MORATORIUM PENERIMAAN CPNS 5 TAHUN KEDEPAN TIDAK BERLAKU BAGI TENAGA PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, December 9, 2014



Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi Dodo dan Jusuf Kalla akan membatasi jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau  Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satunya melalui kebijakan moratorium yang direncanakan berlaku sampai lima tahun ke depan. Hal ini untuk mengefektifkan peran pemerintah untuk fokus dalam peningkatan kualitas pegawai dan kesejahteraan pegawai kecil.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menjelaskan bahwa saat ini  terdapat 81% APBN untuk belanja pegawai,  barang dan jasa yang menjadi beban bagi Negara. Karena itu perlu segera diterapkan pengetatan dalam proses penerimaan pegawai. Namun, Moratorium Penerimaan CPNS 5 Tahun Kedepan ini Tidak Berlaku Bagi Tenaga Pendidikan Dan Kesehatan.  “Tidak mungkin bisa menghentikan seluruh proses penerimaan, tapi juga tidak bisa asal semua orang dipegawainegerikan. Tetapi untuk formasi tenaga kesehatan dan pendidik masih kami buka,” imbuhnya.

Masyarakat dimohon menghindari berbagai macam modus penipuan CPNS, karena menurut MenpanRB semua penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil diatur berdasarkan penjadwalan dari panitia seleksi nasional. “Masyarakat yang ingin bekerja di pemerintahan selalu melewati proses seleksi yang resmi. Tidak ada satupun kebijakan pemerintah pusat untuk mengadakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di luar penjadwalan dari panitia seleksi nasional,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi ketika menerima audiensi dari Papua Barat, Senin (08/12).

Menteri yang didampingi oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dan Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan, pemerintah sedang menata sistem kepegawaian yang paling baik, sesuai dengan program Nawa Cita Presiden RI. “Tidak semua harus menjadi PNS. Harus dipilih yang berkualitas dan berjiwa mengabdi. Jadi ada kebanggaan atas jerih payah melalui tahapan perekrutan ASN,” ungkapnya.


Sumber: menpan.go.id





BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 5:06 PM

1 comments:

  1. Amiin, mudah-mudahan tahun depan Honorer dapat diangkat jadi PNS. Tolong pak Menteri seluruh honorer K2 segera dituntaskan

    ReplyDelete

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB