HASIL UKKS DAN UKPS ONLINE TAHUN 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, March 27, 2015

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) online  dan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS) online berbeda dengan pekalsanaan Uji Komptensi Guru (UKG) yang pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Hasil UKG saat ini dapat diketahui langsung setelah berakhirnya UKG. Namun, hasil UKKS dan UKPS Online Tahun 2015 harus menunggu pengumuman resmi.

Bagi sebagian kepala sekolah dan pengawas, pengumuman hasil  Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) online  dan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS) online sangat dinantikan untuk mengukur kompetensi dirinya dalam memahami tupoksinya terutama terkait dengan pemahaman akan 8 standar nasional. Namun, tak sedikit pula kepala sekolah dan pengawas yang acuh tak acuh, karena mereka mengikuti kegiatan UKKS dan UKPS Online Tahun 2015 hanya sebatas mengikuti aturan yang ada.

Sebagaimana diketahui hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) dan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS) Tahun 2015 ini diantaranya akan dijadikan bahan pemetaan kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, sebagai dasar pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, serta sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Berdasarkan kenyataan di atas tentunya ada sebagian kepala sekolah yang menunggu pengumuman hasil UKKS dan UKPS Online Tahun 2015 untuk mengetahui kompetensi dirinya.


Lalu, apakah hasil UKKS dan UKPS Online Tahun 2015 betul-betul mencerminkan kompetensi kepala sekolah atau pengawas sekolah ? Banyak kepala sekolah yang ragu dan tidak percaya kalau hasil UKKS dan UKPS dijadikan satu-satunya alat untuk mengukur kompetensi kepala sekolah atau pengawas sekolah. Merka berpendapat bahwa metode tes pada umumnya lebih banyak menguji aspek pengetahuan dan tingkat kecermatan peserta ujian dalam memahami soal atau pertanyaan. Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah yang memiliki nilai tertinggi dalam pelaksanaan UKKS dan UKPS Online belum dalam pelaksanaan tugas keseharian ia akan mampu sebagai the best practice. Bahkan bukan tak mungkin pula Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah yang gagal dalam tes UKKS dan UKPS Online, namun dalam pelaksanaan tugas keseharian ia justru bisa menerapkan the best practice. Oleh karena itu, tak elok jika pelaksanaan UKKS dan UKPS Online dijadikan satu-satunya standar untuk mengukur kompetensi Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah.



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 3:42 AM

1 comments:

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB