thumbnail

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKNIK PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN “PERMAINAN KEPALA BERANJAU“ (SUMARSO, M.Pd)

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, February 29, 2012

A.  Latar Belakang
Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat besar artinya bagi pembangunan generasi penerus bangsa. Dengan demikian pendidikan sangat memegang perananan yang sangat penting bagi nasib kehidupan bangsa, karena berkaitan langsung dengan pembangunan kualitas sumber daya manusia.
Berbicara mengenai kualitas sumber daya manusia, pendidikan memegang peranan yang teramat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Umaedi (1999) mengatakan bahwa Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses  peningkatan  kualitas sumber  daya manusia itu sendiri.

Blog, Updated at: 4:45 PM
thumbnail

MASYARAKAT MADANI (CIVIL SOCIETY)

Seligman seperti yang dikutip Mun’im (1994: 6) mendefinisikan istilah civil society sebagai seperangkat gagasan etis yang mengejawantah dalam berbagai tatanan sosial, dan yang paling penting dari gagasan ini adalah usahanya untuk menyelaraskan berbagai konflik kepentingan antarindividu, masyarakat, dan negara. Sedangkan civil society menurut Havel seperti yang dikutip Hikam (1994: 6) ialah rakyat sebagai warga negara yang mampu belajar tentang aturan-aturan main melalui dialog demokratis dan penciptaan bersama batang tubuh politik partisipatoris yang murni. Gerakan penguatan civil society merupakan gerakan untuk merekonstruksi ikatan solidaritas dalam masyarakat yang telah hancur akibat kekuasaan yang monolitik. Secara normatif-politis, inti strategi ini adalah usaha untuk memulihkan kembali pemahaman asasi bahwa rakyat sebagai warga negara memiliki hak untuk meminta pertanggungjawaban kepada para penguasa atas segala yang mereka lakukan atas nama pemerintah.
Blog, Updated at: 3:28 PM
thumbnail

LAPORAN HASIL PTS ATAU PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (LENGKAP)

BAB I  PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sekolah sebagai penyedia jasa layanan pendidikan yang diinginkan masyarakat dan kebutuhan sekolah bagi pendidikan generasi mudanya. Sekolah adalah bagian tak terpisahkan dari ;masyarakat sehingga sekolah membutuhkan peran serta masyarakat dalm meningkatkan jasa layanan pendidikan.


Blog, Updated at: 3:25 PM
thumbnail

SOAL DAN JAWAB LATIHAN UN 2016 BAHASA INDONESIA SMP

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Tuesday, February 28, 2012


LATIHAN SOAL PREDIKSI UN TAHUN 2016 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang paling tepat!

1.      Pencemaran lingkungan oleh limbah rumah tangga pertanian, peternakan, dan industri sering mengakibatkan terjadinya gangguan terhadap kesehatan manusia, salah satunya adalah limbah industri di Jepang yang mengandung air raksa. Air Susu Ibu (ASI) juga ikut tercemar akibat penggunaan pestisida DDT pada sayuran.
Gagasan pokok pokok paragraf tersebut adalah …
a.      Contoh limbah industri yang mengandung air raksa di Jepang
b.      Air Susu Ibu juga ikut tercemar akibat penggunaan DDT pada sayuran
c.      Limbah rumah tangga, pertanian, peternakan, dan industri sering mengganggu lingkungan
d.     Pencemaran lingkungan menyebabkan gangguan kesehatan manusia.

Blog, Updated at: 12:00 PM
thumbnail

CONTOH SOAL LATIHAN USBN MATA PELAJARAN PKN SMP TAHUN 2017

SOAL TRY OUT UJIAN SEKOLAH
Mata Pelajaran                                    :               Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
Satuan Pendidikan                             :               SMP     
Jumlah Soal                                         :               50 
Bentuk Soal                                          :               Pilihan Ganda (PG) 
Alokasi Waktu                                      :               120 menit

PETUNJUK UMUM:
1.         Gunakan pensil 2 B untuk menghitamkan bulatan pada Lembar JawabanKomputer (LJK)
2.         Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang disediakan
 

Blog, Updated at: 11:00 AM
thumbnail

PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

A.    Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan,  “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.  Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa.
Blog, Updated at: 10:00 AM
thumbnail

DAFTAR GAJI PNS TAHUN 2012 SESUAI PP NOMOR 15 TAHUN 2012

Dalam rangka peningkatan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS), pemerintah akhirnya mengeluarkan keputusan tentang kenaikan gaji PNS tahun 2012 terhitung mulai Januari 2012 dan akan dibayarkan mulai bulan Maret ini. Kenaikan gaji PNS tersebut teruang dalam PP Nomor 15 Tahun 2012.
Blog, Updated at: 9:00 AM
thumbnail

LAPORAN PTK ATAU PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, February 22, 2012

BAB I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam proses belajar mengajar di sekolah siswa belajar dalam satu ruangan, waktu serta fasilitas yang sama, tetapi mempunyai perbedaan dalam hasil belajarnya. Bila siswa mengikuti kegiatan belajar dengan baik tanpa ada hambatan atau kesulitan dalam belajarnya, maka akan memperoleh prestasi atau hasil belajarnya dengan baik. Namun sebaliknya bila siswa mengalami hambatan atau kesulitan dalam belajarnya, maka prestasinya tidak sesuai dengan yang diharapkan, bahkan ada pula yang tidak dapat menyelesaikan program studinya dalam waktu yang telah ditentukan.
Blog, Updated at: 10:50 AM
thumbnail

LAPORAN PTK ATAU PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA SMP

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
Blog, Updated at: 10:33 AM
thumbnail

LAPORAN PTK ATAU PENELITIAN TINDAKAN KELAS BASA SUNDA SMP

BAB I  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pembelajaran bahasa sangat penting untuk diajarkan di sekolah-sekolah, baik bahasa nasional (Indonesia), bahasa daerah maupun bahasa asing. Pembelajaran Bahasa Sunda  sebagai bahasa daerah harus lebih diarahkan pada kemampuan dan keterampilan siswa untuk berkomunikasi secara lisan maupun tulis. Pembelajaran bahasa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa yang meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan ini saling berkaitan dan saling melengkapi dalam kegiatan komunikasi.
Blog, Updated at: 10:21 AM
thumbnail

MEDIA PEMBELAJARAN

A.     Pengertian Media Pembelajaran
Sebelum sampai pada kesimpulan tentang media pembelajaran, terlebih dahulu penulis ketengahkan pendapat dari para tokoh pendidikan mengenai media pembelajaran, yaitu menurut Arif Sadiman dkk (1993:7), bahwa  media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
Blog, Updated at: 10:11 AM
thumbnail

LAPORAN HASIL PTK PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 CADASARI PANDEGLANG (SHARRE DARI PAK AINA MULYANA)

ABSTRAK
"KONTRIBUSI IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Pelajaran PKN Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat di Kelas VII B SMPN 1 Cadasari, Pandeglang)”
Blog, Updated at: 9:51 AM
thumbnail

CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH PTS : UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENERAPAN (PAKEM) MELALUI PELATIHAN LESSON STUDI (SHARRE DARI BLOG PAK AINA MULYANA)

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, February 15, 2012

BAB I PENDAHULUAN

1.  Latar Belakang
Adanya kebijakan peningkatan jaminan kualitas lulusan pendidikan dasar membawa konsekuensi di bidang pendidikan, antara lain perubahan dari model pembelajaran yang tradisional (model atau metode pembelajaran yang lebih berpusat guru) ke penhgembangan  model atau metode yang lebih berpusat pada siswa. Hal demikian  menuntut kemampuan guru dalam merancang model pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa, sesuai dengan karakteristik bidang kajian dan karakteristik siswa agar mencapai hasil yang maksimal. Oleh kerana itu peran guru dalam konteks pembelajaran menuntut perubahan, antara lain : (a) peranan guru sebagai penyebar informasi semakin kecil, tetapi lebih banyak berfungsi sebagai pembimbing, penasehat, dan pendorong, (b) peserta didik adalah individu-individu yang kompleks, yang berarti bahwa mereka mempunyai perbedaan cara belajar sesuatu yang berbeda pula, (c) proses belajar mengajar lebih ditekankan pada belajar daripada mengajar (Laster, 1985).
Blog, Updated at: 10:20 AM
thumbnail

Metode Tugas Kelompok

a.    Pengertian Metode Tugas Kelompok
Metode     tugas   kelompok     dapat   diartikan   sebagai   metode kerja kelompok. Metode tugas kelompok diberikan guru kepada siswa atas dasar        perencanaan     bersama.   Dalam   pengertian   sempit   bahwa   “metode    tugas        kelompok   adalah    suatu   kegiatan   pembelajaran    dengan   terlebih  dahulu guru memberikan tugas kepada siswa secara kelompok. Jadi siswa disusun secara    berkelompok     dalam   jangka   waktu    tertentu  untuk melakukan kegiatan belajar secara berkelompok” (Karo-karo, 1975: 35).
Blog, Updated at: 10:17 AM
thumbnail

PRESTASI BELAJAR SISWA

Prestasi belajar adalah hasil belajar yang diwujudkan dalam bentuk kognitif, afektif, dan psikomotor (Sunaryo, 1983: 4 ). Tujuan pendidikan adalah mengembangkan dan meningkatkan kepribadian individu yang sedang melakukan proses pendidikan. Perkembangan kepribadian erat hubungannya dengan perubahan tingkah laku yang telah dihasilkan. 
Blog, Updated at: 10:15 AM
thumbnail

CARA MENGUKUR VALIDITAS DAN RELIABILITAS DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Jenis-jenis validitas dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yakni:
a.    Validitas demokratik,
b.    Validitas hasil,
c.    Validitas proses,
d.    Validitas katalitik, dan
e.    Validitas dialogues

Blog, Updated at: 10:13 AM
thumbnail

CONTOH TATAKRAMA DAN TATA TERTIB KEHIDUPAN SOSIAL SEKOLAH BAGI SISWA SMP NEGERI 2 UJUNGKULON, PANDEGLANG



BAB  I
Pasal  1
KETENTUAN UMUM
1.    SMP Negeri 2 Ujung Kulon, Pandeglang  adalah Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar tingkat lanjutan pertama beralamat di Jln. Raya Ujung Kulon Km 22 Kab. Pandeglang.
Blog, Updated at: 10:11 AM
thumbnail

LAPORAN PTK ATAU PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SMP

BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabat, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. (Puskur, 2006). Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistimatis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif.
Blog, Updated at: 10:10 AM
thumbnail

LAPORAN PTK ATAU PENELITIAN TINDAKAN KELAS PAI SD

BAB I PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan Agama Islam adalah Usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan Agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperhatikan tuntunan untuk menghormati Agama Islam dalam hal hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional (Depdikud, 1996 : 5).
Blog, Updated at: 10:05 AM
thumbnail

LAPORAN PTK ATAU PENELITIAN TINDKAN KELAS IPS SD

BAB I PENDAHULUAN
A.    latar belakang masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial termasuk salah satu mata pelajaran yang amat penting dikuasai dan diminati sejak tingkat Sekolah Dasar oleh karena itu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sangat penting diminati oleh siswa yang ditunjukkan dengan motivasi yang tinggi dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Blog, Updated at: 10:00 AM
thumbnail

CONTOH LAPORAN PTS ATAU PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH TERLENGKAP

BAB I  PENDAHULUAN

1.  Latar Belakang
Adanya kebijakan peningkatan jaminan kualitas lulusan pendidikan dasar membawa konsekuensi di bidang pendidikan, antara lain perubahan dari model pembelajaran yang mengajarkan mata-mata pelajaran (subject matter based program) ke model pembelajaran berbasis kompetensi (competencies based program). Model pembelajaran berbasis kompetensi bermaksud menuntun proses pembelajaran secara langsung berorientasi pada kompetensi atau satuan-satuan kemampuan. Pengajaran berbasis kompetensi menuntut perubahan kemasan kurikulum, dari model lama berbentuk silabus yang berisi uraian mata pelajaran yang harus diajar ke dalam kemasan yang berbentuk paket-paket kompetensi. Hal ini membawa konsekuensi bahwa proses pembelajaran harus berorientasi pada pembentukan seperangkat kompetensi sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hal demikian  menuntut kemampuan guru dalam merancang model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik bidang kajian dan karakteristik siswa agar mencapai hasil yang maksimal. Oleh kerana itu peran guru dalam konteks pembelajaran menuntut perubahan, antara lain : (a) peranan guru sebagai penyebar informasi semakin kecil, tetapi lebih banyak berfungsi sebagai pembimbing, penasehat, dan pendorong, (b) peserta didik adalah individu-individu yang kompleks, yang berarti bahwa mereka mempunyai perbedaan cara belajar sesuatu yang berbeda pula, (c) proses belajar mengajar lebih ditekankan pada belajar daripada mengajar (Laster, 1985).
Blog, Updated at: 9:52 AM
thumbnail

Gambar

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Friday, February 3, 2012








Blog, Updated at: 5:02 PM
thumbnail

SOFTWARE UNTUK MENGETAHUI SPESIFIKASI HARDWARE YANG TERDAPAT DALAM KOMPUTER NOTEBOOK ATAU LAPTOP

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Thursday, February 2, 2012

Perkembangan kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Indonesia terus merangkak maju dan semakin meluas ditandai dengan dimasukkannya mata pelajaran  Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) pada Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia.
Blog, Updated at: 5:19 PM

Search This Blog

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

Zona Iklan

----------------------------

CB