KURIKULUM NASIONAL AKAN MENGGANTIKAN K13 DAN KTSP

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Monday, April 20, 2015

Mencermati perkembangan Kurikulum di Indonesia memang cukup menarik, pada saat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) belum saatnya diperbaharui telah lahir Kurikulum 2013 yang pelaksanaannya cenderung dipaksakan. Kurikulum 2013 memang menawarkan model baru dalam pembelajaran di Indonesia yang diakui sangat bagus, kecuali model penilaiannya yang dianggap ribet.


Betulkan pemerintah pada tahun 2018 akan menggantikan K13 dan KTSP dengan Kurikulum Nasional? Atau menjadikan K13 berlaku secara nasional. Beberapa minggu lalu telah beredar informasi bahwa dalam rangka penyempurnaan Kurikulum 2013, pemerintah berencana menggantikanya dengan  Kurikulum Nasional. Unifah Rosyidi yang disebut-sebut Direktorat Jenderal Ketenagaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengakui “pada tahun 2018 mendatang kurikulum 2013 akan diganti menjadi kurikulum nasional, setelah seluruh sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013. Tetapi saat ini pihaknya masih belum melakukan sosialisasi karena masih fokus pada perbaikan kurikulum 2013

Sebagai penyempurnaan Kurikulum 2013, pemerinatah berencana menggantikanya dengan  Kurikulum Nasional. Informasi terkait akan akan diberkalukannya Kurikulum Nasional dinyatakan Unifah Rosyidi Direktorat Jenderal Ketenagaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana dirilis surabayanews.co.id Unifah Rosyidi mengakui pada tahun 2018 mendatang kurikulum 2013 akan diganti menjadi kurikulum nasional, setelah seluruh sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013. Tetapi saat ini pihaknya masih belum melakukan sosialisasi karena masih fokus pada perbaikan kurikulum 2013.

Unifah Rosyidi menilai materi di kurikulum 2013 sangat baik tetapi masih banyak kekurangan dikarenakan mepetnya persiapan pelaksanaan kurikulum 2013. Pergantian kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional sebagai perbaikan atau penyempurnaan kurikulum 2013 karena selama ini kurikulum 2013 masih banyak kekurangan.

 “Kami berpikir bahwa kurikulum ini bagus tapi juga tidak lepas dari kekurangan. Nah kekurangannya ini sedang diperbaiki,” ujar dirjen tenaga pendidikan, Dr Unifah Rosyidi.

Lebih dari setahun sejak Kurilukum 2013 diberlakukan, pelaksanaan kurikulum 2013 masih diwarnai permasalahan demi permasalahan seperti kacaunya distribusi buku kurikulum, belum pahamnya guru menerapkan kurikulum 2013 bahkan akhir-akhir ini ditemukan buku berisi ajaran radikal di buku agama kurikulum 2013. Kacaunya pelaksanaan kurikulum 2013 itulah yang menyebabkan kementerian kebudayaan pendidikan dan kebudayaan berencana akan menghapus kurikulum 2013 dan mengganti dengan Kurikulum Nasional pada tahun 2018 mendatang.


Untuk saat ini sebagai rintisan pelaksanaan Kurikulium 2013 terdapat sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 sebanyak 16.791 sekolah dengan rincian 7961 sekolah merupakan sekolah pilot projek. Sisanya sekolah menerapkan kurikulum 2013 secara mandiri. 


= Baca Juga =



Blog, Updated at: 5:42 AM

6 comments:

  1. K-13 memang kacau. Baguslah diganti. Asal penilaiannya tidak ribet seperti K-13.

    ReplyDelete
  2. Kasian anak anak indonesia terombang ambing karena peraturn kurikulum

    ReplyDelete
  3. dmn tanggung jawab menteri terdahulu yg memaksakan proyek k13? pendidikan itu arah untuk tujuan ilmu dan akhlak bukan uji coba, dan seperti nya dr dlu pemerintah membiarkan pelaksanaan ny tnpa ada investigasi ke daerah2 dan sayang kn anggaran yg terbuang percuma, dan itu duit rakyat lho..

    ReplyDelete

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB