thumbnail

STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, September 26, 2014

Secara  umum  strategi  evaluasi atau penilaian  hasil  belajar  bahasa  Indonesia  dilakukan  dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil, tindak lanjut, dan pelaporan  hasil.    
Blog, Updated at: 5:44 AM
thumbnail

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Konsep Startegi pembelajaran
Kata strategi berasal  dari  bahasa  Yunani strategia  yang  berarti  ilmu  perang atau  panglima  perang.  Panglima  perang  inilah  yang  bertanggung  jawab  merencanakan  suatu  strategi  dan  mengarahkan  pasukannya  untuk  mencapai kemenangan.  Sherly  mengemukakan  pengertian  strategi  sebagai  keputusan-keputusan  bertindak  yang  diarahkan  dan  keseluruhannya  diperlukan  untuk mencapai tujuan. Sedangkan menurut Gagne, strategi adalah kemampuan internal seseorang untuk berpikir, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Di sisi lain Salusu mengatakan  bahwa strategi ialah suatu seni menggunakan  kecakapan dan  sumber  daya  untuk  mencapai  sasarannya  melalui  hubungan  yang  efektif dengan lingkungan dan kondisi yang paling menguntungkan.
Blog, Updated at: 5:31 AM
thumbnail

MENUNGGU KEPASTIAN PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI GURU NON PNS DAN FUNGSIONAL GURU NON PNS TRIWULAN 2 TAHUN 2014

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, September 25, 2014

Mengacu pada  (PMK) Republik Indonesia Nomor : 61/PMK.07/2014 tunjangan profesi guru dan fungsional serta tunjangan lainnya untuk periode 2 tahun 2014 semestinya dibayarkan pada bulan Juli 2014. Namun dalam kenyataannya ternyata Pencairan Tunjangan Triwulan Kedua bagi guru Non PNS serta tunjangan, serta tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional, bantuan peningkatan kualifikasi akademik S1, guru bantu dan pendidikan khusus layanan khusus yang pembayaran tunjangannya langsung melalui direktorat p2tk dikdas mengalami keterlambatan. Sampai akhir September 2014 belum ada kejelasan terkait pencairan semua dana Tunjangan yang dikelola pusat.
Blog, Updated at: 9:21 AM
thumbnail

ANALISIS DATA DALAM STUDI KASUS DAN CARA MENGAKHIRI PENGUMPULAN DATA DALAM STUDI KASUS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, September 24, 2014

Menganalisis data studi kasus adalah suatu hal yang sulit karena strategi dan tekniknya belum teridentifikasikan secara baik. Tetapi setiap penelitian hendaknya dimulai dengan strategi analisis yang umum yang mengandung prioritas tentang apa yang akan dianalisis dan mengapa. Demikian pun dengan studi kasus, oleh karena itu Creswell memulai pemaparannya dengan mengungkapkan tiga strategi analisis penelitian kualitatif, yaitu: strategi analisis menurut Bogdan & Biklen (1992), Huberman & Miles (1994) dan Wolcott (1994). Menurut Creswell (1998:153), untuk studi kasus seperti halnya etnografi analisisnya terdiri dari “deskripsi terinci” tentang kasus beserta settingnya. Apabila suatu kasus menampilkan kronologis suatu peristiwa maka menganalisisnya memerlukan banyak sumber data untuk menentukan bukti pada setiap fase dalam evolusi kasusnya. Terlebih lagi untuk setting kasus yang “unik”, kita hendaknya menganalisa informasi untuk menentukan bagaimana peristiwa itu terjadi sesuai dengan settingnya.
Blog, Updated at: 12:24 PM
thumbnail

DOWNLOAD PERMENDIKBUD NOMOR 78 TAHUN 2014 TENTANG TATA CARA PEMBAYARAN BUKU KURIKULUM 2013

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, September 23, 2014

Menimbang :
bahwa dalam rangka pelaksanaan pembelian Buku Kurikulum 2013, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Tata Cara Pembayaran Buku Kurikulum 2013 oleh Sekolah yang Dibiayai dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Sosial (Bansos) Buku;
Blog, Updated at: 12:45 AM
thumbnail

MOTIVASI KERJA GURU

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, September 9, 2014

Motif diartikan sebagai daya penggerak yang mendorong seseorang melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Menurut Sardiman (1996:73), motif yang sudah aktif disebut motivasi.

Mengacu pada pendapat Travers (1996:423-433), motivasi merupakan proses yang tidak dapat diamati, tetapi bisa ditafsirkan melalui tindakan individu yang bertingkah laku, sehingga motivasi merupakan konstruksi jiwa.  Kedudukan motivasi sejajar dengan isi jiwa sebagai cipta (kognisi), karsa (konasi), dan rasa (emosi) yang merupakan tridaya.  Apabila cipta, karsa dan rasa  yang melekat pada diri seseorang, dikombinasikan dengan motivasi, dapat menjadi catur daya atau empat dorongan kekuatan yang dapat  mengarahkan individu mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan.
Blog, Updated at: 7:05 AM
thumbnail

MARI CEK DATA GURU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ATAU CEK SKTP PERIODE 2 TAHUN 2014 PADA LAMAN LAPOR TUNJANGAN DIKDAS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, September 3, 2014

Ini ada informasi dari blog Pak Aina di http://ainamulyana.blogspot.com/ bahwa menjelang pencairan tunjangan sertifkasi guru periode 3 dan 4 tahun 2014 setiap  Guru wajib memiliki SKTP periode 2 yang diterbikan berdasarkan data semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 yang dikirim melalui aplikasi dapodikdas 3.00. Untuk memastikan ketepapan data dan ada terbit atau belumnya SKTP sebaiknya setiap guru mengeceknya melalui Cek Data Guru atau Cek SKTP Pada Laman Lapor Tunjangan Dikdas. Di awal bulan September 2014 ini Cek Data Guru Atau Cek SKTP mulai diuptodate dengan penampilan atau wajah baru. Inilah contoh wajah baru Cek Data Guru atau Cek SKTP
Blog, Updated at: 10:14 AM
thumbnail

DOWNLOAD PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM SEMESTER SERTA RPP IPS KELAS 7 BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, September 2, 2014

Bapak ibu guru, pada upload kali ini kami sharre-kan silabus IPS Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013, Program Tahunan (PROTA) IPS Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013, Program Semester (PROMES) IPS Kelas 7  Sesuai Kurikulum 2013, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP IPS Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013.
Blog, Updated at: 6:51 PM

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB