thumbnail

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, October 28, 2012

BAGIAN AWAL:
   ü  Halaman judul
   ü  Halaman Pengesahan
Minimal yang harus mengesahkan karya tulis ilmiah hasil penelitian ini adalah kepala sekolah dan kepala bagian perpustakaan sekolah yang bersangkutan.
Blog, Updated at: 10:25 AM
thumbnail

BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

A. Pengertian, Hakekat, Tujuan dan Jenis Belajar
1. Pengertian Belajar
         Belajar merupakan proses perubahan yang terjadi pada diri seseorang melalui penguatan ( reinforcement), sehingga terjadi perubahan yang bersifat permanen dan persisten pada dirinya sebagai hasil pengalaman (Learning is a change of behaviour as a result of experience), demikian pendapat John Dewey, salah seorang ahli pendidikan Amerika Serikat dari aliran Behavioural Approach.
Blog, Updated at: 10:16 AM
thumbnail

PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIFE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION)

STAD atau Tim Siswa-Kelompok Prestasi merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, STAD terdiri dari lima komponen utama:
Blog, Updated at: 10:08 AM
thumbnail

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu strategi pembelajaran yang memiliki karakteristik adanya kerja sama kelompok, memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing untuk kelompok, dengan karakteristik utama adalah team reward (penghargaan kelompok), tanggung jawab individu, dan kesempatan yang sama untuk sukses. (Anita Lie, 2002 )
Blog, Updated at: 10:00 AM
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN TEAM KUIS

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, October 27, 2012



Menurut Lundgren (Sukarmin, 2002:2), Unsur-unsur dasar yang perlu ditanamkan pada diri siswa agar cooperative learning lebih efektif adalah sebagai berikut :
1.      Para siswa harus memiliki persepsi bahwa mereka “tenggelam atau berenang bersama”
2.      Para siswa memiliki tanggung jawab terhadap tiap siswa lain dalam kelompoknya, disamping tanggung jawab terhadap diri sendiri, dalam mempelajari materi yang dihadapi.
3.      Para siswa harus berpandangan bahwa mereka semuanya memiliki tujuan yang sama.
4.      Para siswa harus membagi tugas dan berbagi tanggung jawab sama besarnya diantara anggota kelompok.
5.      Para siswa akan diberikan suatu evaluasi atau penghargaan yang akan ikut berpengaruh terhadap evaluasi seluruh anggota kelompok.
6.      Para siswa berbagi kepemimpinan sementara mereka memperoleh keterampilan bekerja sama selama belajar.
7.      Para siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Blog, Updated at: 3:33 AM
thumbnail

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE TALKING CHIPS

Salah satu model pembelajaran yang didasarkan pada pandangan kontruktivisme adalah pembelajaran kooperatif.
Blog, Updated at: 3:24 AM
thumbnail

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE JIGSAW

Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kooperatif adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan faham konstruktivis. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pelajaran.
Blog, Updated at: 3:16 AM
thumbnail

PENGERTIAN PERHATIAN DAN MACAM-MACAM PERHATIAN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, October 26, 2012

    1.      Pengertian Perhatian
Seorang pengajar harus dapat menarik perhatian siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sebab dengan perhatian yang dimiliki siswa akan timbul keinginan yang tertuju pada suatu hal tertentu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1996:754) perhatian diartikan sebagai hal memperhatikan; apa yang diperhatikan. Sumadi Suryabrata (1989:14) mengungkapkan, perhatian adalah perumusan tenaga psikis yang tertuju pada suatu obyek, atau banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan.  Hal ini senada dengan ungkapan Ramayulis (1994:175), bahwa perhatian adalah merupakan salah satu faktor psikologis yang dapat membantu terjadinya interaksi dalam proses belajar mengajar. Kondisi psikologis ini dapat terbentuk melalui dua hal, yaitu pertama, yang timbul secara intrinsik, dan yang kedua melalui bahan pelajaran (content).


Blog, Updated at: 5:57 PM
thumbnail

KEPRIBADIAN (PERSONALITY)

    A.    Pengertian Kepribadian
Di dalam pergaulan atau percakapan sehari-hari, tidak jarang kita mendengar dan bahkan menggunakan kata pribadi atau kepribadian, tanpa memikirkan lebih lanjut apa arti yang sebenarnya dari kata-kata itu. Ucapan-ucapan seperti: itu adalah pendapat “pribadi” saya, si A memang orang yang “kepribadiannya” teguh, si B orang “pribadinya” lemah dan sebagainya, menunjukkan kepada kita bermacam-macam penggunaan kata “pribadi” dan “kepribadian”  itu, sehingga makna atau arti tersebut di atas di samping untuk menunjukkan terhadap individu seseorang yang berdiri sendiri terlepas dari individu yang lain, biasanya selalu dikaitkan dengan pola-pola tingkah laku manusia yang berhubungan dengan norma-norma yang baik, itu dipakai untuk menunjukkan adanya ciri-ciri yang khas pada individu seseorang.
Blog, Updated at: 5:13 PM
thumbnail

MOTIVASI BELAJAR

1. Pengertian Motivasi

Motif diartikan sebagai daya penggerak yang mendorong seseorang melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Menurut Sardiman  (1996:73) motif yang sudah aktif disebut motivasi. Motivasi merupakan proses yang tidak dapat diamati, tetapi bisa ditafsirkan melalui tindakan individu yang bertingkah laku, sehingga motivasi merupakan konstruksi jiwa.  Kedudukan motivasi sejajar dengan isi jiwa sebagai cipta (kognisi), karsa (konasi), dan rasa (emosi) yang merupakan tridaya.  Apabila cipta, karsa dan rasa  yang melekat pada diri seseorang, dikombinasikan dengan motivasi, dapat menjadi catur daya atau empat dorongan kekuatan yang dapat  mengarahkan individu mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan.


Blog, Updated at: 4:49 PM
thumbnail

PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Perpustakaan Sekolah
    1.  Pengertian Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU Perpustakaan No.43 2007 : “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.”


Blog, Updated at: 8:56 AM
thumbnail

METODE DISKUSI

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, October 25, 2012

a.     Pengertian metode diskusi
-        Diskusi adalah aktivitas dari sekelompok siswa, berbicara saling bertukar informasi maupun pendapat tentang sebuah topik atau masalah, dimana setiap anak ingin mencari jawaban / penyelesaian problem dari segala segi dan kemungkinan yang ada. (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : 1994)


Blog, Updated at: 12:12 PM
thumbnail

PENDEKATAN SOSIAL – EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN

1  Pengertian Pendekatan Sosial – Emosional

Menurut Djamarah dan Zain ( 2003: 203 ) mengatakan bahwa: Pendekatan sosial emosional dalam pembelajaran adalah suasana perasaan dan suasana sosial ( social-emostionalclimate approach ) di dalam kelas sebagai sekelompok individu cenderung pada pandangan Psikologi Klinis dan konseling  (penyuluhan).
Blog, Updated at: 12:09 PM
thumbnail

METODE DEMONTRASI


Di dalam kehidupan, baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat, demontrasi banyak digunakan dan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Kita sering terpengaruh atas kepiawaian tukang obat di jalanan dalam menawarkan obatnya, begitu pula, para sales dalam menjajakan dan mendemontrasikan produknya di hadapan ibu-ibu. Mereka sangat mengat menguasai teknik mendemontrasikan produknya sehingga para konsumen terpengaruh dan tertarik serta akhirnya berkeinginan untuk membelinya. Itulah sebabnya, kemampuan menggunakan metode demontrasi ini sangat penting untuk dikembangkan  guru di sekolah karena dengan menggunakan metode demontrasi pengjaraan  menjadi lebih jelas dan lebih konkret serta siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajarinya.
Blog, Updated at: 12:06 PM
thumbnail

PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING)

Di dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian, atau biasanya disebut metode mengajar.
Blog, Updated at: 12:04 PM
thumbnail

QUANTUM TEACHING

A. Pendekatan Quantum Teaching

Pendekatan  Quantum dikembangkan oleh Bobby DePorter  (1992) yang beranggapan bahwa metode mengajar ini sesuai dengan cara kerja otak manusia dan cara belajar manusia pada umumnya. Bobby DePorter adalah kepala Learning Forum, sebuah perusahaan yang berbasis di Oceanside, California, Amerika Serikat yang memproduksi program-program pendidikan untuk siswa, guru, sekolah dan organisasi di seluruh Amerika Serikat, Inggris, Hong Kong, Singapura dan Malaysia juga mantan ketua International Alliance for Learning.


Blog, Updated at: 11:59 AM
thumbnail

RESOURCE-BASED LEARNING

a.   Pengertian Resource-Based Learning
Resource-Based Learning  ialah segala bentuk belajar yang langsung menghadapkan murid dengan suatu atau sejumlah sumber belajar secara individual atau kelompok dengan segala kegiatan belajar yang bertalian dengan itu, jadi bukan dengan cara yang konvensional dimana guru menyampaikan bahan pelajaran pada murid, tetapi setiap komponen yang dapat memberikan informasi seperti perpustakaan, laboratorium, kebun, dan semacamnya juga merupakan sumber belajar.


Blog, Updated at: 11:57 AM
thumbnail

MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING

1. Pengertian Model Pembelajaran Questioning
Model pembelajaran questioning sebenarnya merupakan pengembangan dari metode pembelajaran tanya jawab. Adapaun yang dimaskud metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa,  siswa kepada guru, atau dari siswa kepada siswa. Hal ini sejalan dengan pendapat Sudirman (1987:120) yang mengartikan  bahwa
“metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa,  tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.”

Blog, Updated at: 11:52 AM
thumbnail

MOTIVASI KERJA


            Motif menurut Sardiman A.M. dalam  Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (1996:73) diartikan sebagai daya penggerak yang mendorong seseorang melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Motif yang sudah aktif disebut motivasi.  Motivasi merupakan proses yang tidak dapat diamati, tetapi bisa ditafsirkan melalui tindakan individu yang bertingkah laku, sehingga motivasi merupakan konstruksi jiwa.  Kedudukan motivasi sejajar dengan isi jiwa sebagai cipta (kognisi), karsa (konasi), dan rasa (emosi) yang merupakan tridaya.  Apabila cipta, karsa dan rasa  yang melekat pada diri seseorang, dikombinasikan dengan motivasi, dapat menjadi catur daya atau empat dorongan kekuatan yang dapat  mengarahkan individu mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan.

Blog, Updated at: 10:31 AM
thumbnail

KINERJA GURU

Faktor utama kenapa manusia bekerja adalah adanya kebutuhan yang harus dipenuhi.  Aktivitas dalam kerja mengandung unsur suatu kegiatan sosial  yang menghasilkan sesuatu dan pada akhirnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik.  Dalam pencapaian taraf hidup yang lebih baik dan sukses dalam bekerja tidak lepas dari motivasi kerja, dan kuat lemahnya motivasi kerja seseorang mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja.

Blog, Updated at: 10:06 AM
thumbnail

PENGERTIAN EVALUASI, PENILAIAN DAN PENGUKURAN

A.  Pengertian Evaluasi
  1. Anas Sudijono (2001) mengemukakan bahwa secara harfiah kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation, dalam bahasa Indonesia berarti penilaian.  Akar katanya   adalah  value yang artinya nilai. Jadi istilah evaluasi menunjuk pada suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
Blog, Updated at: 9:53 AM
thumbnail

MIMPI MENURUT ISLAM

Mimpi merupakan sesuatu yang ghaib. Setiap manusia pasti telah merasakannya, ia datang tidak terduga, kadang diharapkan kehadirannya dan kadang tidak. Bagi sebagian orang mimpi dianggap sebagai bunga tidur, boleh jadi ungkapan itu untuk menunjukkan antara mimpi dan kenyataan tidak ada kaitan sama sekali. Setiap kali bermimpi dalam tidur akan berlalu begitu saja. Mimpi hanyalah hiasan manis dalam tidur tergantung kondisi psikologis orang yang bersangkutan.Tetapi tidak sedikit orang yang mempercayaai bahwa mimpi-mimpi tertentu merupakan isyarat baik dan buruk yang akan menimpa diri seseorang. Sehingga bagi mereka yang pernah bermimpi berusaha mencari tahu gerangan apa yang bakal terjadi dalam kehidupannya, baik atau buruk.

Blog, Updated at: 9:46 AM
thumbnail

DISIPLIN KERJA PEGAWAI

A.    Pengertian Disiplin
        Disiplin sering juga disebut adalah fungsi operasional kedua dari manajemen personalia. Disiplin karyawan (baru/lama) perlu dilakukan secara terencana dan berkesinambungan. Agar disiplin inidapat dilaksanakan dengan baik terlebih dahulu harus dietetapkan program disiplin karyawan.

Blog, Updated at: 9:45 AM
thumbnail

PRODUKTIVITAS KERJA

 A.      Pengertian Produktivitas Kerja
Pengertian produktivitas menurut William B. Werther dan Keith Davis (1993: 9) adalah : “Productivity is ratio of an organization’s output (good and services) to inputs (people, capital, material and energy)”. Sedangkan menurut James A.F. Stoner (1995: 586) dalam bukunya Manajemen, adalah : “Productivity the ratio of output to input, is a measure of measure of a manager’s or an employee’s efficiency in using the organization’s scarce resources to produce goods and services”.

Blog, Updated at: 9:32 AM
thumbnail

PEMBELAJARAN AKTIF; KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, October 24, 2012

A.PENGERTIAN PAKEM
Pembelajaran merupakan salah satu unsur penentu baik tidaknya lulusan yang dihasilkan oleh suatu sistem pendidikan. Ia ibarat jantung dari proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik cenderung menghasilkan lulusan dengan hasil belajar yang baik pula. Demikian pula sebaliknya.

Blog, Updated at: 10:41 AM
thumbnail

KREATIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA

1.  Pengertian kreativitas dan belajar
Menurut Semiawan, Conny, Dkk. Dalam buku Memupuk Bakat Dan Kreativitas Siswa Di Sekolah Menengah, (1990:7), Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menetapkannya dalam pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik ciri-ciri kogniif (aptitude) seperti kelancaran, keluwesan, (fleksibelitas) dan keaslian (orisinalitas) dalam pemikiran maupun ciri-ciri afekif (non-aptitude) seperti rasa ingin tahu, senang mengajukan pertanyaan dan selalu ingin mencari pengalaman baru.
Blog, Updated at: 10:21 AM
thumbnail

CONTOH SURAT PENGANTAR ATAU PENGANTAR SURAT

Contoh Surat Pengantar




Kop
Sekolah
PEMERINTAH KABUPATEN ………….
DINAS PENDIDIKAN
SMP ………………………..
Alamat: ……………………………………………



Blog, Updated at: 10:07 AM
thumbnail

STANDAR PENGEMBANGAN BUKU TEKS PELAJARAN

Buku teks pelajaran meliputi buku teks utama dan buku teks pelengkap. Buku teks utama berisi bahan-bahan pelajaran suatu bidang studi yang digunakan sebagai buku pokok bagi siswa dan guru, sedangkan buku teks pelengkap adalah buku yang sifatnya membantu atau merupakan tambahan bagi buku teks utama dan digunakan oleh guru dan siswa. Dari sisi formal, buku teks pelajaran diterbitkan oleh penerbit tertentu dan memiliki ISBN.

Blog, Updated at: 9:32 AM
thumbnail

CONTOH SURAT TUGAS

Berikut ini adalah contoh surat tugas






Logo
Sekolah

PEMERINTAH KABUPATEN ……………….
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI ……………….
Alamat: ……………………………………………………….


Blog, Updated at: 9:23 AM
thumbnail

PENDIDIKAN BUDI PEKERTI TANGGUNG JAWAB SIAPA?

Kualitas ahlak atau budi pekerti generasi muda, khususnya kalangan pelajar saat ini dirasakan cukup menghawatirkan. Fenomena ini ditandai dengan menurunnya tatakrama kehidupan sosial, etika moral dalam praktik kehidupan sekolah yang mengakibatkan sejumlah ekses negatif yang merisaukan masyarakat.
Blog, Updated at: 9:10 AM
thumbnail

INOVASI PENDIDIKAN DAPAT DIAWALI DARI INOVASI PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)?

Pengembangan RPP ini merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan kurikulum, khususnya menjawab pertanyaan “Apa yang akan diajarkan, bagaimana mengajarkannya, serta alat dan cara apa yang digunakan untuk mengukurnya? RPP merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengembangan silabus. RPP bermanfaat sebagai pedoman bagi guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran. Beberapa alasan pentingnya membuat RPP yang baik antara lain:
Blog, Updated at: 8:59 AM
thumbnail

PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, October 23, 2012




Pendekatan pembelajaran dapat digunakan untuk menetapkan strategi dan langkah-langkah pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Setiap pendekatan yang diterapkan akan melibatkan kemampuan subyek belajar/siswa dan guru, dengan kadarnya masing-masing. Terkait dengan ini maka ada beberapa jenis pendekatan pembelajaran. Menurut Anderson secara garis besar ada dua pendekatan, yakni teacher centered (terpusat pada guru) dan student centered (terpusat pada siswa). Sementara itu, Byron menggunakan istilah ekspositori dan inkuiri (Sudjana, 1989).
Blog, Updated at: 12:00 PM
thumbnail

INFORMASI PENCAIRAN SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, October 19, 2012



Untuk Pencairan sertifikasi guru Triwuln ke 3 bulan September – Oktober 2012 dan Triwulan 4 bulan Nopember – Desember 2012, Kementerian Pendidikan Nasional menjadikan aplikasi pendataan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau yang lebih popular dengan BOS ONLINE sebagai dasar dalam pemberian tunjangan guru. Oleh karena itu, pastikan guru status aktif yang terdaftar di dalam aplikasi pendataan masuk ke dalam masing-masing rombel yang diajar dan mengisi jam mengajar, isian ini akan dijadikan sebagai dasar tunjangan guru.

BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 5:11 PM
thumbnail

CARA MENDIDIK ANAK SEJAK LAHIR HINGGA USIA SEPULUH TAHUN

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Sunday, October 14, 2012


Setiap orang tentu selalu berharap memiliki anak yang cerdas serta kreatif, Jangan bunuh kecerdasan dan kreativitas anak karena kesalahan mendidik sejak kecil.
Blog, Updated at: 5:27 AM
thumbnail

KIAT MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK SEJAK LAHIR HINGGA USIA SEPULUH TAHUN

Berikut ini saya kutip  beberapa Kiat Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Lahir Hingga Usia Sepuluh Tahun dari buku ”Revolusi Cara Belajar” Gordon Dryden & Dr. Jeannette.

Blog, Updated at: 3:49 AM
thumbnail

PANDUAN MUDAH UNTUK MENGHASILKAN BAYI YANG LEBIH BAIK DAN LEBIH CERDAS

Apakah anda pasangan suami istri yang ungin memiliki baik yang cerdas. Jika Ya ikutilah panduan berikut ini yang dikutip dari buku ”Revolusi Cara Belajar” Gordon Dryden & Dr. Jeannette.
Blog, Updated at: 3:47 AM
thumbnail

GAJI PNS TAHUN 2013 DIRENCANAKAN NAIK 7%

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Saturday, October 13, 2012



Pemerintah berencana untuk menyesuaikan gaji pokok dan pensiun. Penyesuaian itu diberlakukan bagi PNS serta anggota TNI/Polri sebesar rata-rata 7 persen dengan mengacu pada tingkat inflasi di 2013. Kenaikan Gaji PNS tahun 2013 ini disampaikan oleh Menteri Keuangan, Agus Martowardojo dalam rapat dengan DPR mengenai kerangka Ekonomi Makro tahun 2013. Dalam dokumen “Kerangka Ekonomi Makro Pokok-pokok Kebijakan Fiskal 2013 disebutkan secara umum ada 18 arah kebijakan belanja negara pada 2013, satu di antaranya adalah menaikkan gaji PNS dan TNI/Polri di tahun 2013. “Meneruskan pemberian gaji dan pensiun ke-13 dan penyesuaian gaji pokok dan pensiun pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri sekitar 7 persen mengacu pada inflasi, serta penyesuaian gaji hakim,” dinyatakan Menteri Keuangan, Agus Martowardojo.

Blog, Updated at: 7:26 AM
thumbnail

GAJI PENSIUN GOLONGAN II SEBESAR RP 500 JUTA, GOLONGAN III SEBESAR RP 1 MILIAR, DAN GOLONGAN IV SEBESAR RP 1,5 MILIAR

Telah beredar SMS tentang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang isinya sebagian tidak sesuai dengan dengan Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). SMS tersebut berbunyi “UU ASN telah disahkan DPR. Dengan diundangkannya UU tersebut, maka bagi PNS per 1 Januari 2013 belum pensiun akan dilantik sebagai aparatur sipil negara. Untuk staf,eselon III & IV akan pensiun pada usia 58 tahun. Sedangkan untuk eselon I dan II akan pensiun pada usia 60 tahun. Dengan diundangkannya UU ASN, maka tidak ada lagi PNS.Mereka akan dilantik sebagai ASN pada tanggal 1 Januari 2013 mendatang. ASN terdiri dari PNS dan PTT.Selanjutnya, untuk gaji pensiun akan dibayar sekaligus pada Oktober ini.Untuk golongan 2, akan mendapatkan Rp500 juta, golongan 3 mendapatkan Rp1 miliar, dan golongan 4 sebesar Rp1,5 miliar dengan masa kerja 20 tahun ke atas”.

Blog, Updated at: 6:49 AM
thumbnail

SOAL LATIHAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PKN SMP KELAS VIII

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, October 11, 2012

A.     PILIHAN GANDA
Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling tepat!

1.      Ideologi secara struktural diartikan sebagai...
a.       suatu kebenaran yang diyakini oleh semua rakyat yang harus tunduk pada kemauan penguasa;
b.      sistem pembenaran, seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa.
c.       kemauan penguasa dalam mengatur jalannya kehidupan negara dengan mengambil segala kebijakan untuk kesejahteraan rakyatnya;
d.      kebijakan penguasa dalam mengatur negara untuk mempertahankan kekuasaannya
Blog, Updated at: 9:17 AM

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB