SOAL UJIAN NASIONAL ATAU UN 2015 HANYA LIMA PAKET

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, January 15, 2015



Informasi yang dirilis TRIBUNJOGJA.COM secara online dan cetak dalam edisi Rabu tanggal 14 Januari 2015 dinyatakan bahwa Soal UN Tahun 2015 hanya 5 Paket. Menurut informasi tersebut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji.menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun lalu, peserta UN mendapat 20 paket soal yang berbeda. Namun tahun ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kebijakan baru, yaitu paket soal yang nantinya akan dipakai dalam UN 2015 hanya berjumlah 5 (lima) paket.



Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji, kebijakan baru tersebut berguna untuk meminimalisir kesalahan naskah soal dalam penyelanggaraan UN di tahun-tahun sebelumnya.

Aji menjelaskan, kesalahan yang jamak terjadi di tahun sebelumnya adalah pengawas UN tidak membagikan soal bersamaan dengan lembar jawaban. Sehingga ada perbedaan barcode naskah soal dengan hasil di lembar jawaban siswa.

"Maka untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, tahun ini jumlah paket soal dibuat jauh lebih sedikit. Jika jumlah paket soal ada 20, kesalahan teknis pun semakin banyak sehingga harus dicek berkali-kali," ujar Aji, Selasa (13/1/2015).

Namun demikian, kepastian informasi ini masih menunggu POS Ujian Nasional atau UN 2015 yang kemungkinan akan dikeluarkan atau dirilis pada minggu depan. Permendikbud tentang Ujian Nasional atau UN tahun 2015 dan Prosedur Operasional Standar atau POS Ujian Nasional atau UN 2015 itulah yang akan menjadi dasar sekaligus pedoman pelaksanaan Ujian Nasional atau UN tahun 2015

Dalam Prosedur Operasional Standar atau POS Ujian Nasional atau UN 2015 biasanya di atur masalah jumlah paket soal, teknis penggandaan atau percetakan dan distribusi soal, persyaratan peserta Ujian Nasional, persyaratan sekolah penyelenggara UN, kepanitiaan UN Tingkat Nasional, provinsi dan Kab/kota serta hal-hal teknis lainnya sampai masalah pengatur ruang ujian dan tata tertib peserta dan pengawas UN.

Insya Allah jika POS Ujian Nasional atau UN 2015 sudah terbit akan saya upload di blog ini. 




Blog, Updated at: 4:29 PM

10 comments:

  1. Jika berkenan, kalau POS UN 2015 sudah terbit, mohon bantuannya untuk mengirim ke E_Mail saya : doslandamanik@gmail.com. Demikian atas kerjasama dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  2. WAH MANTAB NIH GAN, TERIMAKASIH INFONYA YA.SALAM KENAL
    http://www.volimaniak.com/

    ReplyDelete
  3. Cara susunan 5 paket gimana mas ?

    ReplyDelete
  4. cara membagi naskah soalnya sesuai no urut ujian anak2kah? kalo tidak sesuai misal dibagi secara perbaris anak2, apakah tdk menjadi masalah??? tq infonya all:

    ReplyDelete
  5. Secara prinsip pembagian naskah soal bebas, karena sekalipun di buat dalam beberapa paket, karena kode paket dibuat dalam bentuk barcode maka pengawas tidak mesti tahu soal tersebut paket a, b, c dst. Yang terpenting pemisahan antara LJK dengan Soal harus dilakukan setelah biodata siswa di LJK dan di Soal telah diisi, sehingga tidak akan terjadi kekeliruan naskah dengan LJK

    ReplyDelete

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB