PRESTASI BELAJAR SISWA

Posted by FORUM GURU INDONESIA on Wednesday, February 15, 2012

Prestasi belajar adalah hasil belajar yang diwujudkan dalam bentuk kognitif, afektif, dan psikomotor (Sunaryo, 1983: 4 ). Tujuan pendidikan adalah mengembangkan dan meningkatkan kepribadian individu yang sedang melakukan proses pendidikan. Perkembangan kepribadian erat hubungannya dengan perubahan tingkah laku yang telah dihasilkan. 

Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai siswa dalam belajar, yang menunjukkan taraf kemampuan siswa dalam mengikuti program belajar dalam waktu tertentu sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan. Prestasi belajar ini sering dicerminkan sebagai nilai ( hasil belajar ) yang menentukan berhasil tidaknya siswa belajar . Prestasi belajar merupakan terminal dari proses pendidikan dan pengajaran ( Winarno,1981:2). Prestasi selalu berkaitan dengan keunggulan setiap individu ingin berprestasi, sebab ingin mencapai sukses dan berhasil dalam berkompetisi dengan beberapa keunggulan ( Standart of exellence ). Orang yang mencapai standar keunggulan selalu berorientassi pada hasil, dengan semangat juang tinggi untuk meraih tujuan ( Tim WRI. 2001 : 171 ). Hal ini berarti bahwa prestasi adalah hasil yang dicapai dari suatu tindakan atau usaha yang telah dilaksanakan oleh seseorang. 

Demikian halnya dengan kegiatan belajar mengajar, prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah melakukan proses belajar. Sugirahayu (1988:20) mengemukakan bahwa prestasi belajar pada dasarnya merupakan kemampuan baru yang kualitatif dan lebih tinggi dibandingkan kemampuan yang telah dimiliki sebelumnya. 

Blog, Updated at: 10:15 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

STATISTIK BLOG

INFO LOWONGAN KERJA

Download

Download

Download Prota, dll

------------------------------

-----------------------------

----------------------------

CB