DAFTAR PTS (PERGURUAN TINGGI SWASTA) YANG TELAH TERAKREDITASI A

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengungkapkan terdapat sembilan perguruan tinggi swasta yang mendapat akreditasi A oleh BAN-PT pada 2016.

"Perguruan tinggi swasta yang dulu tak pernah dapat, pada 2016 ada sembilan yang masuk akreditasi A," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir di kantor Kemristekdikti, Senayan, Jakarta, Rabu (28/12).

Berikut daftar perguruan tinggi Swasta yang telah terakreditasi A
1.    Akademi Kepolisian (Akpol),
2.    Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya,
3.    STIE Perbanas Surabaya,
4.    Universitas Bina Nusantara,
5.    Universitas Mercu Buana,
6.    Institut Teknologi Telkom Bandung,
7.    Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta,
8.    Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya,
9.    Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.

Sementara itu, Nasir merinci, sebanyak 22 perguruan tinggi negeri telah terakreditasi A pada 2016. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni lima perguruan tinggi negeri.

Ia menyebut, selama ini tidak pernah ada intervensi apapun terhadap BAN-PT dalam menilai perguruan tinggi. Ia mengaku menghormati independensi BAN-PT.

Nasir menyebut, salah satu kriteria suatu perguruan tinggi mendapat akreditasi A, yakni kualitas dosen harus baik, infrastruktur harus baik, perkembangan riset harus semakin baik. Kendati mendorong peningkatan jumlah akreditasi perguruan tinggi, Kemristekdikti tidak akan mempermudah penilaian akreditasi.

Sementara itu, Dewan Eksekutif BAN-PT, Tjan Basaruddin menjelaskan, lembaganya selalu menjunjung objektivitas dan independensi dalam menilai perguruan tinggi. Ia menjelaskan salah satu kriteria penilaian yang menyebut perguruan tinggi lemah, yakni, rendahnya angka penelitian. (republika)

= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post