PERBEDAAAN PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE.

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, May 19, 2015

Pada saat ujian, seperti ujian sidang skripsi atau tesis yang mengambil topik tentang pendekatan, strategi atau metode, seperti metode pembelajaran. Kita kadang ditanya tentang perbedaan antara pendekatan, strategi atau metode. Inilah penjelasan singkat terkait perbedaan antara pendekatan, strategi atau metode. 





Pendekatan
Menurut T. Raka Joni ( 1991: 81 ), pendekatan  mengandung arti yaitu cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian, sehingga berdampak. Ibarat seseorang yang memakai kaca mata dengan warna tertentu di dalam memandang alam sekitar. Contoh : pendekatan ekonomis dalam memandang permasalahan pendidikan akan menyebabkan hampir  semua pengkajian dibawa kedalam terminologi investasi dan hasil usaha. Pendekatan CBSA dalam memandang proses pembelajaran, selalu siswa yang menjadi orientasi setiap kegiatan belajar (siswa harus aktif ). Pendekatan PAKEM menunjuk pada pendekatan pembelajaran yang ditinjau dari segi  proses. Sedangkan pembelajaran TEMATIK dan TERPADU, menunjuk pada pendekatan pembelajaran ditinjau dari segi materi  yang hendak disajikan pada peserta didik.Ketepatan guru dalam pemilihan suatu pendekatan pembelajaran, akan menjadi pedoman atau orientasi dalam pemilihan komponen kegiatan pembelajaran lainnya, terutama strategi dan metode pembelajaran. Untuk itu pendekatan dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai acuan pengorganisasian  bahan ajar yang akan dipelajari oleh peserta didik selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran menunjukkan bagaimana upaya guru dalam memfasilitasi peserta didik dalam mewujudkan ketercapaian kompetensi yang diharapkan. Keterlaksanaan proses pembelajaran ini mencerminkan kondisi yang dibangun guru dengan memanfaatkan berbagai strategi, metode, media, dan sumber belajar terpilih dalam tahapan kegiatan pembelajaran yang sistematis.

Strategi
Menurut T. Raka Joni ( 1991: 83 ), strategi adalah ilmu dan kiat dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi menunjukkan langkah – langkah kegiatan atau  prosedur yang digunakan dalam menyajikan bahan ajar untuk mencapai tujuan,   kompetensi, dan hasil belajar. Suatu strategi dipilih untuk melaksanakan metode-metode pembelajaran terpilih.
                   
Ketepatan dalam memilih strategi, sangat memungkinkan keterlaksanaan metode - metode terpilih yang dapat mewujudkan kondisi pembelajaran untuk mewujudkan  hasil belajar yang diharapkan. Dengan demikian, strategi merupakan komponen pembelajaran yang memungkinkan terlaksananya metode-metode terpilih untuk menyajikan bahan ajar selama kegiatan  pembelajaran.

Atwi Suparman ( 1996 : 61 ), menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berkenaan dengan pendekatan dalam mengelola kegiatan untuk menyampaikan materi ajar secara sistematis, sehingga kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai peserta didik secara efektif dan efisien.

Metode
Metode, menurut Fred Percival dan Henry Ellington ( 1994 :55 ), adalah cara yang umum  untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik atau mempraktekan  teori yang telah dipelajari dalam rangka mencapai tujuan belajar.


J.E Kemp( 1994: 65 ), menggunakan metode untuk mengelompokkan pola mengajar dan belajar, yaitu klasikal, mandiri, dan interaksi guru dan peserta didik atau pengajaran kelompok. Dengan demikian, metode berhubungan dengan cara yang memungkinkan peserta didik memperoleh kemudahan dalam rangka mempelajari bahan ajar yang disampaikan oleh guru. Ketepatan dalam memilih metode sangat berpeluang bagi terciptanya kondisi pembelajaran yang kondusif, menyenangkan, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien dalam memfasilitasi peserta didik untuk dapat meraih hasil belajar sesuai yang diharapkan. Dengan demikian metode merupakan suatu komponen yang sangat menentukan terciptanya kondisi selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 6:10 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB