Senin, 19 Agustus 2013

LOMBA FORUM ILMIAH GURU (FIG) TAHUN 2013


Selain Kegiatan Lomba Kreativitas Guru, dalam upaya meningkatan profesionalisme guru. Pemerintah menyelenggaraan Forum Ilmiah Guru secara berjenjang,  mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi,  dan nasional yang  merupakan  salah satu kegiatan  dalam serangkaian  acara peringatan  Hari Guru Nasional  Tahun  2013.  Melalui penyelenggaraan Forum Ilmiah Guru  diharapkan  dapat meningkatkan mutu guru yang berimplikasi pada peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran.


Persyaratan peserta seleksi/penyaji  Forum Ilmiah Guru tingkat kabupaten/kota,provinsi,  dan tingkat nasional tahun 2013 adalah sebagai berikut.
1.  Guru pegawai negeri sipil (PNS) atau guru  bukan PNS yang diangkat oleh yayasan (GTY).
2.  Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten/Kota sebagai  Pemenang I, II dan III, sedangkan Pemenang II dan III untuk Guru Berprestasi Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2012.
3.  Memiliki kualifikasi akademik  sekurang-kurangnya  sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV).
4.  Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus-menerus, dibuktikan  dengan melampirkan salinan SK CPNS atau SK Pengangkatan  dari Yayasan bagi guru bukan PNS.
5.  Telah melakukan  kegiatan penelitian atau  menghasilkan karya ilmiah secara perorangan.
6.  Bagi Pemenang I, II dan III  Forum Ilmiah Guru Tingkat Nasional tidak diperkenankan untuk mengikuti Forum Ilmiah Guru  tingkat  kabupaten/kota, provinsi dan nasional  selama 2 tahun kedepan.
7.  Khusus bagi guru berprestasi  Peringkat  I,  II dan III  Tahun 2012 jenjang Guru TK, Guru SD/SDLB, Guru SMP/SMPLB, dan Guru SMA/SMLB harus menyerahkan  salinan sertifikat peringkat Guru Berprestasi tingkat kabupaten/kota, atau tingkat provinsi  dan atau Surat Keputusan Penetapan Pemenang Guru Berprestasi.
8.  Guru beprestasi sebagaimana dimaksud pada angka 7 dapat mengirimkan karya ilmiah yang diajukan pada saat mengikuti Guru Berprestasi Tahun 2012, dengan ketentuan harus memodifikasi dan menyesuaikan sistematika aturan penulisan sebagaimana  tertuang pada  Lampiran  I  sampai Lampiran IV  pedoman  ini.  Karya ilmiah yang diikutsertakan dapat juga berupa  karya ilmiah baru selain yang pernah diikutsetakan  dalam  Pemilihan  Guru Berprestasi  Tahun 2012.   
9.  Karya Ilmiah yang diikutsertakan dalam Forum Ilmiah Guru harus merupakan karya perorangan yang orisinal dan  belum pernah diikutsertakan dalam forum atau lomba lainnya  di tempat lain. Orisinalitas karya ilmiah harus dinyatakan dalam format lembar pernyataan seperti  pada  Lampiran VI dengan disertai biodata peserta forum sesuai format pada lampiran VII. 

Adapun Waktu Pelaksanaan kegiatan Forum IlmiahGuru 2013 adalah sebagai berikut:
1.  Pelaksanaan Forum Ilmiah Guru tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada bulan Agustus 2013.
2.  Pelaksanaan Forum Ilmiah Guru tingkat provinsi dilaksanakan pada  bulan September tahun 2013.
3.  Pelaksanaan Forum Ilmiah Guru tingkat  nasional dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2013.

Bagi ANDA yang membutuhkan PEDOMAN PELAKSANAAN FORUM ILMIAH GURU TAHUN 2013 dapat mendownload pada link di bawah ini

4 komentar:

  1. assalamualaikum
    mohon maaf sebelumnya..
    share info LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PIF(pekan ilmiah fisika) 24 UNNES >> se-JAWA
    tema: Penerapan sains yang kreatif dan inovatif berbasis Konservasi lingkungan

    deadline: 10 oktober 2013
    lebihlanjut di :
    http://fisika.unnes.ac.id/pif/lkti/

    BalasHapus
  2. untuk lomba tingkat nasional kira kira tamggal berapa ?

    BalasHapus
  3. peserta yang dipanggil ke jakarta, mana daftarnya yah ??

    BalasHapus
  4. mana yah daftar pesertanya ???

    BalasHapus

Forum Guru Indonesia