PEMERINTAH SIAPKAN RP70 TRILIUN UNTUK REALISASIKAN PENCAIRAN TUNJANGAN GURU 2015

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, January 29, 2015

Penyaluran Tunjangan Profesi Guru atau tunjangan sertifikasi guru tahun 2015 dilakukan dengan mekanisme Transfer Ke Daerah sesuai PMK Nomor 241/PMK.07/2014. Berdasarkan pasal 21 ayat 1 PMK Nomor 241/PMK.07/2014 dinyatakan bahwa penyaluran tunjangan profesi (TP) / sertifikasi guru dilakukan secara triwulanan yaitu: a) Triwulan 1 ( I ) bulan Maret; b)  Triwulan 2 ( II ) bulan Juni; c) Triwulan 3 ( III ) bulan September dan d) Triwulan 4 ( IV ) bulan Nopember


Untuk merealisasikan Penyaluran Tunjangan Profesi Guru atau tunjangan sertifikasi guru tahun 2015 Pemerintah menyiapkan anggaran Rp70 triliun. Anggaran ini naik Rp10 triliun dari tahun sebelumnya. "Tunjangan guru Rp70 triliun. Kalau tahun 2014 itu Rp60 triliun," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah Anies Baswedan saat konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Selasa (13/1/2015).

Anies menambahkan bahwa anggaran dari APBN untuk dana pendidikan sebesar Rp409 triliun. Kemudian, Rp254 triliun dialokasikan untuk pendidikan di daerah. "Dari Rp254 triliun itu memang lebih besar porsinya untuk guru. Kita memikirkan bagaimana kita bisa mendorong peningkatan kualitas guru," kata dia.

Diharapkan dengan meningkatnya tunjangan untuk guru, maka kualitas pendidikan juga bisa lebih baik. Terlebih lagi pemerataan guru di beberapa daerah tidak merata. Ada daerah yang kekurangan guru dan ada juga yang kelebihan. "Masalahnya, distribusi guru juga tidak merata. Kita harapkan ada tunjangan besar nantinya ada kinerja yang baik," tambah dia.

http://economy.okezone.com/





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 6:59 AM

1 comments:

  1. Seandainya TPG itu langsung masuk rekening masing-masing guru,alangkah Bahagianya para guru,Tidak lagi menunggu transfer oleh daerah yang kurang cepat tanggap akan info dari pusat yang kalau memang perintah bayar sesuai dengan bengan tri wulan yang sudah di rencanakan bukan MOLOR 1 atau 2 Bulan baru di bayar..

    ReplyDelete

Search This Blog

Popular Posts

STATISTIK BLOG

---------------------------------

loading...

---------------------------------

CB