thumbnail

MINAT BELAJAR SISWA

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, July 11, 2013

1.      Pengertian Minat Belajar
Minat merupakan suatu keadaan di mana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keiinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikannya lebih lanjut. Minat timbul karena adanya perhatian yang mendalam terhadap suatu obyek, di mana perhatian tersebut menimbulkan keinginan untuk mengetahui, mempelajari, serta membuktikan lebih lanjut. Hal itu menunjukkan, bahwa dalam minat, di samping perhatian juga terkandung suatu usaha untuk mendapatkan sesuatu dari obyek minat tersebut.
Blog, Updated at: 9:55 AM
thumbnail

VALIDITAS DAN RELIABILITAS DALAM PTK

Menurut  Madya  (2007) terdapat 5 jenis validitas dalam PTK.
a.                   Validitas demokratik,
b.                  Validitas hasil,
c.                   Validitas proses,
d.                  Validitas katalitik, dan
e.                   Validitas dialogues

Blog, Updated at: 9:50 AM
thumbnail

PENDEKATAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN (PENDEKATAN SCIENTIFIC)

Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Bidang Studi PPKn: Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran (Pendekatan Scientific)
oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013

A.    Esensi Pendekatan Ilmiah

Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan suatu proses ilmiah. Karena itu Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah, para ilmuan lebih mengedepankan pelararan induktif (inductive reasoning)ketimbang penalaran deduktif (deductivereasoning). Penalaran deduktif melihat fenomena umum untuk kemudian menarik simpulan yang spesifik. Sebaliknya, penalaran induktif memandang fenomena atau situasi spesifik untuk kemudian menarik simpulan secara keseluruhan. Sejatinya, penalaran induktif menempatkan bukti-bukti spesifik ke dalam relasi idea yang lebih luas. Metode ilmiah umumnya menempatkan fenomena unik dengan kajian spesifik dan detail untuk kemudian merumuskan simpulan umum.

Blog, Updated at: 9:42 AM
thumbnail

SOAL LATIHAN UJIAN AKHIR SEMESTER 1 MATA PELAJARAN PKN SMP KELAS IX

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, July 9, 2013

I. Pilihan Ganda
Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling tepat!

1.     Organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan diperintah oleh suatu pemerintahan yang berdaulat disebut ....
  1. pemerintah                           C. negara
  2. rakyat                                     D. kekuasaan

Blog, Updated at: 10:06 AM
thumbnail

PRESTASI BELAJAR

  1.      Pengertian Prestasi Belajar
Salah satu manipestasi dari masalah pendidikan, adalah kegiatan yang disebut dengan “belajar”. Belajar adalah key term (istilah kuno) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak ada pendidikan. Perubahan dan kemampuan untuk berubah, merupakan batasan dan makna yang terkandung dalam belajar.


Blog, Updated at: 9:52 AM

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB