Melakukan KBI
B. Melakukan rujukan
C. Melakukan manual plasenta
D. Melakukan kolaborasi dengan bidan senior
E. Melakukan kolaborasi dengan dokter SpOG
162. Seorang perempuan, berusia 32 tahun datang ke Rumah Sakit hendak melahirkan. Berdasarkan anamnesa ibu sudah merasakan adanya dorongan mengejan, kontrasi teratur sejak 8 jam yang lalu. Hasil pemeriksaan pembukaan lengkap, kulit ketuban positif, teraba sacrum , penurunan di hodge III kontraksi 4 x/10 menit, lama 40 menit TBJ 3000gram. Apakah tindakan pertolongan persalinan pada kasus diatas ?
A. Manual aid                           
B. Bedah caesar
C. Bicken Bach’s
D. Spontan brach                   
E. Persalinan normal
163. Seorang perempuan hamil 3 bulan datang ke Rumah sakit mengatakan mengeluh keluar darah dari kemaluan disertai gumpalan seperti daging. Hasil pemeriksaan ada pembukaan serviks dan terdapat sisa jaringan tubuh janin di dalam uterus. Bagaimanakah penatalaksanaan kasus tersebut?
A. Bed rest
B. Curetage
C. Secsio sesaria
D. Pemasangan laminaria stiff                                  
E. Bersihkan uterus dengan cara digital                 
164. Seorang perempuan hamil 7 bulan datang ke Rumah sakit mengeluh gerakan janin terasa lebih sering. Dari pemeriksaan didapat hasil uterus lebih besar dari usia kehamilan, teraba 3 bagian besar janin dan DJJ terdengar di 2 tempat yang berbeda. Apakah diagnosis kasus tersebut?
A. Asma                                     
B. Gemelli
C. Hidramnion
D. Hamil Anggur                                  
E. Hamil normal
165. Seorang perempuan, berusia 25 tahun datang ke Rumah Sakit mengatakan ingin meneran. Hasil pemeriksaan dalam pembukaan lengkap,ketuban pecah spontan, tampak vulva yang membuka dan tekanan pada anus serta perineum menonjol. Apakah tindakan yang tepat untuk kasus diatas ?
A. Amniotomi                                        
B. Pimpin meneran                            
C. Membersihkan perineum
D. Pengosongan kandung kemih
E. Melakukan pemeriksaan awal
166. Seorang perempuan hamil 6 bulan datang ke Bidan praktik mandiri. Hasil pemeriksaan uterus lebih besar dari usia kehamilan, teraba 3 bagian besar janin dan terdengar 2 DJJ. Bidan menyarankan keluarga untuk memeriksakan pasien ke dokter spesialis kandungan. Apakah komplikasi yang sering terjadi pada kasus tersebut?
A. Hipertensi
B. Hidramnion
C. Oligohidramnion
D. Ketuban pecah dini                                    
E. Persalinan premature                               
167. Seorang perempuan hamil 9 bulan, datang ke bidan praktik mandiri mengeluh kenceng - kenceng, hasil pemeriksaan TD : 120/80 mmHg, N : 84 x/mnt, RR : 20 x/mnt, Palpasi : TFU 27 cm, punggung kanan, kepala sudah masuk 3/5, DJJ : 146 x/mnt, kontraksi : 3 x 10 menit, durasi 30 detik, pemeriksaan dalam pembukaan servik 5 cm, kulit ketuban positif , presentasi kepala. Apakah diagnosis untuk kasus diatas?
A. Inpartu kala I fase aktif
B. Inpartu kala II fase laten                
C. Inpartu kala III aktif akselerasi
D. Inpartu kala I fase aktif deselerasi
E. Inpartu kala I fase aktif dilatasi maximal
168. Seorang perempuan hamil 3 bulan datang ke Rumah sakit. mengeluh mual muntah terus menerus. Dari pemeriksaan KU lemah, turgor kulit kembalinya lambat, lidah kering dan kotor, napas berbau Aseton. Apakah diagnosis kasus tersebut?
A. Morning Sickness
B. Emesis gravidarum
C. Hiperemesis Gravidarum Grade I             
D. Hiperemesis Gravidarum Grade II                     
E. Hiperemesis Gravidarum Grade III
169. Seorang perempuan umur 34 tahun datang ketempat bidan praktik mandiri mengeluh kenceng – kenceng, disertai nyeri yang sangat hebat, keluar keringat dingin, dan gelisah. Hasil pemeriksaan perut teraba keras, denyut nadi dan pernafasan meningkat serta teraba lekukan antara pusat dan sympisis yang makin naik. Apakah kemungkinan yang dapat terjadi pada kasus diatas?
A. Syok anafilasik                                            
B. Syok neurogenik
C. Syok kardiogenik
D. Syok hipovolemik               
E. Syok Haemorogik
170. Seorang perempuan hamil 7 bulan datang ke Rumah sakit untuk memeriksakan kehamilannya, mengeluh bengkak pada kaki dan wajah. Dari pemeriksaan tekanan darah 140/90 mmHg, protein urin +2. Apakah diagnosis kasus tersebut?
A. Eklampsia                             
B. Hipertensi kronik
C. Preeklamsia berat
D. Preeklamsia Ringan
E. Hipertensi Gestasional
171. Seorang perempuan hamil 8 bulan datang ke Rumah sakit untuk memeriksakan kehamilannya. Mengeluh bengkak pada kaki dan wajah. Dari pemeriksaan tekanan darah 140/90 mmHg, protein urin +2. Bagaimanakah penatalaksanaan kasus tersebut?
A. Bed Rest                              
B. Beri MgSO4
C. Beri Sedativa
D. Seksio Sesarea                               
E. Akhiri kehamilan
172. Seorang perempuan umur 30 tahun hamil 9 bulan datang ke Puskesmas, mengeluh kenceng disertai dengan pengeluaran lendir darah. Hasil pemeriksaan TFU 29 cm, punggung kanan, penurunan kepala 3/5 bagian, kontraksi uterus 4X10’40’’, DJJ 12-12-13. pembukaan 6 cm, kulit ketuban positif, presentase kepala. Apakah tindakkan yang sesuai dengan kasus di atas?
A. Memecahkan ketuban
B. Mencukur rambut pubis
C. Menganjurkan mobilisasi
D. Menganjurkan ibu untuk terlentang
E. Menganjurkan ibu untuk mengosongkan kandung kemih
173. Seorang perempuan datang ke Bidan Praktik Mandiri jam 10.00. Mengatakan kenceng sejak jam 07.00, mengeluarkan cairan warna jernih, hasil pemeriksaan dalam pembukaan 8 cm, kulit ketuban negatif, presentasi kepala, teraba tali pusat disamping kepala. DJJ 150 x/menit. Apakah posisi yang tepat untuk kasus diatas?
A. Sim
B. Fowler                                   
C. Litotomi
D. Semi Fowler
E. Trendelenburg
174. Seorang perempuan hamil 8 bulan datang ke Bidan Praktik Mandiri untuk memeriksakan kehamilannya. Mengeluh kram pada betis, dari hasil pemeriksaan TFU 32 cm, perut bagian kanan teraba keras memanjang, bagian bawah teraba keras melenting dan dapat digoyangkan. Apakah Penanganan yang disarankan untuk mengatasi keluhan pada kasus diatas?
A. Senam hamil
B. Memakai kaos kaki ketat
C. Kaki diganjal dengan bantal
D. Massase dan kompres hangat
E. Makan yang banyak mengandung vit D dan Kalsium
175. Seorang Perempuan umur 26 Tahun hamil 9 bulan datang ke Klinik dengan keluhan mengeluarkan cairan jernih dari jalan lahir sejak satu jam yang lalu. Ibu belum merasakan kenceng-kenceng. Pemeriksaan penunjang apakah yang dapat dilakukan oleh bidan untuk menegakkan diagnosa?
A. Pemeriksaan proteinuri
B. Pemeriksaan plano test
C. Pemeriksaan bishop skor  
D. Pemeriksaan nitrazin test
E. Pemeriksaan non stress test
176. Seorang perempuan hamil yang pertama datang ke Bidan Praktik Mandiri yang pertama kali untuk memeriksakan kehamilannya. Mengatakan tinggal dengan suami dan jauh dari orang tuanya. Bagaimana sikap bidan terhadap kasus diatas?
A. Pemeriksaan fisik
B. Melakukan tindakan pencegahan
C. Memulai persiapan kelahiran bayi
D. Membangun hubungan saling percaya
E. Mendeteksi masalah dan menanganinya
177. Seorang Perempuan umur 30 tahun hamil pertama datang ke Klinik, ibu merasa cemas karena sampai saat ini belum ada tanda-tanda persalinan. Dari hasil anamnesa didapatkan umur kehamilan 42 minggu. Bagaimana penatalaksanaan dari kasus diatas?
A. Memecahkan ketuban
B. Merujuk pasien ke RS
C. Memberikan induksi persalinan
D. Menganjurkan pasien berjalan-jalan
E. Memantau kemajuan persalinan setiap 4 jam
178. Seorang perempuan 35 tahun hamil 9 bulan anak ke 5, datang ke Bidan Praktek Mandiri, dengan keluhan sakit kepala yang hebat, pandangan kabur, bengkak pada muka serta tangan dari hasil pemeriksaan didapatkan Tekanan Darah 170/100 mmHg, protein urine ++. Apakah tindakan yang dilakukan untuk menangani kasus tersebut?
A. Pemberian MgSo4
B. Merujuk ke RS terdekat
C. Pemberian diet gizi seimbang
D. Menyiapkan Persiapan persalinan
E. Konseling tanda bahaya kehamilan
179. Seorang perempuan usia 28 tahun hamil 9 bulan anak ke-3, datang ke Klinik kiriman dari dukun, saat mulai merasakan kenceng-kenceng dan keluar lendir darah dipimpin mengejan selama 2 jam, ketuban sudah pecah, bayi belum lahir. Kontraksi tiap 10 menit, lamanya 20 detik. Hasil pemeriksaan pembukaan lengkap, ketuban negatif, UUB kiri depan Hodge III.
A. Multipara tua, aterm, partus lama, letak puncak kepala
B. Grandemulti gravida , aterm, partus lama, letak kepala
C. Grandemulti gravida, aterm, partus lama, letak puncak
D. Grandemulti gravida, partus lama, letak belakang kepala
E. Multipara tua, aterm, partus lama, letak ubun-ubun kepala
180. Seorang perempuan usia 26 tahun, datang ke Bidan Praktik mandiri mengeluh sering lelah, sakit kepala dan mual – mual terutama di pagi hari. Hasil pemeriksaan, PP test +. Tindakan apakah yang diberikan sesuai kasus?
A. Body mekanik
B. Konseling Nutrisi
C. Pemeriksaan head to toe
D. Konseling pola istirahat
E. Konseling ketidaknyamanan pada kehamilan


Berikut Kunci Jawaban Soal Latihan Tes tertulis CPNS ataupun calon Tenaga honorer atau Kontrak Jabatan Bidan (Kebidanan) tahun 2017 2018 2019 2020 2021

= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post